Ditulis oleh - Diperbaharui 27 Februari 2019

Kamar kost bukanlah ruangan yang besar. Rata-rata, kamar kost hanya memiliki ruang sempit untuk tidur saja, meskipun ada juga kamar kost yang punya ruangan yang luas. Namun, untuk menghemat biaya maka kamar kost dengan ruang kecil pun menjadi favorit untuk beberapa orang, termasuk mahasiswa.

Nah, dengan ruangan kamar kost yang sempit, tentu Anda harus memutar otak agar kamar kost tampak rapi dan nyaman saat ditempati. Sayangnya, membuat kamar kost tampa krapi itu bisa dibilang pekerjaan yang gampang-gampang susah.

Maka itu, bagi Anda yang butuh ide untuk cara menata kamar kost sederhana agar terlihat lebih rapi dan nyaman, Bacaterus sudah menyiapkan 10 tipsnya untuk Anda. Jadi, jangan lewatkan kesepuluh tips ini, ya!

10 Cara Menata Kamar Kost Sederhana

1. Hias Kamar dengan Lampu Cantik

Hias kamar dengan lampu cantik

* sumber: desainrumahasobat.blogspot.com

Pertama, untuk cara menata kamar kost sederhana adalah dengan memanfaatkan lampu-lampu cantik. Saat ini, sedang trend yang namanya lampu tumblr. Nah, lampu ini bisa menambah suasana cantik di kamar kost Anda. Dan bagusnya lagi, lampu tumblr ini juga tidak banyak makan tempat.

Anda bisa memajang lampu ini di tembok-tembok. Lilitkan lampu tumblr di tembok atau bisa juga dibentuk sesuai dengan selera. Lalu, nyalakan saat malam dan lihat betapa cantiknya kamar Anda dengan lampu tumblr ini. Selain memperindah kamar kost Anda, lampu tumblr juga bisa dijadikan lampu tidur lho.

Dan kamu juga tidak perlu bingung mencari lampu tumblr karena banyak yang menjualnya. Salah satu toko online yang menjual lampu tumblr adalah Bukalapak. Nah, Anda bisa klik link ini untuk membeli lampu tumblr di Bukalapak. Tapi, sebelum membeli lampunya, Anda bisa cari tahu lampu yang cocok untuk kamar kost dengan baca 10 Jenis Lampu terlebih dahulu.

2. Tempel Wallpaper

Tempel Wallpaper

* sumber: blog.livaza.com

Kurang suka dengan lampu tumblr? Masih ada trik lainnya agar kamar kost Anda nampak cantik, yakni wallpaper. Jika Anda merasa kamar kost terasa hampa dan kosong, maka Anda bisa menghias tembok dengan menempelkan wallpaper.

Banyak variasi gambar untuk wallpaper di tembok, ada motif bunga, pepohonan, kartun, dan lainnya. Selain mempercantik tembok, kamar kost Anda juga akan terlihat lebih estetik dan rapi. Yuk, beli wallpaper di Bukalapak lewat link ini.

3. Rapikan Meja Belajar/Meja Kerja

* sumber: geoscienceui15.blogspot.com

Jika kamar kost Anda punya meja khusus untuk belajar atau kerja, tempat menyimpan laptop, maka Anda bisa menghiasnya agar lebih enak dipandang. Biasanya, meja belajar dan meja kerja ini akan terlihat sangat berantakan, entah itu banyak kertas, buku, ataupun alat tulis.

Nah, untuk cara menata kamar kost sederhana agar terlihat rapi, maka Anda bisa menghias meja belajar dengan papan foto ataupun daftar tugas. Anda juga bisa menempelkan Styrofoam warna-warni untuk menempelkan note ataupun kata-kata motivasi.

Selain itu, di bagian mejanya juga bisa Anda berikan kotak untuk menyimpan alat tulis Anda. Jika punya banyak buku, maka bisa memanfaatkan penyangga buku agar terlihat lebih rapi. Tapi, kalau mejanya kecil, maka buatlah rak buku mini di dekat meja belajar.

4. Pakai Furnitur Portabel

Pakai Furnitur Portabel

Beberapa kamar kost ada yang tidak menyediakan meja belajar karena ruangan yang terlalu sempit. Maka itu, di sini Bacaterus menyarankan untuk menggunakan furnitur portabel berupa meja lipat untuk keperluan belajar dan bekerja.

Furnitur portabel ini bisa dilipat dan disimpan ketika Anda selesai belajar. Karena bentuk mejanya yang slim dan kecil, maka Anda bisa menyimpan meja lipat ini di sisi-sisi ruangan, seperti samping lemari. Ada juga meja lipat yang bisa digantung lho!

5. Minim Gantungan

* sumber: homesthetics.net

Cara menata kamar kost sederhana selanjutnya, Anda bisa meminimalisir gantungan-gantungan baju. Biasanya, kamar kost sangat terlihat berantakan karena baju menggantung di mana-mana, bahkan berserakan di manapun. Maka itu, Anda harus bisa meminimalisir gantungan baju.

Sebagai contoh, Anda bisa memanfaatkan satu gantungan baju untuk menggantung banyak baju. Anda bisa memasang beberapa ring hanger di gantungan baju. Dengan ring hanger ini, maka satu gantungan baju bisa menggantung beberapa baju. Cara ini juga bisa untuk menggantung jilbab, kaos, atau syal.

6. Manfaatkan Kotak atau Kardus Bekas

Manfaatkan kardus bekas

* sumber: www.youtube.com

Punya banyak pernak-pernik di kamar kost? Saatnya Anda merapikannnya dengan menempatkan pernak-pernik di dalam satu wadah. Tak perlu beli kotak, karena Anda bisa manfaatkan kardus sepatu untuk menyimpan beragam aksesoris Anda.

Jika kardus sepatu tersebut tampak kusam dan lusuh, Anda bisa melapisinya dengan kertas kado. Jadi, kotak bekas sepatu Anda terlihat lebih manis, kan? Dengan memasukan dan mengumpulkan pernak-pernik dalam kardus/kotak, maka kamar kost Anda tampak lebih minimalis dan lebih rapi.

7. Gunakan Warna yang Senada

Gunakan Warna yang Senada

* sumber: konseprumahminimalis.info

Agar kamar kost Anda terlihat rapi dan tidak menimbulkan kesan berantakan, maka bisa memilih warna-warna yang senada. Jangan pilih warna yang terlalu bertabrakan, karena warna terlalu bertabrakan justru akan memberi kesan berantakan.

Misalnya, tembok Anda berwarna putih, maka Anda bisa memadukannya dengan memiliki lemari berwarna biru laut ataupun abu-abu, bisa juga dipadukan dengan warna soft pink. Pokoknya, usahakan tidak terlalu banyak warna-warni di kamar. Selain memberi kesan kalem, kamar kost dengan warna yang senada juga akan terlihat lebih adem dan membuat Anda lebih rileks.

8. Letakan Kasur di Pojok

Letakan Kasur di Pojok

* sumber: www.hipwee.com

Meskipun punya kamar kost yang tidak terlalu luas, Anda bisa menyiasatinya dengan menempatkan kasur di bagian pojok ruangan. Mengapa? Jika Anda meletakkan kasur di tengah ruangan, maka kamar kost Anda akan terlihat lebih sempit. Kasur akan terasa memenuhi seluruh ruangan kamar kost Anda.

Juga, ruang gerak Anda di kamar kost akan lebih sedikit dan tidak leluasa bergerak. Selain itu juga, kasur yang diletakkan di pojok akan memberikan banyak ruang kosong untuk Anda menyimpan barang lainnya.

9. Manfaatkan Kolong Kasur

Manfaatkan kolong kasur

* sumber: www.walkertonhawks.com

Cara yang satu ini berlaku jika Anda memiliki kasur yang agak tinggi dengan ruang kosong di bagian bawahnya. Untuk meminimalisir penggunaan ruangan di kamar kost, maka letakan box atau kotak-kotak besar di kolong kasur.

Kegunaan kotak-kotak besar di kolong kasur ini untuk menyimpan sepatu, buku, ataupun barang lainnya. Dengan cara ini, tentu Anda tidak perlu repot meletakan sepatu dan buku di rak tertentu, karena sudah Anda rapikan semuanya di dalam kotak. Jadi, ruang kosong lainnya bisa dimanfaatkan untuk mempercantik kamar kost.

10. Rutin Membersihkan Kamar Kost

cara menata kamar kost sederhana Rutin Membersihkan Kamar Kost

* sumber: cari-kos.com

Tips dan cara menata kamar kost sederhana yang terakhir adalah rutin membersihkan kamar kost. Solusi yang satu ini akan membuat kamar kost Anda terlihat lebih rapi. Dengan membersihkan kamar kost, Anda bisa memisahkan barang-barang yang sudah tidak terpakai.

Nah, barang-barang yang sudah tidak terpakai ini biasanya tercecer di kamar kost sehingga membuat kesan berantakan dan kotor kamar kost Anda. Dengan begitu, Anda bisa lebih nyaman untuk berada di kamar kost.

Kalau Anda punya ide, bisa juga mengkreasikan barang-barang bekas tersebut untuk didaur ulang, misalnya membuat hiasan. Kalau Anda tidak mau repot mendaur ulang, mungkin Anda juga bisa memberikan barang-barang bekas yang masih layak pakai untuk diberikan kepada yang membutuhkan.

Nah, itu tadi 10 tips dan cara menata kamar kost sederhana agar terlihat lebih rapi. Jika kamar kost lebih rapi, tentu Anda lebih nyaman dan betah menempati kamar kost, bukan? Jangan lupa juga untuk rutin membersihkan kamar kost juga, ya!

Ingin tahu tip mempercantik kamar tidur di rumah? Baca artikel 10 Cara Meperindah Kamar Tidur agar Lebih Rapi ini. Punya cara lainnya? Yuk, share dengan kami dan pembaca lain di kolom komentar.