Bacaterus / Tokek / Inilah 8 Cara Paling Mudah Menangkap Tokek di Rumah

Inilah 8 Cara Paling Mudah Menangkap Tokek di Rumah

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 April 2019

Berencana menangkap tokek karena suaranya cukup mengganggu? Atau justru kamu ingin menangkap tokek karena ingin dijual kembali? Apapun alasannya, menangkap tokek sebenarnya merupakan perkara yang mudah kok.

Tokek sendiri merupakan hewan yang sangat khas dengan suaranya yang seperti berbunyi, “Tokek.. Tokek..”. Sebagian orang merasa terganggu dengan suara tokek yang cukup keras ini. Belum lagi ukuran tokek yang jumbo membuat beberapa orang merasa ngeri ketika melihatnya.

Nah, jika kamu memang berencana menangkap tokek, Bacaterus akan memberikan bocoran cara yang bisa kamu gunakan untuk menangkap tokek nih. Yuk, langsung saja simak panduan selengkapnya di sini.

1. Dengan Tangan Kosong

Tokek Gecko

* sumber: www.myplainview.com

Cara yang satu ini hanya disarankan untuk orang-orang yang tidak mudah ngeri dan merasa jijik. Mengingat ukuran tokek sangat besar, maka butuh keberanian untuk memegangnya, apalagi dengan kedua tangan kosong.

Pertama, gunakan sarung tangan terlebih dahulu sebelum menangkap tokek. Pilih sarung tangan kain agar tidak mudah robek. Penggunaan sarung tangan ini mencegah tanganmu tergigit oleh tokek yang ditangkap.

Sebagai hewan yang tubuhnya cukup besar, gerakan tokek tidak segesit cecak. Jadi, amati terlebih dahulu tokeknya, lalu jika sudah memungkinkan peganglah dengan kedua tanganmu.

Namun, perlu kamu ingat bahwa tokek bisa stres jika tersentuh oleh tangan manusia, apalagi jika kamu membuat gerakan spontan saat menangkapnya. Jika stres, bobot tubuh tokek bisa menyusut, lho.

2. Senar Gitar

Senar Gitar

* sumber: www.djarumcoklat.com

Apabila kamu tidak punya nyali yang  besar untuk menangkap tokek dengan tangan kosong, sebaiknya buatlah sebuah alat penangkap tokek dari senar gitar. Dengan alat ini, risiko tokek mengalami stres saat ditangkap juga jadi berkurang.

Gunakan senar gitar nomor 2 dan sebuah tongkat. Buatlah simpul lingkaran di ujung tongkat dengan menggunakan senar gitar. Pastikan lingkaran tersebut diameternya kurang lebih pas dengan diameter tubuh tokek yang akan ditangkap.

Setelah selesai membuat alat penangkap tokek sederhana, silakan cari targetnya. Tokek biasanya berada di plafon atau langit-langit rumah. Tengadahkan kepalamu dan pelan-pelan jerat tubuh tokek dengan alat yang kamu buat. Pastikan senar gitar sudah melingkari tubuh tokek, lalu segera turunkan tokek ke bawah dan simpan di wadah yang tepat.

3. Jaring

Jaring

Kalau tidak ingin repot membuat alat penangkap tokek sendiri, beli saja jaring yang biasa dipakai untuk menangkap ikan atau serangga. Pastikan diameter jaring yang dibeli cukup besar untuk memasukkan seekor tokek.

Setelah jaringnya siap, segera amati tokek yang ingin ditangkap. Ketika tokek diam di sebuah tempat atau sedang mengeluarkan suara, segera arahkan jaring ke tokek untuk menangkapnya. Namun, kamu harus membuat gerakan yang cepat dan gesit agar tokek tidak kabur keluar dari jaring tersebut.

4. Tembakau

Tembakau

* sumber: www.ausablerivertobacco.com

Tembakau bagai sebuah obat tidur yang memabukkan bagi tokek. Dengan mengandalkan tembakau, kamu bisa melumpuhkan tokek dengan mudah. Akan tetapi, hindari memberi tembakau dengan dosis yang terlalu banyak karena tokek bisa mati.

Bila kamu ingin menangkap tokek dalam kondisi hidup, remas tembakau hingga sebesar biji jagung. Letakkan tembakau yang sudah dipilin ini ke tempat yang biasa dilalui atau menjadi sarang tokek.

Ketika tokek menyantap tembakau tersebut, tubuhnya akan lemas dan bisa ditangkap dengan sangat mudah. Namun, jika kamu ingin menggunakan cara ini, kamu harus selalu memantaunya agar tidak melewatkan kesempatan menangkap tokek dalam kondisi lemas.

5. Bambu

Bambu

Tidak punya banyak waktu untuk menunggui tokek? Tak masalah karena kamu bisa menggunakan perangkap sederhana yang terbuat dari bambu. Sebelum membahas caranya, siapkan dulu bambu dengan diameter sekitar 10 cm. Pastikan bagian tengah bambu berlubang agar bisa menjadi jalan bagi tokek.

Bambu yang bagian tengahnya dilubangi ini harus ditutup salah satu sisinya, boleh dengan triplek atau kardus. Sementara sisi lainnya harus dibiarkan terbuka sebagai jalan masuk tokek. Letakkan bambu di tempat yang biasa dilalui tokek.

Tokek akan tertarik masuk ke dalam bambu untuk beristirahat. Kamu memang tak perlu menunggui tokek saat ingin menangkap dengan cara ini. Akan tetapi, kamu wajib melakukan pengecekan secara berkala untuk melihat apakah tokek sudah berhasil terjebak di dalam bambu.

6. Bulu

Bulu

Tokek sangat menyukai bulu, terutama bulu burung. Nah, kamu bisa memanfaatkan beberapa helai bulu yang melekat di kemucing. Sesudah itu, tempelkan bulu-bulu tadi di ujung sebuah galah. Jika ada tokek yang terlihat, goyangkan bulu-bulu tadi di dekatnya karena tokek akan mengira itu sebagai serangga untuk dimakan.

Setelah tokek lengah mengamati bulu yang kamu goyangkan di depannya, silakan tangkap tokek dengan menggunakan jaring atau tangan. Mintalah bantuan seseorang untuk menggoyangkan bulu atau menangkap tokek karena kamu akan kesusahan jika melakukannya sendirian.

7. Air Garam

Air Garam

* sumber: www.naukrinama.com

Satu lagi cara melumpuhkan tokek tanpa membasminya, yakni dengan menggunakan air garam. Apabila kamu ingin menangkap tokek dalam kondisi hidup tapi selalu mengalami kesulitan, bawalah larutan air garam ini.

Pertama, semprotkan air garam ke tubuh atau wajah tokek. Tokek akan lemas atau bahkan mungkin terjatuh dari langit-langit. Setelah itu, segera tangkap tokek dengan menggunakan jaring atau tangan.

8. Perangkap Tikus

Perangkap Tikus

Sudah mencoba berbagai cara menangkap tokek tapi tidak kunjung berhasil? Hmm. Mungkin kamu harus menggunakan cara yang sedikit lebih ekstrem, yaitu dengan memakai perangkap tikus. Namun, kamu tak perlu khawatir karena cara ini seharusnya tidak membuat tokek langsung mati.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah meletakkan serangga di perangkap tikus karena serangga merupakan makanan tokek. Pasang perangkap ini di tempat tokek bersarang dan silakan cek secara berkala. Jangan membiarkan tokek terjebak di perangkap terlalu lama karena nanti lama kelamaan tokeknya akan mati.

Tokek adalah hewan yang sudah sangat akrab dengan manusia. Jadi, tokek tidak akan mungkin kabur jika melihat manusia. Namun, kamu tetap harus waspada dengan gigitan tokek. Pasalnya, sekali menggigit, gigitan tokek ini sangat susah dilepas. Sebagai antisipasi sebaiknya gunakan sarung tangan tebal agar kulitmu tidak terluka.

Nah, itulah berbagai macam cara yang bisa kamu pakai untuk menangkap tokek. Jika kamu ingin menangkapnya untuk dijual atau dipelihara, kamu harus menangkapnya dalam kondisi hidup, ya. Kamu juga wajib berhati-hati dengan bahaya gigitan tokek.

Ingin tahu lebih dalam seputar tokek? Kunjungi artikel mitos tokek yang paling terkenal dari zaman nenek moyang.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar