Bacaterus / Tikus / 8 Cara Menangkap Tikus di Rumah yang Sangat Mengganggu

8 Cara Menangkap Tikus di Rumah yang Sangat Mengganggu

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa yang tak kenal dengan karakter kartun tikus Mickey Mouse? Kartun tersebut memang sangat lucu dan menggemaskan. Namun, masihkah Anda merasa gemas jika melihat wujud asli hewan yang dijadikan sebagai karakter Mickey Mouse?

Ya, keberadaan tikus memang sangat mengganggu di rumah. Hewan ini gemar mencuri makanan, merusak barang-barang di rumah, bahkan membuang kotorannya yang bau di sembarang tempat.

Sudah menggunakan berbagai cara mengusir tikus, tapi si tikus tetap dan bergeming dan terus kembali lagi ke rumah Anda? Mungkin sudah saatnya Anda mencoba cara menangkap tikus yang paling efektif dari Bacaterus ini. Menangkap tikus juga jauh lebih baik ketimbang meracunnya karena tikus bisa mati di mana saja dan menimbulkan bau bangkai yang tak sedap.

Cara Menangkap Tikus yang Efektif

1. Ember dan sendok

Ember dan sendok Cara Menangkap Tikus

* sumber: macgyverisms.wonderhowto.com

Merasa geli ketika harus menangkap tikus dengan memegangnya secara langsung? Cara menangkap tikus yang satu ini memungkinkan Anda menjebak tikus tanpa perlu menyentuhnya secara langsung.

Yang Anda butuhkan hanyalah sendok yang ujungnya sudah diolesi dengan selai kacang atau keju dan sebuah ember (lebih bagus ember sampah yang cukup tinggi).

Tempatkan sendok di ujung meja, sedangkan di bawahnya diletakkan ember agar tikus terjatuh ke dalam ember tersebut saat berusaha memakan umpan yang berada di ujung sendok. Tikus yang terjebak di dalam ember akan kesulitan keluar karena ember bersifat licin dan susah dipanjat oleh tikus.

2. Botol air mineral

Botol air mineral

Jangan buang botol air mineral Anda setelah menghabiskan isinya. Ternyata botol air mineral bisa menjadi jebakan tikus sederhana yang cukup ampuh, lho. Bagaimana caranya?

Potong ¼ bagian atas botol tapi jangan sampai putus. Lubangi kedua sisi botol bagian atas dan masukkan tusuk bambu secara horisontal. Lakukan juga pada bagian bawah dengan melubangi kedua sisi botol untuk ditusuk dengan tusuk bambu.

Kaitkan karet di antara dua buah tusuk bambu yang berseberangan. Lubangi bagian bawah botol untuk menempatkan pengait. Pasang benang pada bagian pengait dan tutup botol bagian atas.

Masukkan umpan tikus ke dalam perangkap. Makanan pada umpan yang dikonsumsi tikus akan terlepas dan botol pun tertutup. Tikus tersebut berhasil Anda tangkap tanpa perlu memegang hewan itu secara langsung.

3. Gulungan karton tisu

Gulungan karton tisu

Siapa sangka kertas gulungan tisu yang sering terabaikan ternyata bisa memberi manfaat sebagai perangkat tikus? Ya, hanya bermodalkan karton gulungan tisu WC Anda bisa membuat alat penangkap tikus sederhana. Caranya sangat mudah karena Anda hanya perlu menempatkan karton tisu di tepi meja. Selanjutnya, beri umpan tikus berupa sedikit makanan di bagian ujung karton yang menjorok keluar.

Beri selotip agar karton gulungan tisu tidak jatuh atau bergeser karena terkena angin. Setelah itu, tikus akan mengambil umpan di ujung karton dan terjatuh ke bawah, jadi jangan lupa untuk turut menyiapkan ember di bawah untuk menampung tikus yang jatuh.

4. Ember dan kaleng minuman

Ember dan kaleng minuman

Cara menangkap tikus yang satu ini anti mainstream, tetapi Anda bisa mencobanya jika berbagai cara sudah Anda lakukan tapi tikus tak kunjung tertangkap. Siapkan ember dan kaleng bekas minuman. Lubangi kedua sisi ember dengan bor, ukuran lubang ini harus sama dengan ukuran kayu yang nantinya akan diletakkan melintang di tengah ember.

Selanjutnya, lubangi sisi atas dan bawah kaleng agar bisa ditusuk dengan kayu yang tadi sudah disiapkan. Masukkan kayu secara melintang ke dalam ember dan pastikan kayu sudah masuk ke lubang yang Anda buat tadi. Olesi kaleng minuman dengan selai atau makanan lain sebagai umpan tikus.

Terakhir, sediakan papan yang didirikan di samping ember. Papan tersebut merupakan jalan bagi tikus untuk menuju umpan di kaleng. Cara kerja perangkap ini, tikus akan tergelincir kaleng saat mengambil umpan, lalu masuk ke dalam ember. Jika ingin langsung membasmi tikus sebaiknya isi ember dengan air agar tikus mati karena tenggelam.

5. Lem Tikus

Lem Tikus

Tidak ingin susah-susah membuat perangkap tikus? Anda bisa langsung membeli lem tikus. Cara yang satu ini cukup ampuh untuk menjebak tikus. Siapkan selembar potongan kardus, lalu oleskan kardus tersebut dengan lem tikus. Letakkan umpan tikus berupa makanan di tengah kardus.

Kemudian, Anda hanya perlu mencari tempat yang tepat untuk meletakkan perangkap ini. Anda dapat meletakkan perangkap dengan lem tikus ini di tempat-tempat yang sering dilalui tikus.

Jika perangkap ini berhasil, tikus akan terjebak di tengah kardus saat ia berusaha mengambil makanan. Lem tikus memiliki daya rekat yang sangat kuat sehingga hewan sebesar tikus tidak mampu melepaskan diri karena tubuhnya sudah lengket dengan lem tersebut.

6. Ember dan piring kertas

Ember dan piring kertas

Piring kertas biasa dipakai untuk menyantap hidangan di berbagai acara. Namun, kali ini kita akan menggunakan piring kertas sebagai jebakan tikus yang cukup ampuh. Apabila Anda merasa menggunakan jebakan kaleng minuman atau botol air mineral terlalu ribet, buatlah jebakan dengan piring kertas.

Sediakan ember yang sudah diisi air setengah bagian, lalu letakkan tusuk sepertiga bagian piring kertas dengan kawat (jangan menusuk di bagian tengah). Taruh makanan di tengah piring kertas, lalu pasang kawat yang sudah dilengkapi dengan piring kertas di tengah-tengah ember.

Letakkan perangkap ini di sudut-sudut ruangan yang merupakan sarang bagi tikus. Tikus akan melalui piring kertas tersebut lalu piring akan terbalik karena tidak dapat menahan beban tubuh si tikus. Alhasil, tikus akan jatuh ke dalam ember berisi air.

7. Alat perangkap tikus

Alat perangkap tikus

Sampai saat ini, alat perangkap tikus tetap diminati bagi sebagian orang yang tidak ingin bersusah payah membuat perangkap tikus sendiri. Perangkap jepret ini memang cukup populer dari dulu hingga sekarang. Cara menangkap tikus dengan alat jepretan ini sangat mudah.

Anda hanya perlu meletakkan makanan di sisi sebelah perangkap dan letakkan perangkap ini di sudut ruangan. Tikus akan mengambil makanan yang ada di perangkap ini, tapi saat tubuhnya melalui perangkap secara otomatis akan terjepret dan ia tidak dapat lari ke mana-mana. Memang tikus tidak langsung mati, tapi tikus akan mati secara perlahan karena tidak bisa makan dan bergerak.

8. Gelas dan koin

Gelas dan koin

Terakhir, ada sebuah alat penangkap tikus yang sangat sederhana tapi peluang keberhasilannya sangat kecil. Pasalnya, perangkap ini hanya bisa menjebak tikus dengan ukuran tubuh yang sangat kecil.

Cukup sediakan gelas dan koin saja. Oleskan selai atau makanan di bagian dasar gelas. Selanjutnya, balik gelas ini dan topang dengan koin. Tikus akan masuk untuk meraih makanan tapi saat tubuhnya masuk koin akan terjatuh dan gelas akan menutup. Tubuh tikus akan terjebak di dalam gelas.

Beragam cara menangkap tikus ini bisa Anda coba jika tikus-tikus di rumah sudah sangat mengganggu. Tikus adalah hewan yang sangat gesit sehingga kita pasti akan mengalami kesulitan jika ingin menangkapnya dengan tangan kosong dan tidak mengandalkan perangkap.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *