Bacaterus / Kucing / 10 Cara Menambah Nafsu Makan Kucing dengan Mudah

10 Cara Menambah Nafsu Makan Kucing dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 12 Agustus 2019

Kucing yang sehat dan gemuk terlihat lebih lucu dan menggemaskan. Tubuh kucing semakin empuk ketika berat badan mereka semakin bertambah. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membuat kucing menjadi gemuk dan sehat, salah satunya adalah menambah nafsu makan si kucing. Tapi, sebagai cat lovers kita harus memerhatikan cara memberi makan kucing dengan tepat.

Nah, kali ini Bacaterus akan mengulas cara ampuh nan simple dalam menambah nafsu makan si emeng. Tips bermanfaat dari artikel ini bisa dipraktikan di rumah loh. Bagi kalian yang kebingungan mencari cara agar nafsu makan kucing meningkat, artikel ini bisa menjadi referensi kalian.

1. Sajikan Makanan dalam Kondisi Hangat

Sajikan Makanan dalam Kondisi Hangat

Biasanya, kucing lebih menyukai makanan basah karena aromanya yang lebih menggoda. Wet food yang dihangatkan bisa mengeluarkan aroma yang tajam sekaligus menstimulasi kucing untuk terangsang nafsu makannya.

Cara menghangatkan makanan kucing cukup masukkan satu kaleng makanan kucing ke dalam microwave. Lalu, segera sajikan di tempat makan khusus kucing. Ingat, jangan terlalu panas karena lidah kucing sangat sensitif.

Wet food bisa dibuat sendiri dengan cara merebus ikan lalu campurkan kuning telur. Atau, kalau Anda merasa repot dan punya waktu yang terbatas, bisa membeli produk kalengan yang ada di pasaran. Habiskan makanan tersebut dalam waktu 3 – 4 hari.

2. Campur Makanan

Campur Makanan

Makanan harian untuk kucing bisa kamu atur agar kucing tidak bosan. Bisa memberikan dry food sebagai makanan utama dan wet food sebagai camilan si kucing. Fungsi dry food membuat kucing menjadi kenyang dan tidak terus-terusan mencari makanan. Lalu, fungsi wet food yaitu membuat kotoran kucing tidak keras dan mempermudah proses buang air besar.

Mengganti makanan kucing yang biasa mereka makan dengan makanan baru juga bisa membantu meningkatkan nafsu makan kucing. Kalian bisa mencampurkan makanan kucing yang biasa mereka makan dan makanan baru secara bersamaan agar kucing terbiasa dan mulai menyukai makanan yang baru. Lakukan secara bertahap, ya.

3. Perhatikan Air Minumnya

Perhatikan Air Minumnya

Air yang bersih bisa membuat kucing bertambah gemuk. Air yang bersih dan terbebas dari kuman bisa memelihara nafsu makan dan membuat kucing terbebas dari penyakit. Siapkan bowl yang lebar dan tidak terlalu tinggi agar kucing tidak kesulitan saat meraih air minum.

Ganti air minum kucing tiap kali kucing minum dari air tersebut. Jika air minum kucing kotor, mereka akan mencari sumber air lain bagaimanapun caranya. Jangan sampai kucing meminum air dari kamar mandi atau air kubangan di jalan. Dengan menjaga kucing tetap terhidrasi, hal tersebut dapat mencegah penurunan nafsu makan dan menjaga kesehatan kucing.

4. Jangan Biarkan Kucing Stres

Jangan Biarkan Kucing Stres

Kucing yang stres juga adalah salah satu penyebab nafsu makannya berkurang. Untuk itu, kami sarankan agar kucing tetap bahagia dan rileks. Kalau kalian sering mengabaikan kucing di rumah, bisa-bisa kucing menjadi uring-uringan. Apalagi jika dikurung di kandang, bisa menyebabkan stress pada kucing yang sejatinya lebih suka bermain di luar kandang. Sering menjilati tubuh, bulu yang rontok, dan bersikap agresif adalah tanda kucing sedang stres.

Cobalah untuk membelai dan menggendong kucing saat berada di rumah. Pastikan untuk memberikan kucing hadiah. Hadiahnya bisa berupa makanan ringan atau sekedar pujian. Membelikan bola mainan kucing juga salah satu obat ampuh mengusir stress pada kucing.

5. Makan Setelah Bermain

Makan Setelah Bermain

Ketika kucing selesai bermain pasti akan merasa lelah dan lapar. Momen ini bisa dimanfaatkan bagi para pecinta kucing untuk memberikan snack kepada kucing kesayangan.

Bisa juga dengan cara menyembunyikan makanan kucing untuk merangsang insting berburu dan memicu kucing untuk makan. Biarkan kucing untuk bermain dan mencoba mencari makanan mereka sendiri, asal makanan yang disembunyikkan bisa ditemukkan mereka. Kalian akan terhibur dengan aksi kucing mencari makanan yang kalian sembunyikan.

6. Sajikan dengan Porsi yang Sedikit

Sajikan dengan Porsi yang Sedikit

Memberi porsi makanan sedikit pada kucing akan membuat kucing terdorong untuk makan. Bisa jadi kucing yang kalian pelihara lebih memilih porsi yang lebih sedikit dibandingkan porsi yang banyak.

Sangat sering kucing meninggalkan makanan yang cukup banyak dan ditinggalkan begitu saja. Dengan memberikan porsi sedikit, hal tersebut justru mampu mengurangi makanan terkontaminasi oleh bakteri karena kucing bisa langsung menghabiskannya.

Berikan porsi makanan yang sedikit pada kucing setiap satu hingga tiga jam. Cara ini cukup ampuh untuk menambah nafsu makan kucing. Jadi, cat lovers harus rutin nih menyiapkan makanan untuk kucing kesayangan.

7. Beri Baby Food untuk Kucing

Beri Baby Food untuk Kucing

Makanan kucing untuk usia muda lebih mudah dicerna dan lebih lembut untuk dikonsumsi. Jika kucing kalian menunjukan tanda-tanda tidak nafsu makan, ambil satu sendok makanan kucing untuk usia muda dan biarkan kucing menjilati sendok yang ada makanannya.

Kucing bisa juga diberi makanan manusia. Segera tawarkan makanan bayi yang rasanya plain tanpa bumbu dan bawang. Cara ini juga ampuh untuk meningkatkan nafsu makan dan merangsang kucing untuk makan.

Jika kucing tidak makan dalam waktu yang lama, bisa memicu kerusakan pada organ hati mereka. Para cat lovers jangan sampai bikin si emeng kehilangan nafsu makan ya.

8. Temani Kucing saat Makan

Temani Kucing saat Makan

Kucing makhluk yang manja, jadi tidak heran jika mereka mencoba membujuk kalian untuk menemani mereka makan. Sesekali kucing bahkan mengeong untuk ditemani makan. Jangan sampai diacuhkan ya, bisa-bisa mereka malah kabur. Selagi kucing makan, kita bisa mengusap tubuh kucing.

Untuk kalian yang memelihara lebih dari satu kucing, coba perhatikan kucing yang memiliki nafsu makan yang rendah ya. Kucing yang nafsu makannya rendah cenderung malas makan jika didekatkan dengan kucing lain yang memiliki hasrat makan yang lebih tinggi. Pisahkan tempat makan mereka agar ada rasa aman bagi masing-masing kucing.

9. Menyeka Cairan di Hidung Kucing

Menyeka Cairan di Hidung Kucing

Kucing yang sedang sakit memproduksi cairan dalam hidungnya sehingga tidak dapat mencium aroma makanan dan kesulitan saat makan. Menyeka hidung kucing dan mengeluarkan kotoran di dalamnya membantu kucing untuk mencium aroma makanan. Setelah indera penciuman kucing membaik maka kucing pun tertarik untuk makan.

Tips membersihkan hidung kucing, bisa dimulai dari membasahi kapas dan usap hidung kucing secepat mungkin. Kemudian, keringkan hidung kucing dengan cara mengusap tisu kering ke area hidung mereka. Setelah selesai membersihkan hidung kucing, cobalah untuk memberikan hadiah kepada kucing sebagai pelajaran bahwa membersihkan hidung adalah momen yang menyenangkan.

10. Suplemen Minyak ikan

Suplemen Minyak ikan

Kandungan dalam minyak ikan sangat bagus untuk meningkatkan nafsu makan pada kucing kesayangan kalian. Pemberian suplemen secara rutin dapat membantu mempercepat penggemukan badan serta membuat bulu lebih halus dan kuat. Kamu bisa mendapatkan minyak ikan di Pet shop sekitar tempat tinggalmu.

Cara penggunaannya bisa kalian campur ke dalam makanan yang biasa dimakan atau diteteskan langsung ke dalam mulut kucing. Kemasannya bisa berupa kapsul kecil bening yang isinya cairan minyak ikan.

Tips and trick di atas mudah dan praktis untuk dicoba. Bukan hanya makanan bergizi dan perawatan mahal yang bisa membuat kucing memelihara nafsu makannya tetapi perhatian dan waktu luang dari pemiliknya juga mengembalikkan nafsu makannya. Punya tips lainnya? Segera tuliskan di kolom komentar, ya!

Oh iya, selain tips mengembalikan nafsu makan, kami juga punya tips untuk mengetahui kucing sedang hamil. Jika ingin tahu ciri-cirinya, silakan kunjungi artikel 10 Ciri-Ciri Kucing Sedang Hamil ini, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar