Bacaterus / Menambah Berat Badan / Inilah 9 Cara Ampuh Menambah Berat Badan Saat Puasa!

Inilah 9 Cara Ampuh Menambah Berat Badan Saat Puasa!

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Mei 2019

Saat berpuasa, beberapa orang menjadikan momen tersebut sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Namun bagi kamu yang memiliki tubuh kurus, menambah berat badan menjadi hal yang lebih menantang. Karena saat berpuasa kita hanya akan makan ketika malam dan dini hari, sehingga hal tersebut membuat kita merasa kurang maksimal untuk mencapai berat badan yang ideal.

Namun seharusnya berpuasa bukan menjadi halangan untuk kamu menambah berat badan lho. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menambah berat badan. Jangan sampai kita berlebihan makan saat berbuka atau saat sahur.

Nah, bagi kamu yang bermasalah dengan menambah berat badan saat puasa. Yuk simak 9 cara ampuh khusus buat kamu yang ingin menambah berat badan berikut ini.

9 Tips Menambah Berat Badan Saat Puasa

1. Pola Makan Sedikit Namun Sering

* sumber: pixabay.com

Biasanya orang yang sedang berpuasa hanya makan dua kali, yaitu saat sahur dan berbuka. Tapi, kamu juga bisa mengatur pola makan dengan porsi sedikit namun sering. Usahakan untuk makan hingga 3 kali dalam semalam. Caranya sederhana, bagi porsi makan kamu menjadi 3 bagian, yaitu saat maghrib ketika berbuka, makan malam setelah sholat tarawih, dan mengonsumsi makanan ringan di malam hari.

Tapi jangan lupa perhatikan makanan kamu saat berbuka, jangan sampai berlebihan atau kekenyangan. Karena jika kekenyangan, kamu merasa kurang lapar saat malam hari. Dan saat sahur usahakan juga makan dengan porsi yang cukup, ya.

2. Perbanyak Makanan Berkalori

Salah satu syarat utama menambah berat badan adalah menambah jumlah kalori. Jika kamu bingung dengan kebutuhan jumlah kalori, kamu bisa mengonsumsinya secara bertahap. Misalnya menambah 300 – 500 kalori per hari, yaitu saat sahur atau berbuka. Sumber kalori yang cukup bisa kamu dapatkan dari makanan, terutama yang banyak mengandung karbohidrat dan lemak sehat.

Untuk sumber karbohidratnya, kamu bisa mendapatkannya dari roti, nasi, beras merah, dan sereal. Sedangkan sumber lemak sehat bisa kamu dapatkan dari alpukat atau ganti minyak goreng kamu dengan menggunakan minyak zaitun untuk mengolah makanan.

3. Perbanyak Protein

Perbanyak Protein

* sumber: pixabay.com

Tidak hanya kalori yang harus terpenuhi, kebutuhan protein juga perlu terpenuhi, karena protein itu berperan untuk membentuk otot tubuh sehingga berat badan akan bertambah. Kamu bisa mendapatkan sumber protein dari daging, kacang-kacangan, telur, atau ikan. Selain itu kamu juga bisa rutin meminum susu.

Terutama sangat disarankan untuk minum susu kambing yang memiliki lebih banyak protein dibandingkan susu sapi. Dan disarankan untuk mengonsumsi protein saat sahur. Mengapa harus protein? Karena protein merupakan asupan gizi yang direkomendasikan untuk menjaga tenaga tetap terkontrol dan mencegah rasa lemas.

4. Perbanyak Minum Air Putih

* sumber: www.pinterest.com

Tidak hanya pola makan saja, pola minum juga perlu kamu perhatikan, karena selama berpuasa kita akan sering kekurangan cairan. Nah untuk membuat tubuh tetap terhidrasi, pola minum juga perlu kamu atur.

Bagi kamu yang ingin menambah berat badan, sebaiknya minum air putih setelah makan sahur atau berbuka. Karena, jika waktu minum yang tidak tepat, bisa menyebabkan asupan makanan yang kamu dapatkan berkurang. Terutama saat sahur, kamu perlu lebih banyak mengonsumsi air putih.

5. Jangan Lupakan Olahraga

* sumber: pixabay.com

Berpuasa jangan dijadikan alasan untuk malas berolahraga. Supaya berat badan kamu bisa bertambah dengan maksimal, jangan lupakan olahraga. Pilih olahraga yang sesuai dengan kondisi kamu saat berpuasa. Mulailah dengan olahraga ringan, seperti fitness, misalnya olahraga kardio, lompat tali, dan jalan cepat, atau bisa juga jogging dan bersepeda.

Ada tiga waktu terbaik untuk melakukan olahraga saat puasa, yaitu sebelum berbuka, setelah berbuka, dan setelah sahur. Olahraga sangat baik untuk membentuk energi dan massa otot. Tapi ingat, jangan melakukan olahraga berlebihan pada waktu tersebut karena kamu harus menyisakan energi untuk melakukan kegiatan selanjutnya.

6. Menjaga Nafsu Makan

* sumber: www.alodokter.com

Salah satu kebiasaan buruk yang biasa dilakukan oleh banyak orang saat berpuasa adalah “balas dendam.” Hal itu umumnya dilakukan saat berbuka. Dampaknya kamu tidak bisa makan banyak lagi karena sudah kekenyangan saat berbuka. Jika seperti itu, dikhawatirkan target jumlah kalori yang kamu inginkan tidak akan tercapai.

Jadi, kamu harus menjaga nafsu makan terutama saat berbuka. Usahakan untuk makan-makanan ringan terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan makan berat saat malam hari. Dan salah satu cara menjaga nafsu makan adalah dengan mengurangi stres, karena biasanya orang akan melampiaskan rasa stresnya dengan makan yang berlebihan.

7. Perhatikan Metabolisme Tubuh

* sumber: www.deherba.com

Saat berpuasa, pastikan juga metabolisme tubuh kamu tetap baik. Karena adanya perubahan jadwal makan saat berpuasa, dikhawatirkan penyerapan nutrisi menjadi kurang optimal.

Supaya metabolisme kamu dalam keadaan baik, salah satu caranya adalah dengan menjaga intensitas makan dan minum. Buatlah jadwal makan saat puasa secara teratur. Selipkan juga waktu untuk mengemil. Dengan begitu, tubuh akan terbiasa dan tahu kapan waktu yang tepat untuk makan.

8. Konsumsi Cemilan Sehat

* sumber: pixabay.com

Untuk menambah berat badan yang ideal, kamu perlu rutin mengonsumsi cemilan sehat di sela-sela jadwal makan. Misalnya sebelum tidur, kamu bisa menikmati cemilan seperti jus buah, susu, yogurt, smoothies, dan lain-lain. Atau kamu juga bisa mengonsumsinya saat berbuka, seperti kurma, puding buah, pisang, dan snack kedelai.

Dalam bentuk minuman, kamu bisa mengonsumsi air kelapa. Karena saat puasa kita membutuhkan elektrolit, maka air kelapa berfungsi untuk menggantikan elektrolit tubuh. Air kelapa dikenal bisa menggantikan elektrolit tubuh dibandingkan air putih biasa. Serta hindari mengonsumsi cemilan gurih dan kurang sehat, seperti gorengan atau makanan pedas.

9. Istirahat yang Cukup

* sumber: pixabay.com

Tidak hanya pola makan dan olahraga saja yang berubah, perubahan pola tidur juga terjadi saat berpuasa. Kewajiban bangun pada dini hari merupakan salah satu penyebab perubahan pola tidur saat berpuasa. Untuk mensiasatinya, kamu perlu mengatur pola tidur secara baik supaya memiliki waktu istirahat yang cukup.

Misalnya, jika kamu terbiasa tidur larut malam, majukan waktu tidur menjadi jam 10 malam. Atau curi waktu tidur siang saat di kantor selama 15 menit. Dengan mengatur pola tidur yang tepat, kamu bisa memiliki waktu istirahat yang cukup sehingga kamu bisa tetap memiliki energi untuk beraktivitas selama seharian.

Itulah 9 cara ampuh supaya kamu bisa menambahkan berat badan walaupun sedang berpuasa. Jika kamu rutin mengatur semuanya dengan baik, berat badan ideal sangat mungkin kamu dapatkan. Jadi, mulai sekarang tidak perlu khawatir lagi jika kamu tidak bisa menambah berat badan saat puasa.

Bagaimana? Sudah siap menerapkan hal-hal di atas untuk menambah berat badan kamu? Nah, bagi kamu yang punya pengalaman atau info menarik seputar menambah berat badan saat berpuasa, silakan berbagi dengan kami di kolom komentar.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar