Bacaterus / Vokal / Coba Sendiri, Inilah Cara Memperpanjang Nafas Secara Alami

Coba Sendiri, Inilah Cara Memperpanjang Nafas Secara Alami

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Setiap mahluk hidup pasti bernafas, baik itu manusia, hewan, maupun tumbuhan. Udara memang merupakan sesuatu yang penting untuk melangsungkan kehidupan.

Manusia bisa hidup tanpa makan dan minum, tapi tidak tanpa udara. Bernafas adalah kegiatan kita lakukan sehari-hari, baik sedang beraktivitas maupun sedang tidur. Namun, beberapa profesi tertentu seperti penyanyi atau penyelam memerlukan nafas yang lebih panjang untuk melakukan pekerjaannya secara maksimal.

Bagaimana cara memperpanjang nafas? Pada dasarnya, setiap orang dapat memperpanjang nafas secara alami. Tak perlu menggunakan oksigen karena manusia dapat melatih pernafasannya agar lebih panjang. Bacaterus akan memberikan informasi seputar teknik-teknik memperpanjang nafas yang benar. Mari simak penjelesan lengkapnya berikut ini.

Berbagai macam teknik pernafasan

Cara Memperpanjang Nafas

Para atlet dan penyanyi pasti sudah tidak asing dengan beberapa macam teknik pernafasan yang akan kami bahas berikut ini. Anda bisa menggunakan teknik-teknik ini sebagai cara memperpanjang nafas yang paling sederhana:

  • Teknik pernafasan perut

Teknik pernafasan perut Cara Memperpanjang Nafas

Untuk melakukan teknik pernafasan perut Anda dapat mengambil posisi duduk bersila atau duduk tegak di kursi dengan kaki terjuntai menyentuh lantai. Tarik nafas sedalam yang Anda bisa sampai udara terasa memenuhi rongga paru-paru. Saat Anda menarik nafas, perut harus mengembang dan ketika menghembuskan nafas perut akan mengempis.

Selama ini mungkin kita mengira bahwa ketika menarik nafas maka perut akan mengempis dan saat menghembuskan nafas perut akan pengembang. Padahal, Anda bisa dikatakan berhasil telah melakukan teknik pernafasan perut jika perut mengembang saat menarik nafas dan mengempis saat menghembuskan nafas.

  • Teknik pernafasan dada
Teknik pernafasan dada

* sumber: www.ebiologi.com

Hampir semua orang pasti pernah melakukan teknik pernafasan dada dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, jika Anda ingin melakukan teknik pernafasan dada untuk mendukung cara memperpanjang nafas, maka gunakanlah posisi tubuh yang tepat.

Lakukan peregangan otot terlebih dahulu, lalu ambil posisi duduk bersila. Tarik nafas kuat-kuat dan bagian dada harus terlihat mengembang maju saat Anda bernafas. Teknik pernafasan dada dipercaya dapat menyalurkan lebih banyak oksigen ke dalam paru-paru, sehingga teknik ini sangat dianjurkan bagi atlet renang.

  • Teknik pernafasan pundak

Teknik pernafasan pundak

Anda pasti tidak menyangka jika selama ini ada teknik pernafasan pundak. Untuk melakukan teknik pernafasan ini, cukup ambil posisi duduk bersila tegak dan pusatkan perhatian kepada kedua pundak Anda.

Tarik nafas dalam-dalam dan biarkan kedua pundak terangkat ke atas ketika Anda sedang menarik nafas. Saat menghembuskan nafas, posisi kedua pundak yang terangkat akan turun perlahan-lahan. Manfaat dari teknik pernafasan pundak tidak hanya sekedar memperpanjang nafas, tapi juga untuk menyalurkan lebih banyak oksigen ke dalam darah.

  • Teknik gabungan

Teknik gabungan

Sebagai cara memperpanjang nafas, bisakah Anda menggabungkan ketiga teknis di atas? Tentu saja bisa. Anda bisa memperpanjang nafas dengan mengombinasikan antara teknik pernafasan perut, dada, dan pundak. Cara ini diawali dengan mengambil posisi duduk bersila dengan punggung setegak mungkin.

Pada saat Anda menarik nafas, tubuh akan terasa lebih ringan, pikiran yang penat jadi hilang, dan nafas pun jadi lebih panjang, Pastikan perut mengembang, pundak naik ke atas dan dada membuncah ke depan jika ingin memperpanjang nafas. Meskipun untuk melakukan ketiga teknik pernafasan sekaligus cukup berat, tetapi Anda bisa mencobanya perlahan-lahan.

Cara memperpanjang nafas dengan tenaga dalam

 

Cara memperpanjang nafas dengan tenaga dalam

* sumber: kanuraganextrem.blogspot.com

Pernahkah Anda melihat orang-orang yang sedang berlatih bela diri sejenis silat, wushu, taekwondo, dan sebagainya? Seni bela diri tersebut mengajarkan teknik pernafasan dengan cara tenaga dalam. Dengan memanfaatkan tenaga dalam, para pelaku bela diri ini dapat memperpanjang nafas untuk melatih kepekaannya terhadap lawan.

Tak hanya itu saja, tenaga dalam ini juga memungkinkan pelakunya memecahkan benda-benda keras (seperti batu bata atau kaca) dengan tangan kosong.

Energi positif ini dapat terbentuk dengan menggabungkan jurus bela diri dan teknik bernafas menggunakan tenaga dalam. Kemudian, sel di dalam tubuh akan memancarkan energi biomagnetik yang mampu melindungi tubuh dari benda keras. Itulah sebabnya pelaku bela diri tidak terluka atau cedera saat memecahkan benda keras.

Tidak semua orang dapat melakukan cara memperpanjang nafas dengan tenaga dalam. Anda harus mengikuti komunitas bela diri terlebih dahulu untuk bisa melatih pernafasan dengan tenaga dalam. Jika berminat, mungkin Anda bisa segera mencari perkumpulan bela diri yang cocok untuk Anda.

Miliki nafas panjang dengan meditasi

Miliki nafas panjang dengan meditasi

Meditasi dikenal sebagai aktivitas yang diklaim dapat menenangkan tubuh, jiwa, dan pikiran. Namun, meditasi juga mengajarkan kita untuk melatih pernafasan secara rileks. Ketika bermeditasi saraf-saraf tubuh menjadi lebih santai dan tetap mampu menyerap oksigen tanpa perlu bekerja keras.

Yoga adalah salah satu bentuk meditasi yang sedang digandrungi akhir-akhir ini. Dengan yoga Anda bisa berlatih teknik olah nafas dengan lebih santai. Bahkan, yoga juga merupakan cara memperpanjang nafas yang bisa dilakukan oleh lansia karena tidak terlalu melelahkan.

Jika Anda ingin memiliki nafas yang panjang, tak ada salahnya untuk berlatih yoga. Apabila Anda belum mengetahui apapun tentang yoga, sebaiknya gunakan pelatih untuk membimbing Anda agar dapat melakukan teknik pernafasan dengan yoga.

Olah nafas saat shalat

Olah nafas saat shalat

* sumber: www.asholat.com

“Bagaimana saya melakukan teknik olah nafas sambil beribadah?” Tanpa Anda sadari gerakan shalat sedikit mirip dengan meditasi bergerak Thai Chi. Dengan sholat sejatinya dapat meningkatkan energi sel pada tubuh dan membangkitkan medan biomagnetis untuk melindungi kita dari energi negatif.

Dengan pengaturan nafas yang tepat sembari membaca setiap kalimat bacaan doa, shalat Anda pun menjadi lebih khusuk. Pusatkan konsentrasi pada setiap kalimat yang Anda baca di dalam hati. Ketika Anda sudah berhasil shalat dengan khusuk, boleh dibilang bahwa Anda sudah melakukan latihan pernafasan dengan benar.

Pahami teknik memperpanjang nafas saat baca Qur’an

Pahami teknik memperpanjang nafas saat baca Qur’an

Berlatih pernafasan juga sering terjadi tanpa kita sadari. Pengaturan nafas sendiri sudah dalam hukum tajwid dalam bacaan Qur’an. Ketika Anda membaca Qur’an, bacaa dimulai dengan satu kali tarikan nafas dah hanya diperkenankan berhenti pada tempat yang sudah ditentukan (waqaf).

Tanpa Anda sadari, ketika membaca ayat-ayat suci Al-Qur’an tubuh Anda juga melakukan meditasi secara alami. Duduk tegak sambil berfokus pada bacaan-bacaan di Qur’an dapat membantu Anda mengolah pernafasan.

Asalkan Anda hanya berfokus kepada bacaan Qur’an, maka tanpa disadari pun Anda sudah bermeditasi. Cara yang sangat sederhana ini bisa dilakukan oleh anak-anak yang sudah bisa mengaji sampai dengan orang dewasa.

Itulah beberapa cara memperpanjang nafas secara alami. Apa pentingnya memperpanjang nafas? Ketika Anda memiliki nafas yang panjang, maka Anda dapat menyanyikan lagu dengan nada-nada yang cukup tinggi.

Selain itu, saat berolahraga juga tidak mudah kelelahan atau terengah-engah jika Anda memiliki nafas yang sangat panjang. Oleh karena itu, tak ada salahnya jika saat ini Anda bisa berlatih memperpanjang nafas secara alami.

Setelah memiliki nafas yang panjang, tidak ada salahnya juga bagi Anda untuk mencoba memperindah suara agar semakin merdu. Silakan simak artikel cara memperindah suara untuk tips dan trik lengkapnya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *