Bacaterus / Lowongan Kerja / Tips Interview dan Cara Memperkenalkan Diri yang Berkesan

Tips Interview dan Cara Memperkenalkan Diri yang Berkesan

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Februari 2020

Mencari pekerjaan di zaman sekarang ini memang bukan hal yang mudah. Meskipun begitu bukan berarti tidak ada sama sekali pekerjaan. Beberapa perusahaan memang menetapkan standar yang terkadang bisa menjadi sebuah batu penghalang bagi seorang pelamar kerja.

Di samping itu, syarat pengalaman yang ditetapkan oleh perusahaan pun seolah menjadi tantangan lain yang kadang membuat para pelamar kalah bahkan sebelum bertarung. Hal tersebut memang kerap kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Walaupun demikian kamu juga harus tahu bahwa terdapat beberapa perusahaan yang tidak menjadikan hal tersebut sebagai acuan untuk menerima pekerja. Beberapa diantaranya bahkan melihat dari sudut pandang lain seperti interpersonal serta kecakapan yang kita miliki.

Nah, bagi yang ingin membuat kesan yang mendalam saat proses interview. Kali ini Bacaterus akan membahas tips interview dan cara memperkenalkan diri agar lebih berkesan. Berikut adalah ulasannya.

Persiapan Sebelum Interview

Persiapan Sebelum Interview

Hal pertama yang harus kita perhatikan bila hendak wawancara kerja adalah dengan membuat persiapan sebelum interview. Membuat persiapan adalah hal yang sangat penting. Karena hal tersebut dapat membantu kita dalam meningkatkan rasa percaya diri. Adapun hal-hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan interview diantaranya:

1‌. Mempersiapkan Penampilan

Mempersiapkan Penampilan

Penampilan adalah hal yang penting pada saat proses wawancara kerja. Penampilan yang rapi dan sesuai saat interview memang menjadi salah satu poin penting yang diperhatikan oleh rekruter. Image yang rapi dan bersih menjadi salah satu hal yang masuk dalam penilaian saat proses interview. Sehingga hal tersebut tidak boleh dianggap remeh.

Hal-hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan penampilan adalah pemilihan busana yang tepat dan nyaman, sepatu yang bersih kemudian gaya tatanan rambut yang rapi. Hal tersebut sedikit banyak akan berpengaruh pada citra diri kita di hadapan perusahaan.

2‌. Mempelajari dan Mempersiapkan Dokumen

Mempelajari dan Mempersiapkan Dokumen

Hal lain yang perlu diperhatikan sebelum kamu melakukan interview adalah mempelajari dan mempersiapkan dokumen lamaran. Hal tersebut berguna sebagai acuan dalam menjawab pertanyaan yang mungkin muncul pada saat sesi interview.

Mulai dari pendidikan, kehidupan pribadi, organisasi, keluarga, cita-cita dan hobi.  Pastikan apa yang kamu lampirkan dokumen sesuai dengan keadaan yang sebenarnya agar tidak menimbulkan pertanyaan atau keraguan  saat proses wawancara.

3. Melakukan Research

Melakukan Research

Hal lain yang mungkin membantu kamu saat proses interview adalah dengan mempelajari profil perusahaan dimana kamu akan interview. Semakin banyak informasi yang kamu dapatkan tentang perusahaan tersebut semakin baik untuk kamu. Informasi yang kamu gali bisa  mengenai kepemilikan perusahaan, struktur organisasi, kompetitor atau produk yang dihasilkan perusahaan tersebut.

4‌. Latihan Berkomunikasi yang Baik

Latihan Berkomunikasi yang Baik

Nah, setelah semua persiapan tersebut. Kamu juga bisa melakukan latihan bagaimana cara berkomunikasi yang baik. Kemampuan komunikasi seseorang memang tergantung dari kebiasaan sehari-hari orang tersebut. Semakin sering orang tersebut berkomunikasi dengan orang lain atau berbicara di depan publik dengan bahasa formal akan semakin memudahkan dirinya.

Meskipun demikian bagi orang yang jarang berkomunikasi atau belum terbiasa untuk berbicara formal di hadapan orang lain. Kamu bisa latihan di depan cermin atau meminta bantuan orang-orang yang ada di sekitar rumah.

Kamu pun bisa memulai dengan melatih cara tersenyum, berbicara, melatih membuat gestur tubuh seorang profesional saat berbicara dan mengatur setiap kata yang akan kamu keluarkan. Semakin sering kamu melakukan latihan akan membuat kamu terbiasa dan percaya diri.

Cara Memperkenalkan Diri pada Perusahaan

Cara Memperkenalkan Diri pada Perusahaan

Memperkenalkan diri merupakan proses yang sangat penting saat interview. Kesan pertama yang baik saat memperkenalkan diri bisa menjadi jembatan mulus bagi kamu untuk bisa diterima di perusahaan. Dan untuk mencapai hal tersebut kamu pun harus memperhatikan beberapa hal penting saat memperkenalkan diri. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Memperkenalkan Diri dengan Sopan dan Percaya Diri

Memperkenalkan Diri dengan Sopan dan Percaya Diri

Sebelum kamu memperkenalkan diri pada staf perusahaan. Usahakan kamu dalam keadaan rapi dan bersih. Untuk mencegah tangan kamu kotor atau muka kamu terlihat lusuh karena terik matahari. Kamu bisa membawa tisu basah untuk membuat wajah atau tangan kamu tetap bersih dan fresh.

Setelah itu kamu bisa mulai menyapa staf yang bertugas penerima tamu dengan sopan. Lalu jelaskan kedatangan kamu di perusahaan tersebut. Kamu juga wajib menjaga senyum kamu di hadapan para staf. Jangan biarkan kesan negatif muncul tentang kamu pada saat pertama kali bertemu.

Hal tersebut untuk mencegah laporan buruk dari staf yang akan berpengaruh pada penerimaan kamu di perusahaan tersebut. Hal serupa pun harus kamu lakukan pada saat interview dengan rekruter.

2. Perkenalkan Diri dengan Singkat dan Jelas

Perkenalkan Diri dengan Singkat dan Jelas

Tunjukkan antusias kamu saat bersalaman dengan rekruter. Biasakan untuk menatap mata saat berbicara atau menyapa mereka. Kamu juga harus menggunakan bahasa yang formal namun tidak terlihat kaku. Jangan biarkan rekruter mengintimidasi kamu saat proses interview. So, berusaha tetap tenang agar kamu bisa mengendalikan situasi.

Perkenalkan diri kamu dengan santai mulai dari kehidupan keluarga, cita-cita dan pengalaman kerja sebelumnya. Bila kamu belum berpengalaman kerja, kamu bisa membicarakan mengenai organisasi yang pernah kamu ikuti atau kegiatan-kegiatan positif lainnya.

Berbicara dengan perlahan dan tidak terburu-buru. Pastikan kamu memahami setiap pertanyaan yang diajukan rekruter sebelum menjawab. Lakukan hal tersebut dengan singkat dan tidak terkesan panjang lebar. Untuk hal ini memang diperlukan pengalaman serta latihan agar kamu terbiasa.

3. Mulai Mengeksplorasi Diri

Mulai Mengeksplorasi Diri

Biasanya perusahaan akan mencoba menggali informasi penting dari kamu mulai dari cara berbicara, isi dari pembicaraan sampai hal-hal menarik yang bisa mereka dapat dari kamu. Nah, pada saat rekruter mencoba menggali hal tersebut. Itulah kesempatan kamu untuk meraih hati para rekruter.

Gunakan gestur tubuh seorang profesional saat berbicara, selain itu atur intonasi suara dan pemilihan kata yang baik. Pastikan apa yang kamu ucapkan memiliki sesuatu yang bisa menggugah ketertarikan rekruter. Kamu juga bisa mengembangkan informasi yang telah kamu ketahui sebelumnya tentang perusahaan tersebut sebagai poin tambahan dalam isi pembicaraan.

Antusias kamu terhadap sesuatu juga terkadang bisa membuat para rekruter tertarik dan membuatnya penasaran. Seperti contoh menulis, memasak atau membuat ide kreatif atau hal-hal positif lainnya. Pastikan bahwa ucapan kamu bisa dimengerti oleh rekruter dan tidak bertele-tele.

4‌. Bertanya Hal-hal yang Penting

Bertanya Hal-hal yang Penting

Gunakan momentum tersebut untuk menggali informasi tentang perusahaan tempat kamu interview. Tanyakan hal-hal yang menurut kamu penting untuk diketahui. Mulai dari sistem perekrutan karyawan? Struktur organisasi? Profil perusahaan? Pekerjaan yang dibutuhkan? Dan yang terpenting Informasi lanjutan mengenai interview yang telah kamu jalani?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut terkadang bisa menjadi poin tambahan bagi kamu. So, usahakan menanyakan sesuatu sesuai dengan konteks pekerjaan atau perusahaan tersebut dan jangan mengajukan pertanyaan di luar hal tersebut.

5‌. Tutup dengan Harapan

Tutup dengan Harapan

Tutup pembicaraan dengan semangat yang sama saat kamu datang. Ungkapkan rasa terima kasih pada rekruter atas kesempatan interview tersebut. Kemudian sampaikan harapan atau keinginan kamu untuk bisa bergabung dengan perusahaan.

Jagalah senyum kamu selama masih berada di perusahaan tersebut. Sebagai catatan, jangan jadikan interview kerja sebagai beban, jadikan pengalaman interview tersebut menjadi pengalaman menarik yang bisa menjadi acuan bagi kamu untuk melakukan interview di perusahaan lain dengan jauh lebih baik. So, tetap semangat dan optimis.

Demikian tips interview dan cara memperkenalkan diri agar lebih berkesan. Jadikan momen interview sebagai kesempatan bagus untuk latihan. Selain itu manfaatkan kesempatan tersebut sebaik-baiknya dengan melakukan banyak persiapan. Semoga tips yang diberikan Bacaterus bisa bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan. Good luck. Kunjungi juga artikel cara menghadapi interview kerja ini agar tidak gugup.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *