Bacaterus / Rumah / 10 Cara Memperindah Kamar Tidur agar Lebih Nyaman dan Rapi

10 Cara Memperindah Kamar Tidur agar Lebih Nyaman dan Rapi

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Oktober 2019

Kamar tidur adalah sebuah ruangan pribadi yang khusus digunakan untuk seseorang beristirahat mengisi ulang energi yang terpakai selama beraktivitas. Di dalam kamar tidur terdapat beberapa inventaris, yang paling utama tentu saja tempat tidur. Selain itu, biasanya juga terdapat beberapa furnitur lain, seperti lemari, meja, kursi, atau laci.

Kamar tidur yang indah dan nyaman adalah dambaan bagi setiap orang. Akan tetapi, tak sedikit orang yang memiliki kamar tidur yang berantakan dipenuhi barang-barang pribadi atau juga kurangnya pencahayaan sehingga kamar tidur bisa dikatakan jauh dari kata nyaman.

Apakah kamar tidurmu termasuk kamar tidur yang indah dan nyaman? Atau sebaliknya, kamar tidurmu berantakan seperti tak terurus? Untuk mengatasi kamar tidur yang dianggap kurang indah dan nyaman, berikut ini tips-tips agar kamar tidurmu terlihat lebih indah dan juga nyaman.

10 Cara Memperindah Kamar Tidur

1. Bersihkan dengan Teratur

* sumber: www.optidaily.com

Kamar tidur yang bersih dari debu dan segala noda adalah kamar tidur yang sangat nyaman untuk ditempati. Maka dari itu, solusi pertama untuk membuat kamar tidur menjadi lebih nyaman adalah dengan cara membersihkannya setiap hari dengan teratur.

Bersihkan lantai dari kotoran dan debu dengan cara menyapu dan mengepelnya. Lap jendela sampai benar benar bersih dan kinclong, bersihkan semua furnitur dari debu dengan cara menyapunya dengan kemoceng atau alat semacamnya.

Jangan lupa untuk bersihkan langit-langit kamarmu agar terhindar dari kotoran atau bahkan sarang laba-laba. Dan yang paling penting, selalu bersihkan tempat tidur beserta pelengkapnya, seperti bantal, guling, dan selimut agar terhindar dari bakteri dan kuman.

2. Atur Penerangan

Atur Penerangan

* sumber: pxhere.com

Kamar yang nyaman juga bisa dilihat dari segi pencahayaannya. Sebuah ruangan yang memiliki intensitas cahaya yang cukup bisa disebut dengan kamar yang nyaman. Pada sebuah kamar tidur disarankan untuk diadakannya jendela agar sinar matahari bisa masuk menerangi kamar tersebut.

Selain nyaman, kamar tidurpun akan lebih sehat jika disinari langsung oleh matahari. Tapi, mungkin sebagian orang juga ada yang menganggap sebuah ruangan gelap adalah ruangan yang nyaman. Kalau kamu punya selera kamar gelap, tentu boleh saja memberikan pencahayaan seperlunya dengan menutup jendela dengan gorden dan diterangi lampu-lampu penerang seperlunya saja.

3. Pastikan Sirkulasi Udara Baik

Pastikan Sirkulasi Udara Baik

* sumber: pontianak.tribunnews.com

Sirkulasi udara pada sebuah ruangan adalah sesuatu yang sangat penting, terutama kamar tidur. Sebab, jika sebuah kamar tidur yang cantik dengan segala furniturnya yang mewah, akan tetapi udara di dalamnya sangat sesak akan terasa percuma. Maka dari itu, pastikanlah sirkulasi di kamarmu baik dan sehat.

Sediakan ventilasi yang cukup sebagai keluar-masuknya udara dari luar. Hal ini bertujuan agar suhu di kamarmu menjadi sejuk. Selain ventilasi, alternatif lain untuk menjadikan kamarmu lebih sejuk adalah air conditioner (AC). Akan tetapi, tetap saja cara yang alami akan lebih baik bagi kesehatan daripada dengan pendingin buatan.

4. Cat Ulang

Cat Ulang

* sumber: www.idntimes.com

Jika kamar tidurmu menggunakan cat yang sudah sangat lama atau bahkan dinding kamarmu sudah terkena jamur, hal itu bisa menyebabkan bakteri-bakteri yang menempel pada dinding berkembang dan menyerang kesehatanmu. Hal tersebut harus segera ditangani agar tidak berakibat fatal.

Caranya dengan membersihkan terlebih dahulu dinding-dinding kamarmu sebersih mungkin dari berbagai jamur yang menempel. Jika dinding telah bersih, maka langkah selanjutnya adalah mengecat ulang dinding tersebut dengan cat yang sesuai standar anti bakteri.

Untuk menambah keindahan kamar, kamu bisa memilih berbagai macam warna sesuai dengan selarmu. Selain kamar menjadi indah dan cantik, kamarmu akan lebih fresh dan sehat.

5. Atur Tata Letak Furnitur

* sumber: kumpuldesainrumah.blogspot.com

Pada sebuah kamar tidur, pasti akan terdapat berbagai furnitur lain selain tempat tidur, misalnya lemari, laci, atau yang lainnya. Agar kamar tidurmu lebih terlihat nyaman, maka kamu harus pintar-pintar mengatur dan memanfaatkan dengan seefisien mungkin tempat-tempat yang ada di kamarmu.

Hal ini berguna untuk mengatur tata letak furnitur tersebut supaya ruang kamar tidurmu terlihat rapi dan lebih terlihat leluasa dengan tata letak yang strategis dan tepat.

6. Kurangi Barang yang Tidak Terpakai

Kurangi Barang yang Tidak Terpakai

* sumber: majels.com

Jika kamar tidurmu adalah kamar yang terbilang minimalis, maka disarankan untuk tidak menggunakan banyak perabotan di dalamnya. Gunakanlah barang-barang yang dianggap prioritas atau barang yang sering kamu pakai.

Jangan menyimpan sebuah lemari jika  lemari itu tak terpakai, begitupun dengan barang lainnya. Minimalisir barang-barang kecil yang tidak memiliki fungsi agar kamarmu tidak berantakan atau acak-acakan dan terlihat lebih rapi juga nyaman digunakan.

7. Tambahkan Hiasan

Tambahkan Hiasan

* sumber: www.idntimes.com

Mempercantik kamar juga bisa dilakukan dengan cara menambahkan hiasan-hisan di dalamnya, seperti lampu-lampu yang kekinian tumblr, ornamen di langit-langit, stiker pada dinding, lukisan, atau yang lain sebagainya.

Hiaslah kamarmu seindah mungkin agar kamu merasa nyaman berada di kamarmu sendiri. Pilihlah hiasan yang mudah dilepas dan tidak meninggalkan bekas ketika dicabut. Mengapa? Hal ini akan memudahkanmu jika kamu merasa bosan dengan hiasan tersebut, maka kamu bisa menggantinya dengan hiasan lain.

8. Beri Tema

* sumber: rumahdiy.com

Tips mempercantik kamar selanjutnya adalah dengan mengatur tema kamarmu. Suatu tema di kamar bisa disesuaikan dengan selera masing-masing. Misalkan, jika kamu menyukai warna-warna monokrom, kamu bisa menghias kamarmu dengan tema hitam dan putih dilengkapi ornamen-ornamen yang menyesuaikan dengan tema.

Selain monokrom, jika kamu pecinta kartun, kamu bisa menghias kamarmu dengan tema kartun kesukaanmu, misalnya Doraemon. Kamu bisa mengecat kamarmu dengan cat berwarna biru, dilengkapi seprai Doraemon dan juga boneka-boneka atau stiker yang bertema Doraemon.

Banyak sekali pilihan tema yang menarik untuk dijadikan tema kamar tidurmu, seperti vintage, nature, american room, dan masih banyak lagi.

9. Beri Wewangian

Beri Wewangian

* sumber: www.hipwee.com

Kamar yang harum adalah kamar yang sangat nyaman. Dengan aroma harum kamar bisa membuat siapa saja nyaman untuk berada di dalamnya. Berbeda dengan sebuah kamar yang memiliki bau tidak sedap, jangankan untuk tidur terlelap, bahkan untuk memasukinya saja sesorang mungkin enggan melakukannya.

Jadi, pastikanlah kamar tidurmu tidak memiliki bau yang tidak sedap. Di zaman yang modern ini, kamu bisa menggunakan alat pengharum ruangan dengan berbagai pilihan aroma sesuai dengan selaramu dimulai dari wangi bunga hingga wangi buah-buahahan yang sangat menyegarkan. Selain pengharum ruangan yang dijual di toko, kamu pun bisa membuatnya sendiri dengan bahan alami, misalkan kulit jeruk dan bunga mawar.

10. Menyimpan Barang Sesuai Tempatnya

* sumber: fox-id.com

Untuk menghindari kesan kamar yang berantakan, maka dari itu kamu harus pandai-pandai memperhatikan barang-barang yang sudah kamu gunakan untuk disimpan sesuai dengan tempatnya dan jangan sembarangan menyimpannya.

Misalkan, ketika kamu telah menggunakan seragam sekolah, simpanlah seragam tersebut sesuai dengan tempatnya. Hindari untuk menumpuknya di atas ranjang karena itu membuat kesan berantakan pada kamar tidurmu.

Setelah membaca beberapa tips agar kamar tidurmu lebih indah dan nyaman untuk ditempati, ayo kita mulai terapkan pada kamar tidur kita sendiri. Selain menciptakan sebuah kamar tidur yang indah dan cantik, kamar tidurpun akan lebih sehat dan fresh.

Semoga tips-tips di atas dapat membantu kamu untuk menciptakan sebuah kamar tidur yang indah juga nyaman, ya. Setelah kamar tidur menjadi cantik dan nyaman, jangan malas untuk merawatnya dengan cara membersihkannya setiap hari. Punya saran lain untuk membuat kamar tidur lebih rapi dan nyaman? Yuk, bagikan tipsnya di kolom komentar.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *