Bacaterus / Kulkas / Inilah Berbagai Cara Mempercepat Es Batu Membeku

Inilah Berbagai Cara Mempercepat Es Batu Membeku

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Oktober 2019

Saat cuaca panas, minum-minuman dingin memang lebih nikmat. Untuk membuat minuman dingin lebih cepat biasanya kita akan memasukkan es batu ke dalamnya. Cara membuat es batu memang sangat mudah. Anda hanya perlu mengisi cetakan es batu dengan air matang, lalu masukkan ke dalam freezer lemari es. Hanya dalam waktu beberapa jam es batu sudah jadi.

Akan tetapi, bagaimana jika kita membutuhkan es batu lebih cepat? Sementara pembekuan es batu di lemari es bisa memakan waktu minimal 3 jam. Bacaterus akan memberikan tips dan cara mempercepat es batu membeku. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot menunggu es batu membeku sampai 3 jam dengan melakukan cara rahasia dari Bacaterus ini.

Cara Mempercepat Es Batu Membeku

Cara Mempercepat Es Batu Membeku

Setiap lemari es memiliki waktu tersendiri untuk membuat es batu beku. Ada yang butuh waktu 3 jam, 4 jam, 5 jam, sampai dengan 6 jam. Apakah lama pembekuan es batu tergantung dengan suhu di dalam lemari es? Ya, suhu lemari es memang berpengaruh pada durasi pembekuan es batu. Akan tetapi, ada cara yang lebih efektif untuk mempercepat pembuatan es batu, lho.

Cara mempercepat es batu membeku adalah membuat es batu dari air panas yang baru mendidih. Dalam ilmu pengetahuan, fenomena air panas yang lebih cepat membeku dibanding air biasa disebut dengan “Mpemba effect.”

Nama tersebut diambil dari seorang pelajar asal Tanzania yang menemukan cara membuat es krim lebih cepat. Erasto Batholomeo Mpemba memanaskan adonan es krim sebelum dimasukkan ke dalam freezer.

Es batu yang berasal dari air mendidih juga memiliki tampilan yang lebih bening ketimbang es batu yang dibuat dari air biasa yang terlihat lebih cloudy. Waktu yang dibutuhkan untuk membuat es batu dari air mendidih adalah kurang dari 2 jam. Tentu saja cara ini lebih efektif ketimbang Anda membuat es batu dari air biasa yang memakan waktu 3-6 jam.

Perlu Anda ingat bahwa wadah pembuatan es batu (ice tray) harus yang terbuat dari material plastik, silikon, dan stainless steel yang BPA-free. Pasalnya, jika wadah es batu Anda mengandung BPA, maka racunnya akan meleleh saat terkena air panas dan larut dalam es batu yang Anda buat.

Panduan Membuat Es Batu dari Air Panas

Panduan Membuat Es Batu dari Air Panas

Mau mencoba cara mempercepat es batu membeku dengan air panas? Boleh saja. Tak perlu peralatan khusus untuk membuat es batu dari air panas. Siapkan saja ice tray dan freezer seperti ketika Anda ingin membuat es batu dari air biasa. Ikuti panduan berikut ini untuk membuat es batu dari air panas:

  1. Siapkan ice tray yang sudah dicuci sampai bersih dan dikeringkan.
  2. Masak air panas sampai mendidih. Ketika sudah mendidih langsung tuangkan air panas ke dalam ice tray sampai isinya penuh.
  3. Gunakan sarung tangan dapur anti panas untuk mengangkat ice tray. Masukkan ice tray berisi air mendidih ke dalam freezer lemari es.
  4. Tutup pintu lemari es dan tunggu sekitar 1-2 jam.

Jangan terlalu sering membuka dan menutup pintu lemari es agar es batu yang Anda buat lebih cepat membeku. Pasang saja timer waktu 1,5 jam, ketika timer berbunyi silakan cek ke dalam freezer apakah es batunya sudah jadi atau belum.

Tips Mempercepat Pembekuan Es Batu

Tips Mempercepat Pembekuan Es Batu

Cara mempercepat es batu membeku dengan membuat es batu dari air mendidih memang perlu dicoba jika Anda ingin membuat es batu secara lebih cepat. Namun, Bacaterus juga ingin menambahkan beberapa tips agar proses pembekukan es batu jadi lebih cepat.

  • Set Suhu Terendah Lemari Es

Jika ingin membekukan es batu secara lebih cepat, Anda harus memastikan bahwa suhu lemari es Anda cukup rendah. Atur suhu lemari es di titik yang paling rendah agar udara di dalam lemari es, khususnya freezer, jadi lebih dingin. Semakin rendah suhunya, maka air panas yang berada di dalam ice tray juga jadi lebih cepat membeku.

  • Jangan Membuka Tutup Lemari Es

Ketika proses pembuatan es batu sedang berlangsung, jangan membuka-tutup lemari es terlalu sering. Hal tersebut dapat membuat es batu Anda lebih lama membeku. Pasalnya, suhu dari luar lemari es yang masuk saat pintunya dibuka akan mengurangi hawa dingin di dalam lemari es. Jadi, buka-tutup satu kali saja untuk mengecek apakah es batu Anda sudah jadi atau belum.

  • Gunakan Ice Tray dari Stainless

Seperti yang kita ketahui, ice tray bawaan dari lemari es biasanya terbuat dari plastik yang cukup tebal. Nah, bila Anda ingin membekukan es batu secara lebih cepat, gunakan ice tray yang terbuat dari stainless karena material tersebut dapat menghantarkan suhu panas maupun dingin secara lebih cepat dibanding plastik.

Cara Membuat Es Batu Tahan Lama Tidak Mencair

Cara Membuat Es Batu Tahan Lama Tidak Mencair

Kendala dalam menyimpan es batu adalah mudah mencair jika cara penyimpanannya tidak benar. Namun, Anda tak perlu khawatir karena ada beberapa cara membuat es batu tahan lama sehingga tidak mudah mencair. Berikut adalah cara untuk membuat es batu tidak cepat mencair.

  • Gunakan Wadah Berwarna Terang

Apakah Anda terbiasa menyimpan es batu atau minuman dingin di dalam wadah seperti ice box? Jika ya, pilih wadah yang berwarna terang, seperti kuning, orange, dan merah. Mengapa? Karena warna terang menyerap panas lebih sedikit sehingga es batu di dalamnya tidak mudah mencair.

  • Lapisi Wadah Penyimpanan dengan Aluminium Foil

Biasanya aluminium foil dipakai untuk memanggang makanan. Akan tetapi, kertas pelapis dari aluminium ini ternyata bisa dipakai untuk menjaga es batu agar tetap beku. Lapisi saja ice box dengan aluminium foil untuk mencegah es batu Anda mencair.

  • Bungkus Wadah Penyimpanan dengan Handuk

Ice box memang dirancang kedap udara agar es batu di dalamnya tidak mudah mencair. Namun, jika Anda ingin membuat es batu di dalam ice box tetap beku lebih lama, bungkus ice box dengan handuk.

  • Simpan di Ruangan yang Sejuk

Kesalahan yang sering dilakukan saat menyimpan es batu adalah Anda meletakkan ice box di bawah sinar matahari yang terik. Memang benar jika ice box dirancang agar tahan terhadap suhu di sekitarnya. Tapi alangkah lebih baiknya jika Anda meletakkan ice box di tempat yang sejuk, seperti ruangan ber-AC. Tempat yang sejuk akan menjaga es batu di dalam wadah penyimpanan tetap beku selama beberapa jam.

Itulah serba-serbi cara mempercepat es batu membeku dan tips menyimpan es batu agar tidak mudah mencair. Cara ini bisa Anda pakai ketika Anda sedang membutuhkan es batu dalam jumlah banyak. Membuat es batu sendiri memang dijamin lebih bersih dan higienis dibanding membelinya di tempat lain.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

4 Responses

  1. Maaf gaan klo ice batu sampe dua hari blm keras gmna solusi ya ,mohon pencerahan nua gaan

    1. Sebaiknya Anda cek lemari es Anda. Mungkin perlu diperbaiki.

  2. Maaf mau nanya nih kalau terlalu banyak salju nya aman? Dan dinding kulkasnya terlalu panas?
    Kalau es batu yang saya bungkus pake plastik skilo 20 jm kurang keras itu kayak mana solusinya gaan?

  3. Tp kan klo air panas langsung masuk frezeer ktanya dapat merusaknya,trus bagaimana bos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *