Bacaterus / Lifestyle / Romansa / 10 Cara Tepat untuk Mempercayai Suami yang Pernah Selingkuh

10 Cara Tepat untuk Mempercayai Suami yang Pernah Selingkuh

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 November 2018

Perselingkuhan adalah suatu tindakan yang dapat menyakiti hati pasangan. Tidak jarang banyak wanita yang tak bisa memaafkan suaminya yang pernah berselingkuh dan memilih untuk bercerai. Namun, ada juga beberapa wanita yang tetap mempertahankan hubungan setelah mengetahui suaminya berselingkuh dengan dalih masih cinta atau memikirkan kondisi psikis anak.

Jika saat ini Anda berada pada posisi wanita yang pernah diselingkuhi suami dan ingin membina kembali rumah tangga Anda, Bacaterus akan memberikan 10 cara mempercayai suami yang pernah selingkuh. Cara-cara ini akan membantu Anda untuk bisa menerima kembali suami yang pernah mengkhianati Anda.

10 Cara Mempercayai Suami yang Pernah Selingkuh

1. Ajak Suami Membicarakan Perselingkuhannya

Ajak Suami Membicarakan Perselingkuhannya Cara Mempercayai Suami yang Pernah Selingkuh

Sebagai istri sah, Anda perlu mengetahui segala hal tentang perselingkuhan yang sudah diakui oleh suami. Anda berhak tahu seberapa jauh dan lama ia telah menyelingkuhi Anda. Mintalah suami untuk bicara jujur mengenai perselingkuhan yang ia lakukan selama ini.

Cara mempercayai suami yang pernah selingkuh bisa dimulai dengan menginterogasi dirinya mengenai perselingkuhannya ini. Dengan begitu, Anda pun bisa mengetahui seberapa jauh ia telah menyelingkuhi Anda. Kejujuran dari suami akan sangat membantu Anda untuk menentukan sikap selanjutnya.

2. Minta Bukti Kesetiaan Suami

Minta Bukti Kesetiaan Suami

Pernah mendengar pepatah bahwa piring yang sudah pecah pasti bekasnya masih tampak terlihat meskipun sudah disambung dengan lem? Hal tersebut sama dengan kondisi hubungan Anda dan suami. Sekali suami berselingkuh, kepercayaan Anda tentu tidak bisa kembali utuh seperti dulu.

Sebagai pasangan yang pernah dikhianati, sah-sah saja jika Anda meminta bukti kesetiaan suami. Mintalah dia untuk membuktikan bahwa dirinya sudah benar-benar tidak berhubungan lagi dengan wanita lain. Jika dia berani dan bersedia membuktikan kesetiaannya, tentu akan lebih mudah bagi Anda untuk mempercayainya lagi.

3. Biarkan Dia yang Berusaha

Biarkan Dia yang Berusaha

Sulit bagi wanita untuk kembali memaafkan suami yang selingkuh. Akan tetapi, cara mempercayai suami yang pernah selingkuh juga harus didukung dengan pembuktian yang dilakukan oleh suami Anda. Ketika Anda menjadi korban perselingkuhan, maka biarkan suami Anda yang meminta maaf dan berusaha mengembalikan kepercayaan Anda.

Inilah saat yang tepat untuk melihat effort suami dalam memulihkan kembali kepercayaan Anda. Jika dia benar-benar ingin Anda kembali mempercayainya, maka ia akan melakukan berbagai cara untuk bisa dipercaya kembali oleh Anda. Jadi, Anda hanya perlu menunggu suami melakukan hal-hal yang dapat mengembalikan rasa percaya Anda seperti sedia kala.

4. Introspeksi Diri Sendiri

Introspeksi Diri Sendiri

Ketika pasangan berselingkuh, Anda pasti bertanya-tanya mengenai kekurangan dalam diri Anda sehingga pasangan mengkhianati Anda. Saat sedang dilanda emosi, Anda pasti tidak akan bisa menemukan kesalahan diri sendiri sehingga menganggap suami lah yang bersalah sepenuhnya atas perselingkuhan yang terjadi.

Cara mempercayai suami yang pernah selingkuh adalah introspeksi diri sendiri. Seseorang tidak pernah menyadari kesalahannya sampai ia meluangkan waktu untuk merenung. Sempatkan diri untuk introspeksi sehingga Anda bisa menemukan alasan bahwa perselingkuhan yang terjadi bukan sepenuhnya salah suami. Dengan begitu, Anda jadi lebih mudah memaafkan suami dan menerimanya kembali dalam kehidupan Anda.

5. Dapatkan Dukungan dari Orang yang Dapat Dipercaya

Dapatkan Dukungan dari Orang yang Dapat Dipercaya

Tak mudah untuk dapat memulihkan kembali rasa percaya diri ketika mengetahui pasangan berselingkuh. Anda pun tidak akan mudah percaya kepada suami jika mengingat pengkhianatan yang telah ia perbuat.

Saatnya untuk mencari support dari orang-orang yang bisa dipercaya. Anda membutuhkan dukungan dan penyemangat untuk dapat kembali mempercayai suami yang sudah berselingkuh. Oleh karena itu, sangat penting untuk menemukan orang yang tepat untuk curhat. Hindari orang-orang yang hanya ingin kepo atau justru menjadi “kompor” yang semakin memanaskan hubungan Anda dan suami.

6. Belajar Memahami Suami

Belajar Memahami Suami

Selama ini Anda merasa menjadi orang yang paling mengerti suami Anda, tapi kenyataannya tidak. Kalau Anda benar-benar memahami suami, Anda pasti tidak akan “kecolongan”, bukan? Cara mempercayai suami yang pernah selingkuh adalah berusaha menyelami perasaannya.

Bagaimana cara menyelami perasaan suami? Jadilah istri yang lebih melunak dan tidak keras. Luangkan waktu untuk mendengar keluh kesah suami. Berusahalah untuk memberikan apa yang dibutuhkan oleh suami Anda agar ia tidak mencarinya dalam diri orang lain.

7. Ingat Masa Lalu dan Buah Hati

Ingat Masa Lalu dan Buah Hati

Apa yang dapat mengembalikan kepercayaan kepada suami yang sudah mengkhianati Anda? Sudah jelas jawabannya adalah cinta dan buah hati Anda. Cinta Anda dan suami di masa lalu lah yang membuat Anda berani berkomitmen untuk menghabiskan sisa hidup bersama suami Anda sampai saat ini. Jadi, cobalah untuk mengingat betapa besar cinta Anda kepada suami.

Di samping itu, jika Anda memiliki buah hati, ingatlah bahwa buah hati Anda membutuhkan orang tua yang harmonis. Kehadiran buah hati dapat mengembalikan rasa percaya Anda kepada suami yang sudah pernah berselingkuh.

8. Memaafkan dengan Tulus dan Tidak Lagi Mengungkit

Memaafkan dengan Tulus dan Tidak Lagi Mengungkit

Bagian terbesar dalam mempertahankan hubungan pernikahan pasca perselingkuhan adalah memaafkan dengan tulus. Maaf yang tulus artinya benar-benar memaafkan dan melupakan perbuatan suami yang menyakitkan hati Anda. Jika Anda berhasil memaafkan suami dengan tulus, maka kepercayaan Anda akan pulih dengan sendirinya.

Tak hanya itu saja, Anda pun harus melupakan dan tidak lagi mengungkit tentang masalah perselingkuhannya. Mengingat-ingat kesalahan suami hanya akan menambah sesak di hati dan membuat diri susah untuk mempercayainya lagi. Kalau Anda sudah bertekad untuk kembali mempercayai suami, maka lupakan saja kesalahannya dengan ikhlas.

9. Kembalikan Keintiman Hubungan Secara Bertahap

Kembalikan Keintiman Hubungan Secara Bertahap

Perselingkuhan terkadang membuat istri enggan untuk kembali melakukan hubungan intim dengan suami. Ada perasaan “jijik” ketika mengingat pengkhianatan suami. Hal tersebut sangat normal kok. Namun, Anda harus mengembalikan keintiman hubungan secara bertahap.

Apabila Anda meragukan kesehatan suami pasca ia berselingkuh, mintalah ia untuk menjalani tes pemeriksaan penyakit menular seksual. Cara seperti ini mungkin bisa membuat Anda kembali mempercayainya lagi dan bersedia untuk merajut hubungan intim secara bertahap.

10. Komunikasi Lebih Intensif

Komunikasi Lebih Intensif

Cara mempercayai suami yang pernah selingkuh adalah dengan membangun komunikasi secara lebih intensif lagi. Bila selama ini Anda dan suami jarang membicarakan hal-hal sederhana, kini luangkan waktu untuk ngobrol setiap hari meskipun yang dibicarakan adalah hal-hal biasa yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Komunikasi yang intensif akan membuat Anda bisa kembali mempercayai suami Anda. Baik suami maupun Anda jadi lebih terbuka satu sama lain melalui komunikasi yang baik ini. Jangan lupa untuk menjadi pribadi yang lebih lembut dan luangkan waktu lebih banyak untuk mendengarkan suami Anda.

10 cara mempercayai suami yang pernah selingkuh ini hanyalah sebuah panduan bagi para istri yang merasa sulit untuk percaya kepada suami yang pernah berkhianat. Keberhasilan dari cara-cara ini tergantung dengan keikhlasan hati Anda memaafkan suami yang sudah berselingkuh. Bila Anda terpaksa harus menghadapi selingkuhan suami, cobalah baca artikel cara menghadapi selingkuhan pasangan secara elegan ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment