Bacaterus / Fitness / 10 Cara Memperbesar Otot Lengan Atas dan Bawah Secara Alami

10 Cara Memperbesar Otot Lengan Atas dan Bawah Secara Alami

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Januari 2019

Memiliki bentuk tubuh yang proposional dan juga altetis mungkin menjadi idaman banyak laki-laki. Persepsi bahwa kebanyakan wanita menyukai laki-laki dengan badan yang atletis menjadikan kaum laki-laki mulai berbondong-bondong ke tempat gym atau fitness demi mendapatkan “6 kotak cokelat” pada perut mereka. Bahkan tidak jarang sebagian dari mereka melakukan diet ketat untuk alasan ini.

Sebenarnya, untuk mendapatkan tubuh atletis dan juga gagah ini bukanlah masalah yang sulit. Jika Anda berniat dan berminat mendapatkan tubuh yang altetis ini bisa dimulai dengan melatih bagian tubuh bagian lengan. Biasanya otot yang mudah untuk dibentuk adalah otot pada bagian bisep dan juga trisep pada lengan.

Meskipun mudah namun Anda tetap harus melakukannya dengan hati-hati agar tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Ada banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk melatih otot bisep pada lengan Anda. Mulai dari yang alami hingga dengan menggunakan sistem medis atau dengan menggunakan bahan kimia.

Pada beberapa negara maju, contohnya Korea Selatan, Anda bisa mendapatkan tubuh atletis tanpa harus repot berolahraga dan berlatih. Anda hanya perlu menyuntikkan obat tertentu maka tubuh Anda bisa berubah menjadi sangat atletis dalam sekejap. Meskipun mudah namun tentu saja akan banyak resiko yang  ditimbulkan.

Untuk lebih amannya Anda dapat melakukan cara memperbesar otot lengan dengan berolah raga secara rutin. Anda beberapa jenis olah raga yang dapat Anda gunakan sebagai latihan melatih dan membesarkan otot bisep pada lengan Anda, berikut simak di artikel Bacaterus ini ya!

10 Cara Memperbesar Otot Lengan Atas dan Bawah

1. Push Up

Cara memperbesar otot lengan

Anda dapat melakukan olah raga push up dan juga angkat barbel sebagai latihan rutin. Dengan melakukan push up secara kontinu dan konsisten dapat menjadikan otot lengan Anda semakin besar dan kuat. Push up merupakan latihan paling efektif sekaligus aman untuk memperbesar otot pada lengan Anda.

Lakukanlah latihan secara rutin setelah bangun tidur dengan melakukan push up kurang lebih 20 kali. Setelah terbiasa, Anda dapat mulai menambah jumlahnya sedikit demi sedikit. Anda juga dapat membaginya ke dalam beberapa set agar lebih mudah membiasakan diri.

Gerakan push up yang menjadikan lengan sebagai tumpuan berat utama akan melatih otot di area tersebut, sehingga lama kelamaan otot bisep Anda akan semakin kuat dan membesar. Perlu diingat Anda harus melakukan gerakan push up dengan baik dan juga posisi yang tepat. Pasalnya jika Anda tidak melakukan dengan benar tidak akan ada hasil yang maksimal.

2. Chin Up

Chin up juga merupakan salah satu cara memperbesar otot lengan yang cukup efektif. Chin up merupakan suatu latihan di mana Anda bergelantungan di tempat tinggi seperti kusen pintu dengan menggunakan tangan Anda.

Anda dapat bergelantungan dengan dua cara. Yang pertama, Anda meletakkan telapak tangan menghadap ke wajah Anda. Sedangkan yang kedua adalah menempatkan telapak tangan ke arah yang sebaliknya. Lakukanlah latihan ini secara rutin dengan meningkatkan jumlah setnya setiap minggu.

3. Angkat Barbel

dumbbell

Selain dengan push up Anda juga dapat melakukan exercise ringan seperti angkat barbel dan dumbbell. Mengangkat barbel juga merupakan latihan fisik untuk melatih otot lengan Anda. Jika Anda belum  terbiasa mulailah dengan mengangkat barbel berbobot ringan. Secara bertahap terus tambah beban barbel Anda hingga lengan Anda mulai terbiasa.

Mengangkat barbel memang menjadi tips memperbesar otot lengan yang mudah. Hanya saja, Anda memang harus bersabar untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan juga sesuai dengan yang Anda inginkan. Lakukan latihan ini setiap hari secara rutin agar hasil yang Anda inginkan lebih cepat Anda dapatkan.

4. Arm Circle

Arm Circle

* sumber: id.pinterest.com

Cara lain untuk membentuk otot di bagian lengan atas dan bawah adalah dengan melakukan latihan Arm Circle. Memang gerakan Arm Circle tidak terlalu aktif seperti push up dan latihan lainnya. Namun jangan remehkan cara yang satu ini lho.

Pasalnya, gerakan Arm Circle akan melatih lengan dengan gerakan memutar seperti huruf O. Anda bisa melakukannya secara rutin. Di awal latihan mungkin akan terasa pegal, namun Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal untuk latihan ini.

5. Dumbbell Push Up

Dumbbell Push Up

* sumber: www.reddit.com

Dumbbell Push Up adalah salah satu cara agar Anda bisa memiliki otot lengan yang sehat. Untuk latian yang satu ini memadukan antara latihan dengan Dumbbell dan juga push up. Ya, memang cukup sulit untuk latihan Dumbbell Push Up.

Namun, Dumbbell Push Up ini tergolong efektif dalam membentuk otot lengan yang sehat secara alami. Anda bisa memulainya dengan memposisikan diri seperti akan melakukan push up. Kemudian, pegang Dumbbell sebagai tumpuan kedua tangan.

Lalu, Anda bisa lakukan gerakan push up. Terlihat mudah namun latihan ini cukup melelahkan. Jadi, Kami sarankan untuk melatihnya secara bertahap agar otot Anda tidak kaget.

6. Regenerade Dumbbell Row

Regenerade Dumbbell Row

* sumber: www.mensfitness.com

Berikutnya, Anda bisa latihan atau olahraga Regenerade Dumbbell Row. Latihan yang satu ini juga tidak jauh berbeda dengan Dumbbell push up. Perbedaan Regenerade Dumbbell Row dengan Dumbbell push up yakni tumpuan yang ada pada tangan.

Anda hanya perlu memposisikan diri seperti push up dengan tumpuan Dumbbell. Kemudian, satu tangan diletakkan di punggung dan satu tangannya menahan berat badan sebagai tumpuan. Lalu, bergeraklah layaknya Anda melakukan push up.

7. Bench Dips

Bench Dips

* sumber: www.gym-inspiration.com

Jika Anda memiliki bangku yang cukup kuat, maka Anda bisa menjadikan bangku tersebut sebagai media melatih otot lenganmu. Cara yang satu ini dinamakan dengan Bench Dips dimana Anda akan menumpu badan pada bangku.

Caranya mudah, Anda bisa memposisikan badan membelakangi bangku dan letakkan kedua lengan pada bangku. Kemudian, dorong badan ke bawah dan ke atas secara berulang. Mudah bukan? Lakukan latihan Bench Dips secara rutin akan membuat lengan otot semakin manly. 

8. Konsumsi Air Secukupnya

minum air putih

* sumber: www.sciencedaily.com

Selain olahraga rutin, membentuk otot lengan secara alami juga harus diriingi dengan konsumsi air secukupnya. Mengapa? Saat Anda berolahraga tentu saja akan mengeluarkan keringat berlebih. Maka dari itulah, pastikan bahwa tubuhmu tidak kekurangan cairan. Jadi, minum air secukupnya, tidak terlalu banyak namun juga tidak terlalu sedikit.

9. Makanan Berprotein

cara agar rambut cepat panjang telur

Selain dengan berbagai latihan di atas, untuk membantu proses pembentukan otot lengan dapat juga dibantu dengan mengonsumsi bahan-bahan makanan yang mengandung banyak protein. Protein dapat membantu pembentukan otot pada tubuh Anda dengan lebih cepat. Contohnya adalah dengan mengonsumsi dada ayam, susu, dan juga telur.

Kandungan protein yang sangat banyak pada telur menjadikannya banyak dikonsumsi pada atlet binaragawan dan juga mereka yang memiliki badan atletis. Untuk itu bagi Anda yang sedang dalam proses pembentukan otot juga disarankan untuk mengonsumsi telur. Selain itu dada ayam juga dapat dijadikan alternatif lain karena mengandung banyak protein juga.

Susu kedelai juga mengandung banyak protein yang dapat membantu pembentukan otot pada tubuh Anda. Susu kedelai ini lebih mudah didapatkan sekaligus lebih sehat jika dibandingkan dengan susu lainnya. Selain itu susu kedelai juga aman untuk dikonsumsi jangka panjang.

10. Konsumsi Makanan Sehat

makanan sehat untuk diet

Bukan hanya sekedar air dan protein, tubuhmu juga membutuhkan asupan gizi lainnya. Jika Anda ingin otot lengan yang sehat secara alami, maka jauhi makanan berlemak seperti junk food. Usahakan Anda mengkonsumsi makanan yang kaya akan gizi.

Misalnya, Anda bisa memakan sayuran, buah-buahan, atau kacang-kacangan. Ingat, tubuhmu juga membutuhkan karbohidrat juga, jadi makanlah makanan yang berkarbohidrat dengan kadar secukupnya dan tidak berlebihan.

Nah itulah beberapa cara memperbesar otot lengan yang dapat Anda praktekan saat ini juga. Dengan latihan dan asupan makanan tersebut, otot lengan Anda dapat terbentuk dengan alami. Yang terpenting adalah fokus dan rajin dalam melakukannya. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

3 pemikiran pada “10 Cara Memperbesar Otot Lengan Atas dan Bawah Secara Alami”

  1. Terimakasih
    Sya akan cobah saran-saran yg di atas semoga bermanfaat bagi saya TQ.

  2. bro itu konsumsi telur semuanya apa putihnya aja

Tinggalkan komentar