Bacaterus / Sepeda / 8 Cara Memilih Sepeda Gunung yang Bagus dan Berkualitas

8 Cara Memilih Sepeda Gunung yang Bagus dan Berkualitas

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 November 2019

Bersepeda adalah olahraga yang cukup digemari di Indonesia. Kita bisa memacu sepeda dengan kecepatan rendah jika ingin bersepeda santai atau kecepatan tinggi apabila ingin sedikit berolahraga. Sepeda gunung adalah jenis sepeda yang paling banyak dipakai untuk berolahraga atau bersantai. Sejatinya sepeda gunung dirancang untuk menempuh medan yang berat.

Beragam merk sepeda gunung bisa Anda temukan ketika datang ke showroom sepeda. Namun, bagaimana sebenarnya cara memilih sepeda gunung yang cocok untuk kita? Faktor apa sajakah yang harus dipertimbangkan ketika membeli sepeda gunung? Bacaterus sudah merangkum beberapa panduan untuk membeli sepeda gunung. Yuk, baca panduannya di sini.

1. Kenali jenis sepeda

Sebelum kami membahas tentang cara memilih sepeda gunung, bagi Anda yang baru pertama kali membeli sepeda pasti Anda ingin mengetahui jenis-jenis sepeda yang dijual di pasaran. Selain itu, apa perbedaan antara sepeda gunung dan jenis sepeda lainnya? Berikut adalah penjelasannya.

  • Sepeda gunung

Sepeda gunung Cara Memilih Sepeda

Sepeda gunung memiliki kerangka yang terbuat dari baja, aluminium atau komposit serat karbon (Carbon Fiber Reinforced Plastic). Selain itu, sepeda gunung juga dibekali dengan shock breaker untuk meredam goncangan saat melalui jalanan yang tidak mulus. Ban yang dipakai pada sepeda gunung merupakan ban yang dapat mencengkeram tanah dengan kuat agar tidak mudah selip atau tergelincir.

  • Road bike

Road bike

Jenis sepeda yang satu ini biasa dipakai untuk balapan di jalanan yang mulus. Bobot sepeda ini sangat ringan, bannya halus dan setangnya melengkung setengah lingkaran. Sepeda ini memang didesain agar dapat dipacu dengan kecepatan tinggi dan memudahkan pengemudinya berbelok di jalanan yang mulus.

  • BMX bike

BMX bike

Desainnya yang lebih mungil dibanding sepeda gunung dan road bike membuat sepeda BMX sering dipakai oleh anak-anak. Namun, sejatinya sepeda ini juga sering dipakai orang dewasa untuk melakukan atraksi freestyle.

  • City bike

City bike

Sesuai dengan namanya, city bike dirancang sebagai sepeda untuk dipakai menyusuri jalanan perkotaan. Bahkan, kadang-kadang sepeda ini juga dilengkapi dengan keranjang dan boncengan. Desainnya lebih sederhana dan tidak banyak fitur yang melengkapi sepeda ini.

2. Persiapkan budget sebelum ke showroom

Persiapkan budget sebelum ke showroom

Di antara jenis sepeda lainnya, sepeda gunung dan road bike adalah jenis sepeda yang cukup menguras isi dompet Anda. Meskipun ada beberapa merk sepeda gunung yang harganya murah, tapi Anda tetap harus mengutamakan kualitas sepeda tersebut, bukan?

Siapkan budget Anda sebelum berangkat ke showroom. Anda harus turut mempertimbangkan keperluan lain karena jika Anda memakai sepeda gunung untuk kompetisi atau olahraga, maka Anda tidak hanya membutuhkan sepedanya saja. Beberapa barang lain seperti pakaian, helm, sarung tangan, sepatu, dan botol minum juga harus dibeli.

3. Fulsus atau HT?

Full Suspension Bike

Bagi pecinta sepeda gunung pasti sudah akrab dengan istilah full suspension (fulsus) dan hard tail (HT). Sepeda gunung fulsus memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Sementara itu, sepeda gunung HT tidak memiliki suspensi belakang sehingga lebih ringan dan cocok bila dipacu dalam medan yang berat.

Cara memilih sepeda gunung yang pas bagi Anda adalah yang sesuai dengan kebutuhan. Jika kenyamanan dan keamanan dalam bersepeda menjadi faktor penting bagi Anda, silakan membeli sepeda gunung fulsus.

Akan tetapi, jika Anda ingin sepeda yang cepat dan presisi saat dipakai di medan berat, pilih sepeda HT. Sebelum menentukan pilihan kembali lagi pada anggaran yang Anda memiliki untuk membeli sepeda.

4. Sesuaikan dengan gaya bersepeda

Sesuaikan dengan gaya bersepeda

Tahukah Anda bahwa sepeda gunung ternyata didesain sesuai dengan gaya bersepeda masing-masing orang? Ya, sepeda gunung memang dirancang untuk berbagai gaya bersepeda dan medan. Sekarang tanyakan pada diri Anda sendiri apakah Anda senang bersepeda di alam bebas, menyusuri jalan-jalan di kota, atau balapan dengan sepeda gunung? Pastikan Anda memilih sepeda yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

Jangan terbujuk oleh rayuan penjual sepeda karena belum tentu sepeda yang mereka tawarkan sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda. Sebagai panduan bagi Anda yang pemula, berikut adalah beberapa tipe sepeda gunung dari Polygon:

  • Gravity adalah sepeda gunung yang dirancang untuk olahraga menuruni gunung (downhill) yang membutuhkan kecepatan tinggi
  • Trail merupakan sepeda gunung yang memang dirancang untuk medan offroad yang terjal dan berbatu
  • Enduro adalah sepeda gunung yang juga dirancang untuk medan offroad ekstrem, baik itu di wilayah pegunungan dan perkotaan
  • XC Race adalah sepeda gunung khusus medan crosscountry dengan frame ringan yang membutuhkan kecepatan berkendara

5. Pertimbangkan komponen, part, dan grupset

Pertimbangkan komponen, part, dan grupset

Sejatinya tidak mudah membandingkan komponen setiap sepeda gunung. Namun, cara memilih sepeda gunung terbaik adalah menyesuaikan komponen dan part yang memang benar-benar Anda butuhkan. Perlu Anda ingat bahwa pertimbangan dalam memilih sepeda gunung sesuai komponennya juga harus tergantung pada budget yang tersedia.

Pesepeda yang profesional umumnya akan memilih sepeda gunung berdasarkan komponen bergerak seperti rim, hub, rear derailleur, dan fork.

Apakah dengan membeli sepeda gunung berkomponen canggih maka Anda sudah otomatis menjadi sepeda profesional? Tidak. Kemampuan Anda dalam bersepeda lah yang akan membuat Anda menjadi profesional. Jadi, komponen terbaik tidak menjamin kepiawaian Anda dalam bersepeda.

6. Minta saran dari yang berpengalaman

Minta saran dari yang berpengalaman

Apakah Anda tergabung dalam komunitas sepeda gunung? Jika ya, tentu akan sangat mudah meminta saran dari para senior yang sudah menggeluti dunia sepeda gunung bertahun-tahun.

Mintalah panduan mengenai sepeda gunung terbaik kepada orang-orang yang berpengalaman. Sharing tentang komponen sepeda, jenis sepeda, sampai dengan merk sepeda agar Anda memiliki gambaran mengenai sepeda gunung yang akan dibeli.

7. Pilih merk yang berkualitas

Pilih merk yang berkualitas

Tidak dapat dipungkiri bahwa nama besar sebuah merk memang mempengaruhi kualitas produknya. Cara memilih sepeda gunung terbaik bisa melalui merknya. Ada sejumlah merk sepeda gunung terbaik yang bisa Anda pertimbangkan, seperti Giant, Trek, Rocky Mountain, dan masih banyak lagi.

Apakah merk-merk tersebut terlalu mahal untuk isi dompet Anda? Mungkin Anda bisa mencoba membeli merk lokal yang harganya lebih terjangkau, seperti Polygon atau Wimcycle. Walaupun merk lokal, tapi merk sepeda gunung tersebut layak untuk dipertimbangkan.

8. Coba sepeda yang hendak dibeli

Coba sepeda yang hendak dibeli

Sebagai pembeli Anda memang harus selektif dalam memilih sepeda. Beberapa toko memang memperbolehkan konsumennya untuk menjajal sepeda sebelum dibeli. Nah, untuk memilih sepeda yang handal dan nyaman, tak ada salahnya untuk mencoba dulu sepeda yang akan dibeli.

Cobalah beberapa merk atau jenis sepeda gunung agar Anda bisa menentukan mana yang terbaik. Akan tetapi, jangan lupa untuk mencoba sepeda gunung yang harganya sesuai dengan anggaran Anda agar tidak over budget.

Nah, dengan panduan cara memilih sepeda gunung terbaik ini Anda bisa membeli sepeda gunung yang memang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda. Bila Anda memiliki tips tambahan lainnya, silakan tambahkan tips Anda di kolom komentar.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *