Bacaterus / Sepatu Futsal / 10 Cara Memilih Sepatu Futsal yang Bagus dan Berkualitas

10 Cara Memilih Sepatu Futsal yang Bagus dan Berkualitas

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Agustus 2019

Siapa yang suka main futsal? Kegiatan olahraga yang seru ini biasanya digeluti pria, walaupun ada juga wanita yang menyukainya. Jika Anda rutin main futsal bersama teman-teman, atau jika Anda pemain futsal profesional, tentunya Anda harus menggunakan sepatu futsal yang kualitasnya bagus dan pas buat Anda.

Karena, jika sepatu futsal dipilih secara asal-asalan, takutnya malah tak nyaman dipakai. Parahnya, bisa saja sepatu yang tidak cocok tersebut malah melukai Anda. Jangan sampai kejadian, ya. Makanya, Bacaterus akan memberi tahu Anda 10 cara memilih sepatu futsal yang kualitasnya terbaik dan tentunya cocok buat Anda.

1. Perhatikan Bahan Sepatunya

Bahan cara memilih sepatu futsal

* sumber: www.unisportstore.com

Hal pertama yang diperhatikan dalam cara memilih sepatu futsal yang bagus adalah bahannya. Material yang biasa dipakai untuk membuat sepatu futsal ada empat, adalah kulit, kulit imitasi, karbon, dan kain. Menurut pakar sepatu, bahan sepatu futsal yang paling bagus adalah serat karbon.

Kenapa? Karena serat karbon bahannya kuat, ringan, lentur, dan sirkulasi udaranya bagus. Review pengguna sepatu futsal dari bahan serat karbon merasa nyaman dan jadi lebih lincah ketika sedang “tempur” di lapangan. Sedangkan bahan sepatu futsal yang sebaiknya dihindari adalah bahan kulit imitasi karena kurang nyaman dipakai dan lebih cepat rusak.

2. Memilih Bahan Upper

Memilih Bahan Upper

* sumber: www.futbolemotion.com

Upper atau punggung atas sepatu merupakan faktor penting selanjutnya yang harus Anda pikirkan terlebih dahulu sebelum membeli sepatu futsal. Seperti hubungan percintaan, kenyamanan merupakan hal yang perlu Anda cari dari sepatu futsal, bukannya tampilan fisik dan warna.

Makanya, ketika suatu brand sepatu olahraga mengeluarkan sepatu futsal, biasanya ditulis “upper leather” atau “upper synthetic”. Untuk kenyamanan dan kualitas tentu saja upper dari kulit asli (leather) jauh lebih baik daripada yang sintetik.

3. Desain Atas Sepatu

Desain Atas Sepatu

* sumber: www.smef-sarl.com

Setelah meneliti bahan upper, Anda juga perlu mempertimbangkan desain upper dalam cara memilih sepatu futsal. Apalagi jika Anda berada di posisi shooter, upper sepatu merupakan “tempat” untuk shooting, bukan? Pilih sepatu futsal yang bentuk upper-nya paling pas buat Anda melakukan gerakan dalam futsal.

4. Desain Belakang Sepatu

Desain Belakang Sepatu

* sumber: www.smef-sarl.com

Selain desain upper, desain bagian belakang sepatu juga penting, loh! Maksud desain belakang bukan gambar atau aksesoris, ya, tapi desain pijakannya. Tumit merupakan salah satu bagian kaki yang terpenting dalam futsal, dan tak jarang orang mengalami cedera karena kurang tepat ketika berpijak.

Maka dari itu, Anda harus punya sepatu futsal yang desain tumitnya bagus. Mulai dari kelenturan, ketebalan, hingga banyaknya lapisan yang ada di bagian tumit harus pas.

5. Jahitan dan Sol

Jahitan dan Sol

* sumber: www.kelmeoutlet.com

Cara memilih sepatu futsal yang ke-5 adalah melihat jahitan sepatunya. Pilih sepatu yang jahitannya rapi agar lebih awet. Walau Anda membeli sepatu dari merk terkenal pun tetap harus mengecek jahitannya, takutnya ada yang terlepas. Hal lainnya yang harus diperhatikan adalah sol sepatu.

Sol adalah pelapis telapak kaki. Makanya, sol harus terbuat dari bahan yang lentur, kuat, lembut, dan dapat menyerap keringat dengan baik. Pilih sepatu futsal yang solnya agak tebal supaya tidak sakit ketika Anda berpijak keras di lapangan. Sesuaikan juga sol sepatu futsal dengan jenis lapangan yang biasa Anda datangi.

Kebanyakan lapangan futsal di Indonesia kalau tidak menggunakan lantai biasa, pakai rumput sintetis. Pilihlah sepatu dengan sol yang ada pull (tonjolan)-nya jika Anda sering ke lapangan futsal dengan rumput sintetis.

6. Bentuk Kaki

Bentuk Kaki

Bentuk kaki setiap orang tidak ada yang sama. Anda harus mengenal bentuk kaki Anda sendiri lalu mencari sepatu yang paling cocok buat bentuk kaki Anda. Ada dua jenis sepatu futsal, yaitu Wide-Fit dan Slim-Fit. Kira-kira Anda lebih cocok pakai sepatu jenis yang mana?

7. Ukuran Sepatu

ukuran cara memilih sepatu futsal

* sumber: www.trendymart.in

Tidak hanya sepatu futsal, dalam memilih sepatu apa pun juga ukurannya harus pas. Tapi, ukuran pas untuk sepatu futsal bukan berarti pas sekali seperti ketika Anda membeli sepatu sneakers, ya.

Lebihkan size sepatu Anda 1 cm daripada ukuran kaki Anda yang sebenarnya, karena ketika banyak bergerak kaki akan membengkak. Makannya Anda membutuhkan ruangan lebih dalam sepatu Anda.

8. Lapangan

lapangan

*

Lapangan futsal tentunya indoor, tapi lantainya berbeda-beda. Ada yang lantai lapangannya polos (vynil, taraflex, semen, tehel) ada juga yang dari turf (rumput sintetis). Untuk lapangan turf Anda membutuhkan sepatu futsal yang ada tonjolan-tonjolan di solnya supaya cengkramannya lebih mantap dan tidak licin ketika dipakai berlari.

9. Posisi

Posisi

* sumber: theworldgame.sbs.com.au

Ada banyak posisi di permainan futsal. Anda berada di posisi apa biasanya? Cara memilih sepatu futsal berbeda-beda, sesuai posisi yang biasa Anda pegang. Jika Anda shooter, pilih sepatu yang agak ketat dan padat bagian depannya. Jika Anda passer, pilih sepatu yang solnya lebar. Jika Anda dribbler, pilih sepatu yang ringan dan lentur.

10. Budget

Budget cara memilih sepatu futsal

* sumber: www.retailnews.asia

Cara memilih sepatu futsal yang selanjutnya adalah dengan menyesuaikan budget. Banyak orang yang asal memilih sepatu karena keterbatasan budget. Akhirnya sepatu KW atau dupe menjadi pilihan. Padahal, sepatu KW kualitasnya sangat buruk dibandingkan dengan produk aslinya. Daripada membeli sepatu dupe, lebih baik Anda membeli sepatu lokal yang lebih murah tapi asli.

Nah, itu dia 10 cara memilih sepatu futsal yang bagus dan berkualitas versi Bacaterus. Semoga informasi ini dapat berguna buat Anda. Jika Anda tahu tips lainnya dalam memilih sepatu futsal, jangan lupa tinggalkan jejak di kolom komentar, ya! Ingin membeli sepatu futsal secara online? Kunjungi Bukalapak di link ini, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *