Bacaterus / Sayuran / Ini Dia Cara Memilih Sayuran yang Baik dan Masih Segar

Ini Dia Cara Memilih Sayuran yang Baik dan Masih Segar

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apakah Anda gemar berbelanja sayur-sayuran di pasar tradisional atau supermarket? Ada yang bilang jika sayuran di pasar tradisional lebih segar dibanding sayuran di supermarket. Pasalnya, kadang-kadang sayuran di supermarket masih tampak segar meskipun sudah dipajang berhari-hari di rak pendingin. Di mana pun Anda berbelanja, Anda harus memilih sayuran segar agar lebih nikmat dan bernutrisi saat dimasak.

Bagi Anda yang belum mengetahui cara memilih sayuran yang baik dan segar, Bacaterus akan memberi panduannya. Ternyata beda jenis sayuran beda juga cara memilihnya, lho. Yuk, simak panduan selengkapnya agar Anda berhasil mendapatkan sayuran segar di pasar tradisional maupun supermarket.

Cara memilih sayuran daun

Cara memilih sayuran daun Cara Memilih Sayuran yang Baik

Sayuran daun adalah jenis yang paling mudah dipilih sesuai tampilannya. Adapun contoh sayuran daun adalah kangkung, bayam, sawi, selada, dan kol. Hampir semua jenis sayuran daun berwarna hijau, meskipun ada beberapa sayuran daun yang berwarna merah.

Berikut adalah cara memilih sayuran yang baik dan segar jika Anda ingin membeli sayuran daun:

  • Warnanya segar dan tidak layu walaupun disimpan di dalam maupun luar rak pendingin. Jika warna sayur daun yang Anda pilih adalah hijau pastikan tidak ada warna kecoklatan, kekuningan, atau kehitaman pada bagian daunnya. Jika diperhatikan struktur tulang daun masih terlihat jelas
  • Bagian batang daun mudah dipatahkan tapi tidak terasa kenyal, lembek, dan berlendir
  • Tidak ada bercak hitam pada daun dan masih terlihat segar tanpa goresan hitam
  • Jika daun terlihat berlubang karena dimakan ulat atau bahkan ada ulat di sayuran tersebut itu tandanya adalah sayuran segar yang bebas pestisida

Cara memilih sayur kacang-kacangan

Cara memilih sayur kacang-kacangan

Cara memilih sayuran yang baik ternyata sangat mudah. Kali ini, kami akan mengajak Anda untuk memilih jenis sayur kacang-kacangan. Sayur berjenis kacang-kacangan ini biasa dimasak dengan cara tumis atau dimasukkan ke dalam sup. Sayur yang masuk dalam jenis kacang-kacangan adalah buncis, kacang panjang, dan kapri.

Sebagi panduan bagi Anda yang ingin membeli sayur kacang-kacangan, simak tips memilih sayur kacang-kacangan yang baik dan segar berikut ini:

  • Warnanya terlihat segar sesuai dengan warna aslinya, seperti kacang panjang berwarna hijau tua, bukan berwarna kecoklatan atau kekuningan
  • Tidak berbintik atau berlubang
  • Biji di dalamnya tidak akan terlihat jelas jika dilihat dari luar
  • Teksturnya kenyal tapi mudah dipatahkan
  • Tidak berlendir atau terasa lembek jika dipegang

Cara memilih sayuran buah

Cara memilih sayuran buah

Tahukah Anda bahwa ada jenis sayuran buah yang akrab dengan kehidupan kita sehari-hari? Sayuran buah ini berbentuk seperti buah-buahan tapi masuk ke dalam jenis sayuran. Contoh sayuran buah adalah tomat, mentimun, labu, terong, dan paprika.

Cara memiih sayuran yang baik pada jenis buah-buahan sangat mudah, berikut adalah panduannya:

  • Bentuknya utuh, tidak penyok, tidak keriput, dan tidak bolong atau cuil
  • Jika dipegang sayuran buah terasa padat dan tidak lembek
  • Pada kulit buah tidak terdapat goresan, bercak hitam, dan tidak berlendir
  • Warnanya segar sesuai dengan warna asli buahnya, seperti tomat warnanya merah segar tidak kekuningan atau kehijauan
  • Jika dibau tidak akan berbau busuk dan justru baunya masih terasa segar

Sayuran buah ini bisa dimasak, dijadikan lalapan, atau dijus menjadi minuman sehat. Jadi, Anda harus benar-benar cermat dalam memilih sayuran buah yang baik agar Anda dapat memperoleh nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam sayuran buah tersebut.

Cara memilih sayur umbi-umbian

Cara memilih sayur umbi-umbian

Ada sayuran buah, daun, dan kacang-kacangan, namun jangan lupa bahwa masih ada satu jenis sayuran lagi yaitu sayur umbi-umbian. Jenis sayur umbi-umbian ini juga cukup familiar dalam kehidupan sehari-hari dan memang sering dimanfaatkan sebagai bahan makanan. Beberapa contoh sayur jenis umbi-umbian adalah kentang, wortel, dan singkong.

Ketika berbelanja sayur umbi-umbian di pasar maupun supermarket, perhatikan beberapa tips berikut ini adalah Anda memperoleh sayuran umbi-umbian yang segar:

  • Sayur umbi tidak berlubang, tidak berlendir, tidak keriput, dan tidak terdapat goresan di kulitnya
  • Bentuknya utuh tidak penyok atau cuil
  • Warna cerah sesuai dengan warna sayuran dan di bagian kulit tidak ada bercak hitam

Cara mencuci sayuran yang benar

Cara mencuci sayuran yang benar

Selain berbagi panduan cara memilih sayuran yang baik, Bacaterus juga akan memberikan petunjuk mengenai cara mencuci sayuran yang benar. Sayuran yang baru saja dibeli harus dicuci sampai benar-benar bersih sebelum dimasak. Tujuan dari mencuci sayuran ini untuk menghilangkan kotoran, tanah, dan pestisida pada sayuran sehingga ketika dimasak sayuran jadi lebih nikmat dan higienis.

Nah, berikut ini adalah cara mencuci sayuran yang benar agar menjadi lebih higienis ketika dimasak:

  • Cuci sayuran di bawah air yang mengalir agar kotoran bisa langsung jatuh saat terkena air
  • Ketika mencuci sayuran daun, buka setiap lembaran daunnya dan gosok-gosok dengan tangan untuk menghilangkan tanah, pestisida, atau ulat yang masih melekat di bagian dalam daun
  • Batang sayuran juga harus digosok di bawah pancuran air untuk menghilangkan sisa tanahnya
  • Sediakan baskom berisi air bersih dan tuangkan sedikit sabun cair pencuci piring ke dalamnya
  • Masukkan sayuran ke dalam baskom tersebut sambil digosok-gosok kulit atau bagian daunnya
  • Angkat sayuran dan bilas sampai bersih di bawah keran air yang mengalir

Amankah menggunakan sabun cair pencuci piring saat mencuci sayuran? Jawabannya adalah aman. Sabun cair pencuci piring dapat menghilangkan sisa pestisida yang menempel pada sayuran. Pastikan Anda membilas sayuran sampai sisa sabunnya hilang sebelum Anda memasak sayuran tersebut.

Tips menyiapkan sayuran sebelum dimasak

Tips menyiapkan sayuran sebelum dimasak

Setelah sayuran segar dicuci sampai bersih, kini saatnya untuk menyiapkan sayuran tersebut sebelum dimasak. Anda harus mengupas kulitnya atau memotong sayuran tersebut. Berikut adalah tips penting yang harus Anda perhatikan dalam menyiapkan sayuran:

  • Gunakan pisau dan talenan khusus sayuran. Hindari penggunaan pisau maupun talenan yang sama dengan yang untuk memotong daging. Hal ini dilakukan untuk mencegah perpindahan bakteri dari bahan makanan lain ke sayuran yang akan dimasak
  • Tempatkan sayuran yang akan dimasak ke dalam wadah plastik yang bebas BPA dan memang dirancang khusus untuk menyimpan makanan
  • Sayuran yang sudah dicuci harus segera dimasak, jangan disimpan di dalam kulkas karena bisa cepat busuk. Jika Anda sudah membeli sayuran dan berencana memasaknya besok, simpan sayur di kulkas dalam keadaan kotor dan cucilah sayuran keesokan harinya beberapa saat sebelum dimasak

Tips dan cara memilih sayuran yang baik ini bisa mulai Anda lakukan ketika berbelanja sayuran. Di mana pun Anda berbelanja, selalu gunakan panduan berikut ini agar Anda selalu memperoleh sayuran yang segar. Jangan lupa untuk turut mencuci sayuran dengan panduan yang sudah kami berikan agar sayuran menjadi lebih higienis.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. Artikel nya sangat Bagus dan Bermanfaat sekali,
    sorta memberikan Saya akan pengetahuan tentang bagaimana cara untuk memilih sayuran yang baik lebih lagi,
    Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *