Bacaterus / Kesehatan / Olahraga / 7 Cara Memilih Raket Badminton yang Bagus dan Berkualitas

7 Cara Memilih Raket Badminton yang Bagus dan Berkualitas

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 November 2018

Bulu tangkis adalah olahraga favorit sekaligus menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia. Sejak puluhan tahun yang lalu, Indonesia selalu melahirkan atlet-atlet badminton hebat dan mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.

Sebut saja Susi Susanti, Alan Budikusuma, Taufik Hidayat, Liliyana Natsir, dan Tontowi Ahmad. Itu adalah sebagian nama-nama atlet bulu tangkis Indonesia yang pernah menjuarai berbagai kompetisi internasional.

Jika Anda ingin menjadi atlet bulu tangkis, modal awal yang harus Anda miliki adalah skill. Jika skill terus diasah, bukan suatu hal yang mustahil bila suatu hari nanti Anda akan menjadi atlet badminton Indonesia yang mengharumkan nama bangsa.

Selain memiliki skill, Anda harus menemukan raket badminton yang sesuai untuk menunjang permainan Anda. Berikut ini Bacaterus sudah merangkum cara memilih raket badminton untuk membuat permainan bulu tangkis Anda jadi semakin hebat.

7 Cara Memilih Raket Badminton

1. Spesifikasi Raket

Sebagai pemula, Anda perlu mengetahui bahwa cara memilih raket badminton yang paling utama adalah mencermati spesifikasi raket. Spesifikasi terdiri dari berat, titik keseimbangan, dan kelenturan. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai spesifikasi raket:

  • Berat Raket

Berat raket Cara Memilih Raket Badminton

Berat raket badminton ditandai dengan huruf U. Semakin banyak jumlah U-nya, maka raket tersebut semakin ringan. Berikut adalah 5 “U” pada raket badminton yang harus Anda ketahui:

  • U = 95 – 99 gram
  • 2U = 90 – 94 gram
  • 3U = 85 – 89 gram
  • 4U = 80 – 84 gram
  • 5U = 75 – 79 gram
  • Titik keseimbangan

Ada cara khusus untuk mengetahui keseimbangan raket badminton yang pas untuk Anda. Pertama, hadapkan jari telunjuk ke atas dan letakkan batang raket di atas tangan Anda. Geser raket secara perlahan sampai raket memiliki kondisi yang seimbang.

Apabila jari telunjuk Anda lebih dekat dengan kepala raket (frame) artinya Anda cocok dengan jenis raket power. Sedangkan, jika jari telunjuk lebih dekat dengan pegangan raket, pilih raket jenis control.

  • Kelenturan Raket

Kelenturan raket

Selain mencermati berat dan titik keseimbangan raket. Kita juga perlu mengetahui apakah raket yang akan dibeli memiliki batang yang lentur atau kaku. Masing-masing jenis raket memiliki keistimewaannya tersendiri. Misalnya, raket yang lentur memiliki pantulan yang bagus saat melakukan smash. Jadi, raket lentur sangat cocok bagi pemula yang baru belajar bulu tangkis.

Sementara itu, raket dengan batang yang kaku sangat bagus untuk melakukan serangan cepat. Hanya saja raket berbatang kaku ini memerlukan ayunan yang kuat dan aksi yang cepat dari pergelangan tangan Anda.

2. Gaya Bermain

Setiap orang memiliki gaya bermain bulu tangkis tersendiri. Cara memilih raket badminton juga bisa disesuaikan dengan gaya bermain Anda. Berikut adalah panduan memilih raket sesuai dengan gaya bermain:

  • Gaya Menyerang

Gaya Menyerang

Jika Anda sering bermain dengan gaya menyerang, pilih raket yang tidak terlalu fleksibel agar Anda bisa menyalurkan kekuatan kekuatan pukulan sehingga menghasilkan smash yang maksimal. Dengan gaya menyerang, jenis raket yang cocok untuk Anda adalah 2U-3U yang sedikit berat.

  • Gaya Bertahan

Gaya Bertahan

Sesuai dengan namanya, gaya bertahan ini biasanya dilakukan untuk menerima pukulan dari lawan. Anda lebih mengandalkan reli dan membalas dengan pukulan-pukulan ringan. Apabila Anda selalu bermain dengan gaya bertahan, dapat dipastikan bahwa raket yang bobotnya ringan adalah raket yang cocok untuk Anda. Pilih raket dengan bobot 4U-3U.

Di samping itu, carilah raket yang memiliki diameter grip 270 – 285 cm. Spesifikasi raket yang ringan dan ergonomis ini memudahkan Anda dalam mengayunkan pukulan ringan dan lebih gesit saat menahan serangan lawan.

  • Kombinasi Bertahan dan Menyerang

Kombinasi Bertahan dan Menyerang

Apakah Anda bermain dengan mengombinasikan gaya bertahan dan menyerang? Jika ya, Anda membutuhkan raket dengan bobot yang sedang. Raket jenis 3U adalah yang paling pas untuk Anda. Tingkat fleksibiltas raket ini tergolong sedang dan bobotnya pun tidak memberatkan Anda.

3. Handgrip (Pegangan Tangan)

Handgrip (Pegangan Tangan)

Selain bobot raket, ternyata Anda juga harus mengutamakan kenyamanan saat menggenggam raket. Handgrip bisa menjadi pertimbangan bagi Anda yang ingin membeli raket baru. Cobalah menggenggam handgrip raket baru. Jika sudah terasa pas di tangan baru putuskan untuk membeli.

Di samping itu, perhatikan juga jenis material yang melapisi handgrip. Ada yang dilapisi karet, ada pula yang dilapisi dengan handuk. Handgrip berlapis handuk memang terasa nyaman, tapi lama kelamaan bentuknya jadi semakin jelek karena bersifat menyerap keringat. Sementara itu, handgrip berbalut karet lebih fleksibel dan tidak licin.

4. Bentuk Frame (Kepala Raket)

Bentuk Frame (Kepala Raket)

Cara memilih raket badminton juga bisa dilihat dari bentuk kepala raketnya. Jika Anda perhatikan, ada 2 jenis bentuk frame raket bulu tangkis yang beredar di pasaran, satu adalah bentuk oval yang sangat konvensional, sedangkan yang lainnya berbentuk frame isometric (hampir mendekati bentuk persegi).

Frame isometric memiliki bantalan senar yang lebih luas sehingga dapat menciptakan smash yang baik. Sementara itu, kepala raket yang konvensional memiliki spot untuk melakukan smash yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan frame isometric.

5. Tingkat Pemain

Tingkat Pemain

Tak perlu membeli raket profesional yang harganya sangat mahal jika Anda adalah pemain pemula. Cukup beli raket yang murah, tapi jangan terlalu murahan agar lebih awet dipakai untuk jangka waktu panjang. Kemudian, jika Anda berada di tingkatan selanjutnya (di atas pemula), pilih raket berdasarkan gaya bermain Anda.

6. Merk Raket

Merk Raket

Tidak dapat dipungkiri bahwa merk raket badminton juga menjadi pertimbangan kita saat hendak membeli raket baru. Ada beberapa merk raket bulu tangkis yang terkenal di Indonesia, seperti Yonex, Adidas, Wilson, Victor, Li Ning, Apacs, dan masih banyak lagi.

Setiap merk raket menyediakan jenis raket yang berbeda-beda. Jadi, sebaiknya Anda survey terlebih dahulu mengenai merk-merk raket badminton terbaik yang menyediakan jenis raket yang Anda butuhkan. Beberapa merk ternama seperti Yonex, Adidas, dan Wilson tentu saja memberikan jaminan daya tahan yang lebih kuat dibanding raket yang tidak bermerk.

7. Harga

Harga

Terakhir, sebelum membeli raket Anda harus mempertimbangkan harga raket yang akan dibeli. Raket yang mahal belum tentu sesuai dengan kenyamanan dan gaya bermain Anda. Sesuaikan saja budget Anda sebelum membeli raket. Jika budget tidak cukup untuk membeli raket bermerk, sebaiknya pilih raket dengan harga yang lebih murah.

Agar Anda tidak menyesal setelah membeli raket, sebaiknya coba raket saat berada di tempat. Cobalah mengayunkan raket dengan berbagai gaya. Jika memungkinkan pinjam shuttlecock dan coba raket untuk melakukan smash. Bila raket terasa nyaman saat dicoba, baru putuskan untuk membeli raket tersebut.

Cara memilih raket badminton di atas berlaku untuk para pemula yang ingin membeli raket baru. Usahakan untuk membeli raket langsung ke tokonya (bukan melalui situs belanja online), agar Anda bisa mencoba langsung raket tersebut.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

4 Comments

  1. Edri 26 September 2018 at 04:54 - Reply

    Sangat bermanfaat sekali infonya buat para pecinta olahraga badminton, ternyata jenis raket menentukan juga dalam gaya permainan yaa 👍

    • Bacaterus 28 Oktober 2018 at 16:36 - Reply

      Terima kasih.

  2. mujahit 28 November 2018 at 21:11 - Reply

    Terimah kasih banyak ats informasinya yang lebih spesifik,ini baru ak mengerti tipe raket yang jelas dan singkat

    • Bacaterus 28 November 2018 at 22:47 - Reply

      Sama-sama. Semoga bermanfaat.

Leave A Comment