Bacaterus / Serba Serbi / Tanaman / Inilah 5 Cara Memilih Mangga yang Manis dan Sudah Matang

Inilah 5 Cara Memilih Mangga yang Manis dan Sudah Matang

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 November 2018

Memilih buah mangga yang manis agak gampang-gampang susah. Pasalnya, mangga dengan tampilan luar yang terlihat ranum, kulit berwarna jingga, dan tekstur kulitnya mulus belum tentu menjamin bahwa mangga tersebut memiliki rasa yang manis. Anda harus melakukan beberapa “penelitian” terlebih dahulu untuk memastikan bahwa mangga tersebut memang benar-benar manis.

Agar tidak salah pilih buah mangga, Bacaterus akan berbagi cara memilih mangga yang manis. Jadi, sebelum membeli mangga tersebut, sebaiknya Anda melakukan pengecekan terlebih dahulu berdasarkan panduan yang akan kami berikan berikut ini.

5 Cara Memilih Mangga yang Manis

1. Cek Batang Buah

Cek Batang Buah Cara Memilih Mangga yang Manis

* sumber: netz.id

Cara memilih mangga yang manis sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu mengecek bagian batang buah mangga tersebut. Jika tidak ada batangnya, Anda masih bisa mengecek di bagian bekas batangnya.

Ciri mangga yang sudah matang di pohon adalah terdapat sedikit getah di bagian batangnya. Sementara, jika mangga belum matang dari pohon, batangnya tampak seperti digunting secara manual. Di samping itu, mangga yang masih belum masak akan mengeluarkan banyak getah di sekitar batangnya.

Jadi, cobalah lebih cermat untuk mengecek bagian batang buah mangga ini. Mangga yang matang di pohon tentu memiliki rasa yang lebih manis dibanding mangga yang sudah dipanen sebelum matang.

2. Perhatikan Tampilan Mangga

Perhatikan Tampilan Mangga

Mangga yang manis dan matang memiliki tampilan bola rugbi. Ciri-ciri mangga yang pasti memiliki rasa yang manis bisa dilihat dari bagian atasnya (yang dekat batang). Pada umumnya, mangga manis bentuknya bulat di bagian atas. Sementara mangga yang bentuknya gepeng dan lancip umumnya tidak memiliki rasa yang terlalu manis.

Selain dari bentuknya, cara memilih mangga yang manis juga bisa dilihat dari tekstur kulitnya. Mangga yang manis dan matang biasanya memiliki titik-titik atau bercak cokelat. Jadi, jangan khawatir jika kulit mangga tidak terlihat mulus karena mangga yang manis pun terkadang kulit luarnya tidak terlihat cantik.

3. Sentuh Seluruh Kulit Mangga

Sentuh Seluruh Kulit Mangga

Kali ini, Anda harus mengerahkan indra peraba Anda untuk merasakan tekstur kulit mangga. Ya, dalam memilih mangga Anda harus menyentuh seluruh kulit mangga. Salah satu ciri mangga yang manis dan sudah matang adalah teksturnya empuk jika disentuh dengan jari. Kulit mangga akan masuk ke dalam jika di tekan tapi tidak sampai melubangi bagian kulitnya.

Jangan memilih mangga yang keriput karena umumnya mangga tersebut sudah hampir busuk alias tidak matang lagi. Akan tetapi, ada juga varietas mangga yang justru dagingnya belum matang meskipun kulitnya tampak keriput dan sangat lembek, yakni Mangga Ataulfo.

4. Hirup Aroma Mangga di Dekat Tangkai

Hirup Aroma Mangga di Dekat Tangkai

Cara memilih mangga yang manis memang harus mengerahkan seluruh panca indra yang kita miliki. Setelah menggunakan indra peraba dan penglihatan, kini saatnya menggunakan indra penciuman Anda. Mangga yang manis dapat dideteksi dari aromanya, lho.

Sekedar informasi, buah-buahan yang manis pasti mengeluarkan aroma harum yang khas. Untuk mangga, biasanya mangga yang matang dan manis ini mengeluarkan aroma yang berbau seperti melon. Namun, jika kita menghirup dalam-dalam terkadang mangga manis juga menebarkan aroma nanas dan wortel.

Bagian yang mengeluarkan aroma yang kuat biasanya berada di ujung tangkainya. Dekatkan bagian tangkai mangga ini ke hidung agar Anda bisa menghirup dalam-dalam aroma mangga untuk mengetahui tingkat kematangannya.

Apabila mangga yang Anda cium beraroma asam atau seperti alkohol, itu tandanya mangga sudah nyaris membusuk. Hal tersebut disebabkan karena mangga mengandung gula yang cukup tinggi sehingga buah ini akan mengalami proses fermentasi alami yang menyebabkan bau kecut atau alkohol.

5. Warna Tidak Menjamin Rasanya

Warna Tidak Menjamin Rasanya

Ada yang berpendapat bahwa mangga yang manis kulitnya pasti berwarna hijau pekat. Namun, ada juga opini bahwa mangga manis seharusnya memiliki kulit luar yang berwarna kuning terang atau kemerahan. Lantas, manakah panduan warna yang tepat untuk mendeteksi rasa manis mangga dari kulitnya?

Warna kulit mangga tidak menjamin rasa manis daging buahnya. Beda varietas mangga, beda pula cara membedakan kematangan dari warna kulitnya. Jadi, alangkah lebih baik jika Anda mengenal setiap perbedaan varietas mangga terlebih dahulu. Hindari mendeteksi rasa manis mangga dari tampilan warnanya karena cara tersebut tidak terlalu akurat.

Tips Memanen Mangga yang Manis

5 cara memilih mangga yang manis sudah kami bagikan kepada Anda. Cara tersebut bisa Anda lakukan ketika hendak membeli mangga di pasaran. Namun, bagaimana jika Anda memiliki pohon mangga sendiri dan ingin mengetahui waktu panen yang tepat agar rasanya tidak mengecewakan?

Bacaterus akan memberikan tips memanen mangga yang manis langsung dari pohonnya. Yuk, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

  • Panen Mangga 100-150 Hari Setelah Pohon Berbunga
Panen Mangga 100-150 Setelah Pohon Berbunga

* sumber: petanitop.blogspot.com

Untuk memanen mangga yang manis, Anda harus memperhatikan waktu pohon mangga tersebut berbunga. Setiap bunga yang tumbuh pada pohon mangga Anda akan menghasilkan buah. Ketika buah-buahan berwarna hijau gelap mulai bermunculan, maka buah tersebut akan terbentuk semakin besar dalam waktu tiga bulan ke depan.

Jadi, mulailah rutin memeriksa pohon mangga di hari ke-90 setelah pohonnya berbunga. Dalam waktu 100-150 hari setelah pohon berbunga, maka mangga tersebut sudah masak pohon dan siap untuk dipanen.

  • Perhatikan Perubahan Warna Mangga
Perhatikan Perubahan Warna Mangga

* sumber: bobisanjaya.wordpress.com

Salah satu tips untuk memastikan bahwa mangga yang Anda panen sudah matang dan manis adalah memperhatikan perubahan warna kulit mangga di hari ke-90 setelah pohonnya berbunga. Apalagi jika ada beberapa buah yang sudah mulai jatuh ke tanah, itu artinya dalam waktu beberapa hari mangga sudah matang dan siap untuk dipetik.

Perlu Anda ketahui bahwa mangga yang masak di pohon memiliki rasa yang lebih manis dan enak dibanding mangga yang berusaha dimatangkan sendiri.

  • Goyangkan Pohon Mangga

Goyangkan Pohon Mangga

Ketika buah-buah mangga sudah matang di pohon, maka buahnya dapat jatuh dengan mudah ketika pohonnya digoncang. Nah, Anda bisa menggoncang pohon mangga untuk memanen mangga yang sudah masak pohon. Saat pohonnya digoyang, buah-buah yang sudah matang akan jatuh dengan sendirinya. Tak perlu menunggu buahnya jatuh ke tanah, dengan cara ini Anda bisa langsung memanen mangga yang sudah masak.

Itulah beberapa tips untuk mendapatkan mangga yang manis dan matang jika Anda memiliki pohonnya sendiri. Ketika mangga masih menggantung di pohon, Anda tidak bisa menggunakan 5 cara memilih mangga yang manis yang sudah kami bahas sebelumnya. Jadi, pastikan Anda mencermati tips memanen mangga yang kami berikan ini sebagai gantinya.

Terkadang kita membeli mangga yang belum matang. Tentu saja mangga mentah memiliki rasa yang kecut dan tidak bisa dinikmati dengan nyaman. Apabila Anda memperoleh mangga yang belum matang, Anda bisa mematangkan mangga tersebut kok meskipun rasanya akan berbeda dengan mangga yang sudah matang di pohon. Cek artikel cara mematangkan mangga secara cepat dan alami ini untuk membuat mangga mentah jadi memiliki rasa yang manis.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment