bacaterus web banner retina

9 Cara Memilih Magic Com dan Rice Cooker yang Bagus

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 10 Agustus 2021

Mana yang lebih sering Anda gunakan, magic com atau rice cooker? Kedua alat ini memang berfungsi untuk memasak dan menghangatkan nasi. Namun, magic com diklaim memiliki lebih banyak fungsi dibanding rice cooker. Jika ingin mengganti magic com atau rice cooker lama dengan yang baru, sebaiknya pertimbangkan beberapa hal saat memilih yang terbaik.

Bacaterus memiliki panduan cara memilih magic com dan rice cooker yang bagus untuk memenuhi kebutuhan Anda. Tidak hanya sekedar murah, Anda juga harus memilih magic com atau rice cooker yang sehat dan hemat listrik. Jadi, mari baca panduan saat memilih magic com dan rice cook berikut ini.

1. Magic com atau rice cooker?

Magic com atau rice cooker Cara Memilih Magic Com dan Rice Cooker

Cara memilih magic com dan rice cooker diawali dengan menentukan alat penanak nasi yang sesuai kebutuhan Anda. Sebagaimana namanya, rice cooker hanya dirancang untuk menanak nasi dan menghangatkan nasi. Namun, dewasa ini rice cooker juga bisa dipakai untuk menghangatkan makanan.

Sementara itu, magic com adalah alat penanak nasi yang lebih canggih. Selain dapat memasak dan menanak nasi, magic com juga bisa dipakai untuk mengukus, menghangatkan, membuat bubur, dan membuat aneka masakan lainnya. Nah, dari kedua jenis alat penanak nasi modern ini, manakah yang paling benar-benar Anda butuhkan?

2. Tentukan kapasitas yang dibutuhkan

Tentukan kapasitas yang dibutuhkan

Setiap magic com maupun rice cooker memiliki kapasitas tersendiri. Semakin besar kapasitas alat penanak nasi, maka semakin mahal pula harganya. Kami menyarankan Anda untuk mempertimbangkan kapasitas magic com atau rice cooker yang akan dibeli.

Jika sehari-hari Anda hanya menanak nasi untuk diri sendiri, maka pilih yang kapasitasnya paling kecil. Akan tetapi, jika dalam sehari Anda harus menanak nasi untuk banyak orang, pilihlah magic com atau rice cooker dengan kapasitas yang jumbo.

Kapasitas juga mempengaruhi konsumsi daya listrik yang dibutuhkan. Jadi, jika ingin menggunakan magic com atau rice cooker yang hemat listrik sebaiknya tentukan dulu kapasitasnya sebelum membeli.

3. Fitur yang bermanfaat

Fitur yang bermanfaat

Magic com atau rice cooker yang dijual di pasaran saat ini sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang mumpuni. Misalnya, ada fitur delay timer logic smart, slow cook, quick cook, sampai dengan keep warm. Dari semua fitur yang ditawarkan untuk berbagai jenis magic com dan rice cooker, manakah fitur yang paling Anda butuhkan.

Jangan tergiur untuk membeli magic com dan rice cooker dengan fitur-fitur yang canggih tapi Anda sendiri jarang menggunakan fitur-fitur tersebut. Selain mahal, magic com dan rice cooker juga jaring kurang bermanfaat karena Anda tidak menggunakan fitur-fiturnya secara efisiensi.

4. Memberikan kemudahan

Memberikan kemudahan

Apa tujuan Anda membeli magic com atau rice cooker? Tentu saja untuk memperoleh kemudahan dalam menanak nasi. Ya, cara memilih magic com dan rice cooker yang bagus adalah mencari yang paling mudah dioperasikan.

Pilih magic com yang hanya memiliki satu tombol panel serbaguna. Tombol ini bisa dipakai untuk menanak nasi, menghangatkan nasi, atau mengukus makanan. Alat penanak nasi dengan tombol yang terlalu banyak justru akan memusingkan penggunanya. Jadi, untuk apa pilih yang ribet jika Anda bisa memperoleh magic com atau rice cooker yang mudah dioperasikan?

5. Terbuat dari bahan yang aman

Terbuat dari bahan yang aman

Anda pasti mendengar isu bahwa ada panci magic com yang dilapisi dengan bahan kimia berbahaya agar tidak lengket. Yang mengerikan, bahan kimia yang melapisi panci magic com itu katanya bisa meningkatkan risiko kanker. Lantas, bagaimana cara memilih magic com dan rice cooker yang sehat dan aman? Pilih produk yang sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI).

Selain itu, sangat penting untuk memilih alat penanak nasi yang sudah mengantongi sertifikat laboratorium bahwa pancinya tidak mengandung Perfluorooctanoic Acid (PFOA). Jadi, jangan mudah tertarik pada magic com atau rice cooker anti lengket sebelum Anda memastikan bahwa alat penanak nasi tersebut terbuat dari material yang aman bagi kesehatan.

6. Daya tahan yang bagus

Daya tahan yang bagus

Sebelum membeli magic com atau rice cooker, tidak ada salahnya jika Anda melakukan survey untuk menemukan alat penanak nasi yang memiliki daya tahan yang bagus. Tanyakan kepada tetangga, saudara, dan teman mengenai merk magic com atau rice cooker yang mereka gunakan.

Jangan lupa untuk turut menanyakan lama penggunaan dan keawetan dari merk yang mereka gunakan. Ingat, harga murah tidak menjamin bahwa produk tersebut awet dan tahan lama. Harga yang mahal juga tidak memberikan jaminan bahwa magic com dan rice cooker tersebut tidak mudah rusak.

7. Sesuaikan dengan budget Anda

uang rupiah

Hitung terlebih dahulu budget yang Anda sediakan untuk membeli magic com atau rice cooker. Jika Anda sudah mengetahui dana yang tersedia, tentu saja Anda akan lebih mudah mencari alat penanak nasi yang harganya sesuai dengan budget. Selanjutnya, tentukan beberapa jenis magic com atau rice cooker dari beberapa merk yang harganya sesuai dengan dana Anda.

Setelah itu, mulailah melakukan seleksi satu persatu agar Anda bisa membawa pulang alat penanak nasi yang terbaik. Cara memilih magic com dan rice cooker yang sesuai budget ini banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Hal ini dilakukan untuk mencegah over budget saat membeli alat penanak nasi baru.

8. Pertimbangkan merk yang bagus

Pertimbangkan merk yang bagus

Merk memang menjamin kualitas suatu produk. Jika saat ini Anda sudah tahu merk rice cooker dan magic com yang bagus, tentu akan sangat mudah untuk segera menentukan pilihan. Anda hanya perlu menyebutkan merk yang Anda inginkan, lalu cari tipe magic com atau rice cooker yang fitur dan harganya memang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Beberapa merk magic com dan rice cooker terbaik yang banyak dijual di Indonesia antara lain adalah Miyako, Cosmos, Philips, Yong Ma, Sanken, dan masih banyak lagi. Walaupun sejumlah merk tersebut adalah merk terkenal, tetapi merk-merk itu juga menyediakan alat penanak nasi dengan harga terjangkau.

9. Beli di toko yang terpercaya

Beli di toko yang terpercaya

Saatnya membeli magic com atau rice cooker baru! Untuk memastikan keaslian dan kualitas alat penanak nasi yang akan dibeli, alangkah baiknya jika Anda memilih toko yang terpercaya. Bagi pemula sangat disarankan untuk membeli di tokonya langsung agar bisa mencermati barangnya sebelum dibeli.

Walaupun saat ini sudah banyak situs belanja online yang menjual magic com dan rice cooker, tapi tentu saja akan terasa lebih nyaman jika Anda langsung melihat dan memilih barangnya di tempat.

Panduan cara memilih magic com dan rice cooker ini sangat bermanfaat bagi pemula yang baru akan membeli alat penanak nasi. Namun, bagi Anda yang sudah memiliki pengalaman membeli magic com atau rice cooker sebelumnya, cara ini juga bisa membantu Anda untuk menemukan alat penanak nasi yang lebih bagus dari sebelumnya.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram