Bacaterus / Durian / 10 Cara Memilih Durian yang Matang dan Paling Enak

10 Cara Memilih Durian yang Matang dan Paling Enak

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berbahagialah Anda yang menyukai durian karena buah yang satu ini dapat tumbuh dengan subur di Indonesia. Tidak perlu nyebrang ke Thailand untuk mencicipi buah durian yang enak karena di negeri kita sendiri sudah banyak wilayah-wilayah penghasil durian yang legit dan nikmat. Di musim durian yang biasanya jatuh pada bulan September – Februari kita bisa menemukan pedagang durian dengan sangat mudah.

Di mana pun Anda membeli durian, baik di pedagang kaki lima maupun supermarket, Anda harus mengetahui ciri-ciri durian matang dan enak. Pasalnya, meskipun Anda membeli durian paling enak di dunia tapi isinya masih mentah, tentu rasanya tidak akan enak. Jika Anda belum tahu cara memilih durian yang paling enak dan matang, simak panduannya dari Bacaterus berikut ini.

10 Cara Memilih Durian yang Paling Enak dan Matang

1. Warna durian tidaklah penting

Warna durian tidaklah penting

Cara memilih durian yang pertama kali kami sarankan adalah abaikan warna buah durian. Warna durian tidak berpengaruh terhadap kelezatan isinya. Ada 3 warna durian yang biasa kita temui, yakni hijau, kuning, dan coklat.

Mungkin Anda berpikir bahwa durian berkulit hijau memiliki isi yang belum matang, sedangkan yang warna coklat sudah sangat matang. Namun percayalah bahwa warna kulit durian tidak mempengaruhi kualitas daging buahnya. Ada durian berkulit hijau yang memiliki daging buah yang sudah matang dan manis.

2. Pilih durian yang bulat

Pilih durian yang bulat

Pernahkah Anda memperhatikan bentuk durian yang banyak dijual di Indonesia? Bila diperhatikan dengan seksama, tidak semua durian berbentuk bulat, lho. Ada juga buah durian yang berbentuk lonjong.

Akan tetapi, jika Anda ingin memperoleh buah durian isi kuning dengan jumlah yang lebih banyak, maka pilih durian yang bentuknya bulat. Menurut para pedagang durian, buah yang bentuknya lonjong memiliki daging yang lebih sedikit dibanding buah yang berbentuk bulat.

3. Perhatikan tangkai durian yang dipilih

Perhatikan tangkai durian yang dipilih

Sebagian orang memilih buah durian berdasarkan warna, ukuran, dan aromanya saja. Padahal, ada tips jitu untuk mendapatkan buah durian dengan daging yang tebal dan banyak. Durian dengan tangkai yang tebal dan pendek menunjukkan bahwa isi buah tersebut banyak dan tebal.

Sementara itu, durian bertangkai ramping dan panjang merupakan petunjuk bahwa buah durian tersebut memiliki daging yang sedikit dan tidak terlalu tebal. Jadi, mulai sekarang cobalah memperhatikan tangkai durian yang akan Anda beli jika ingin menyantap daging buah durian yang lebih tebal.

4. Cium aroma durian

Cium aroma durian

Yang satu ini adalah cara memilih durian yang sudah dilakukan oleh hampir setiap pembeli. Memang benar jika aroma durian menentukan kualitas daging durian. Durian dengan aroma yang harum umumnya memiliki daging yang kuning dan manis.

Tidak perlu membelah durian jika ingin mencium aroma tersebut. Cukup angkat buah durian, lalu dekatkan ke hidung Anda. Durian dengan kualitas terbaik akan menebarkan aroma harum yang sangat khas meskipun belum dibelah atau disayat kulitnya.

5. Cermati bentuk durinya

Cermati bentuk durinya

Untuk mendapatkan durian yang paling enak dan matang, Anda juga bisa mencermati bentuk durinya, lho. Dari bentuk duri buah ini kita juga bisa mendapatkan durian yang dengan daging yang manis dan banyak.

Bagi Anda yang ingin membeli durian, sebaiknya pilih durian yang memiliki duri pendek dan jarang. Pasalnya, durian dengan duri yang pendek dan jarang memiliki buah yang banyak dengan rasa yang lebih manis. Sebaliknya, jika Anda mendapatkan durian dengan duri panjang dan rapat, maka siap-siap saja Anda mendapatkan buah dengan daging yang sedikit.

6. Pertimbangkan memilih durian yang ringan

Pertimbangkan memilih durian yang ringan

“Semakin berat buah durian, mungkin akan semakin banyak isinya” Beberapa orang awam tentu akan berpikir seperti ini dan memilih buah durian dengan bobot yang lebih berat. Harapannya bisa mendapat buah dengan daging yang lebih melimpah.

Sayangnya, cara memilih durian yang tepat justru adalah memilih buah yang ringan. Pasalnya, semakin berat buah durian maka itu menunjukkan bahwa biji buahnya sangat besar. Semakin besar biji buahnya, tentu saja daging buahnya juga menjadi lebih tipis. Jadi, jika ingin mendapatkan durian dengan daging yang banyak, carilah buah durian dengan bobot yang paling ringan.

7. Ketuk-ketuk buah durian

Ketuk-ketuk buah durian

Ciri-ciri durian matang bisa diketahui ketika Anda mengetuk buah durian tersebut. Mintalah penjual untuk mengetuk buah dengan pisau. Ketika buah diketuk, Anda harus mengerahkan indra pendengaran untuk mencermati bunyinya.

Durian yang belum matang akan berbunyi nyaring, seperti “plek-plek” jika diketuk. Akan tetapi, jika durian yang Anda pilih sudah matang maka bunyinya akan terdengar sedikit berat dan teredam, seperti “bluk-bluk”.

8. Jangan membeli durian yang sudah terbuka

Jangan membeli durian yang sudah terbuka

Banyak orang yang tidak memperhatikan cara memilih durian yang benar dan cenderung membeli durian yang sudah terbuka kulitnya. Mereka berpikir bahwa membeli durian yang sudah terbuka agar dapat melihat warna dagingnya.

Mungkin Anda bisa mendapatkan durian berwarna kuning jika membeli buah yang kulitnya sudah terbuka, tetapi percayalah bahwa rasa dagingnya tidak semanis durian yang kulitnya masih tertutup rapat.

Ketika kulit durian sudah terbuka, maka daging di dalamnya akan terkena angin terus menerus. Hal ini dapat menyebabkan rasa daging durian menjadi hambar. Sebaiknya, pertimbangkan untuk membeli durian yang masih tertutup rapat.

9. Beli durian di musim tertentu

Beli durian di musim tertentu cara memilih durian

Seperti yang kami informasikan di awal tulisan, musim durian berlangsung pada bulan September – Februari. Sayangnya, di Indonesia musim hujan berawal pada bulan November. Durian yang dipanen pada saat musim hujan umumnya memiliki daging buah yang tidak terlalu manis.

Apabila Anda ingin mendapatkan durian dengan daging yang manis dan legit, beli durian saat musim kemarau, yakni September – Oktober. Durian adalah buah yang tetap dijual meskipun tidak saat musimnya, jadi Anda bisa membeli durian pada musim kemarau meskipun tidak banyak pedagang atau supermarket yang menjual durian jika tidak pada musimnya.

10. Jangan ragu meminta tester

Jangan ragu meminta tester

Dewasa ini, sudah banyak pedagang durian yang bersedia memberikan tester kepada calon pembelinya. Untuk mengetahui kualitas daging durian yang ditawarkan oleh penjual tersebut, jangan ragu untuk meminta tester. Dengan mencoba langsung daging durian yang ditawarkan penjual, maka Anda bisa mengetahui kualitas durian yang dijajakan tersebut.

Namun, Anda juga harus waspada karena saat ini banyak penjual durian yang curang dengan memberi tester buah durian terbaik, tetapi durian-durian lain yang dijajakan tidak memiliki kualitas sebaik testernya. Mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk makan durian langsung di tempatnya agar Anda dapat komplain kepada si penjual jika mendapatkan buah yang tidak sebaik testernya.

Itulah cara memilih durian yang paling enak dan matang dari Bacaterus. Anda dapat menggunakan cara-cara di atas sebelum membeli durian di pedagang kaki lima atau supermarket.

Durian adalah buah yang sangat familiar di Indonesia. Saking banyaknya penggemar buah ini, di Wonosalam, Jombang, Jawa Timur dibuat Kampung Durian untuk menarik wisatawan dari luar kota. Saat sedang ada festival, Anda bisa menikmati durian gratis di Kampung Durian ini, lho.

Nah, untuk Anda yang sudah terlanjur membeli durian yang belum matang, bisa baca artikel Cara Mematangkan Durian dengan cepat dan mudah ini. Semoga tipsnya membantu, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

7 Responses

  1. terimakasi tips nya berhasil gan…

    1. Sama-sama. Terima kasih sudah mengunjungi website Bacaterus.com. ?

  2. Bagus Banget artikelnya gan

  3. biasanya durian yang bagus bentuknya oval ,bukan bulat . Tangkai yang besar dan pendek menunjukkan kulitnya tebal ,karenanya daging buah sedikit . duri yang pendek dan besar juga menunjukkan kulit buah yang tebal .

  4. Buah kesukaan, kadang aku suka zonk kalo beli 🙁

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *