Bacaterus / Juicer / Cara Memilih Blender yang Bagus dengan 10 Tips Berikut

Cara Memilih Blender yang Bagus dengan 10 Tips Berikut

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ketika kamu memutuskan untuk membeli blender, bagaimana kamu menentukan blender mana yang bagus? Apakah kamu akan membawa biji-bijian utuh atau bahan makanan penutup dan krim smoothie untuk mengetes blender? Mengetahui fitur penting blender sebelum membelinya dapat membantumu memilih blender yang tepat.

Yang kamu butuhkan adalah blender yang memungkinkanmu untuk bereksperimen dengan sayuran dan buah-buahan yang lezat, memiliki kecepatan pencampuran yang berbeda dan mampu menghancurkan es sehingga kamu bisa membuat minuman slushie yang segar. Supaya tidak salah pilih ketika membeli blender, berikut ada petunjuk cara memilih blender yang bagus. Simak, ya.

1. Pertimbangkan Ukuran

Pertimbangkan Ukuran

* sumber: www.seriouseats.com

Ukuran blender bisa bervariasi mulai dari 3 sampai 14 cup. Penting untuk memilih ukuran yang tepat. Jika kamu mengkhawatirkan mengenai ruang penyimpanan, mungkin ini ide yang baik untuk memilih blender single serve yang kompak.

Bagi kamu yang senang untuk melakukan persiapan untuk memasak di awal atau sering memasak untuk keluarga besar ataupun tema-teman, ada baiknya untuk memilih ukuran blender yang lebih besar. Dengan demikian kamu bisa menghancurkan bahan-bahan dalam jumlah yang banyak.

2. Pilih Jenis Blender

Pilih Jenis Blender

* sumber: productshideout.com

Terdapat beragam jenis blender yang dijual di pasaran. Beberapa dari blender itu mempunyai fungsi dasar sementara jenis yang lain dapat memproses bahan yang keras atau memasak sup. Jar merupakan jenis blender paling populer dengan fitur, kapasitas, juga harga bervariasi.

Ada juga blender multifungsi. Jenis blender ini lebih fleksibel tapi mahal. Blender tangan atau blender stick biasanya memiliki fitur untuk pembuatan puree, pencampuran, dan pengadukan, kecuali jika dijual dengan tambahan alat perajang atau desain pisau yang khusus.

Umumnya sebagian besar blender tangan merupakan blender listrik, tapi ada juga model nirkabel sehingga menambah tingkat kenyamanan alat dapur tersebut. Blender pribadi memiliki berbagai fungsi. Jadi, pastikan pilih jenis blender yang cocok dengan pekerjaan yang akan kamu lakukan.

3. Pikirkan tentang Kecepatan dan Kekuatan

Pikirkan tentang Kecepatan dan Kekuatan

* sumber: www.tunisianet.com.tn

Tidak semua rumah tangga memerlukan blender dengan fitur yang banyak. Terkadang mesin yang sederhana tapi kuat kadang-kadang bisa menjadi pilihan yang terbaik. Namun, ada juga blender yang bisa dipakai untuk tugas-tugas rumit, seperti menggiling daging dan menghancurkan es..

Untuk kecepatan, pastikan cari blender dengan pengaturan kecepatan antara 3 dan 10. Kurang dari tiga tidak akan memberikanmu kontrol yang cukup dan pengaturan kecepatan yang lebih dari 10 tidak diperlukan. Penting bagi blender untuk memiliki tombol pulse.

4. Memilih Jenis Tabung Blender

Memilih Jenis Tabung Blender

* sumber: www.seneca-river-trading.com

Ketika memikirkan ukuran tabung blender yang tepat, kamu akan juga memikirkan tentang jenis tabung blender yang bagus. Ada banyak jenis bahan tabung blender termasuk kaca, plastik juga stainless steel. Tabung blender plastik adalah jenis tabung yang umum digunakan dibanding kaca atau stainless steel.

Tabung plastik lebih nyaman, ringan, dan portabel daripada keduanya. Selain itu, plastik lebih praktis dan bebas bahaya jika dibawa bepergian. Namun, bahan ini lebih rentan terhadap goresan dan penyok daripada kaca atau stainless steel. Plastik juga tak bisa digunakan untuk bahan yang keras, seperti es.

Tabung kaca lebih kuat dan lebih jernih dibanding tabung plastik. Bahkan mudah dibersihkan tanpa berubah warna. Hanya saja jika jatuh tabung mudah pecah. Stainless steel lebih kuat dan tahan lama dibandingkan kaca dan plastik. Namun sayang blender stainless steel kurang transparan.

5. Jenis Pisau Blender

Jenis Pisau Blender

Komponen paling penting dari blender yaitu bilahnya atau pisaunya. Bagian tersebut melakukan pekerjaan memecah bahan menjadi potongan sangat kecil agar makanan bisa dikonsumsi dengan baik. Setelah bahan tabung, memilih jenis pisau blender yang tepat juga merupakan hal yang penting.

Kebanyakan pisau blender terbuat dari stainless steel untuk ketajaman dan kinerja yang lebih baik. Cara yang tepat untuk menemukan pisau yang tahan lama dan akurat adalah dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti frame dan desain.

Pisau bermutu tinggi memiliki ketahanan korosi yang lebih baik daripada pisau bermutu rendah. Penting untuk memperhatikan desain pisau dan jumlah pisau yang dimiliki blender. Apakah blender memiliki dua pisau datar yang menekuk ke atas di ujung atau tersusun seperti bunga dengan ujung tumpul.

Membeli blender dengan pisau yang dapat dilepas selalu baik agar dapat dibersihkan dan disimpan dengan lebih baik. Hal ini akan mencegah pisau blender dari menyimpan kelembaban terlalu banyak setelah digunakan.

6. Kontrol Blender

Kontrol Blender

* sumber: improb.com

Kontrol blender hadir dalam berbagai pilihan. Beberapa blender mahal kelas komersial yang kuat akan mempunyai lebih banyak fungsi kontrol seperti smoothie, liquefy, campuran dan fungsi lain yang dapat diprogram yang mungkin tidak kamu gunakan.

Jika kamu pikir kamu tidak terlalu memerlukan fungsi kontrol blender yang lain dan anggaran untuk membeli blender terbatas, hanya perlu untuk membuat jus atau smoothie, mungkin lebih baik untuk memilih model blender yang lebih murah. Namun hasil penghancuran blender ini tidak terlalu lembut.

7. Daya Blender

Daya Blender

* sumber: www.seriouseats.com

Jika kamu memikirkan efisiensi energi, kamu perlu mengetahui penggunaan watt blender. Tidak seperti blender berkinerja tinggi, blender standar yang biasa digunakan di dapur menggunakan daya lebih sedikit sehingga cocok untuk mencampurkan bahan-bahan lunak.

Blender dengan daya 300 watt adalah yang paling sederhana. Berdasarkan jenis blender, mencampur bahan menggunakan daya 300 watt bukanlah hal yang buruk. Khusus untuk blender stick, watt yang lebih rendah berarti kinerja yang lebih baik, yang menghasilkan kinerja pencampuran yang baik.

Daya 300 watt dapat digunakan untuk memotong dan mencampur bahan yang lebih lembut secara efektif. Blender dengan 500 sampai 700 watt memiliki kapasitas, kecepatan, dan konsistensi yang lebih baik dari 300 watt. Lebih dari 700 watt bisa memotong dan mencampur bahan keras jadi bubuk halus.

8. Tingkat Kebisingan

Tingkat Kebisingan

* sumber: www.subzero-wolf.com

Sangatlah penting untuk memeriksa tingkat kebisingan blender berdasarkan daya watt dan pengaturan kecepatan blender. Menghancurkan es membantu menentukan kapasitas suara keseluruhan motor. Menggunakan karet teredam di dasar blender bisa mengurangi jumlah getaran dan kebisingan blender.

Ventilasi udara yang tepat di kompartemen motor blender dapat mengurangi kemacetan yang mungkin membantu mengurangi kebisingan ketika menghancurkan es. Dari berbagai cara, menemukan blender yang mempunyai fitur penyerap suara yang lebih baik adalah cara yang tepat untuk dilakukan.

9. Kerapatan Tutup Blender

Kerapatan Tutup Blender

Tutup blender apa pun bertanggung jawab untuk mengunci udara di dalam tabung. Bahkan juga mencegah tumpahan hasil penggilingan pada dinding atau meja counter. Jadi jika kamu tak memeriksa kualitas tutup dan bentuknya dapat menyebabkan bahaya lebih dari yang kamu perkirakan.

Sebagian besar tutup dilengkapi dengan penutup di tengah yang dapat dilepas. Ini fungsinya agar kamu dapat memasukkan bahan sambil menggiling sehingga tidak terganggu proses pencampuran. Tutup di tengah ini mempunyai lubang kecil di tengah untuk membiarkan udara berlebih keluar saat blending.

Tanpa dukungan tutup blender yang berkualitas tinggi, proses penghancuran dan pencampuran ini tidak mungkin bisa dilakukan. Isi di dalam blender akan keluar ke arah tutup atas dan turun ke samping, yang menyebabkan munculnya busa dan merusak tekstur dan rasa bahan yang dicampurkan.

10. Membandingkan Harga

Membandingkan Harga

* sumber: www.hamiltonbeach.com

Harga sebuah blender akan semakin tinggi dengan semakin banyaknya fungsi blender. Tentukan terlebih dulu jenis blender yang kamu inginkan, kemudian cari fitur yang menurutmu paling penting dan pertimbangkan juga keuntungan dari aksesori tertentu, yang dapat menghemat membeli alat lain nanti.

Blender tangan atau blender stick tersedia dalam model yang menggunakan kabel atau tanpa menggunakan kabel alias cordless, dengan atau tanpa aksesoris perajang. Blender tipe blender bar umumnya memiliki kemampuan menghancurkan es yang baik.

Jadi ketika akan membeli sebuah blender untuk digunakan di rumah, penting sekali untuk mempertimbangkan beberapa detail yang sudah paparkan di atas. Tujuannya agar kamu mendapatkan fungsi maksimal dari blender tersebut. Jangan sampai salah pilih blender karena blender yang salah bisa menyebabkan tekstur dan rasa makanan yang dihasilkan bisa jadi rusak. Petunjuk pemakaian blender bisa dibaca di artikel cara menggunakan blender.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *