Bacaterus / Olahraga / 10 Cara Memilih Bet Tenis Meja yang Bagus dan Berkualitas

10 Cara Memilih Bet Tenis Meja yang Bagus dan Berkualitas

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Selain bersepeda, bermain tenis meja adalah olahraga lainnya yang bisa dilakukan di kala senggang. Seperti halnya bersepeda, olahraga ini sangat cocok dimainkan bersama orang banyak.

Sebelum memainkan olahraga ini, kamu harus mempersiapkan sejumlah hal. Salah satunya adalah bet atau raket tenis meja. Sebisa mungkin bet yang kamu pakai haruslah bagus dan berkualitas.

Semakin bagus sebuah bet, semakin nyaman pula kamu bermain tenis meja. Lalu, bagaimana cara memilih bet tenis meja yang bagus dan berkualitas?

1. Ketahui Dulu Apa Kebutuhanmu

Ketahui Dulu Apa Kebutuhanmu

Harga memang salah satu yang perlu dipertimbangkan kala membeli bet. Namun, ada lain yang harus kamu pertimbangkan dulu, yakni bet seperti apa yang kamu butuhkan. Kamu pasti tak ingin kan cape-cape beli bet sampai ngeluarin banyak uang, tapi ternyata tak sesuai kebutuhan?

Cari tahu dulu apa yang kamu butuhkan dalam sebuah bet. Kalau kamu butuh bet yang cocok untuk permainan yang offensive, maka belilah bet yang memiliki reaksi yang tinggi. Sebaliknya, kalau kamu butuh bet yang menunjang permainan defensive, maka belilah bet yang punya vibrasi rendah.

2. Perhatikan Bahan Dasar yang Dipakai pada Bet

Perhatikan Bahan Dasar yang Dipakai pada Bet

* sumber: bp-guide.id

Setiap bet yang dijual di pasaran punya bahan yang berbeda. Kamu hrus memperhatikan hal tersebut, sebelum nanti hendak memilih bet yang bagus, serta tentunya berkualitas.

Adapun yang paling recommended menurut kami adalah bet yang terbuat dari plastik ataupun kayu. Bet yang berasal dari dua bahan tersebut cocok dipakai untukmu yang masih pemula.

3. Riset Dulu Brand Mana yang Bagus, serta Tentukan Mana yang Harganya Cocok

Riset Dulu Brand Mana yang Bagus, serta Tentukan Mana yang Harganya Cocok

* sumber: review.bukalapak.com

Saat ini, sudah banyak brand ternama yang menyediakan bet berkualitas bagus. Mulai dari brand dengan bet harga selangit, sampai brand yang betnya dijual dengan harga ramah di kantong.

Kamu bisa meriset sejumlah brand tersebut, entah dengan browsing di internet, ataupun bertanya kepada temanmu yang paham soal dunia tenis meja. Setelah itu, pertimbangkan mana yang harganya cocok dengan bujetmu.

4. Pilih Bet dengan Pegangan yang Tepat

Pilih Bet dengan Pegangan yang Tepat

Selain bahan dasar, pegangan pada bet juga patut dipertimbangkan. Ada dua jenis pegangan bet yang kini beredar di pasaran. Shakehand grip dan penhold grip adalah keduanya.

Kalau kamu mau pegangan bet yang mudah dipegang, maka shakehand grip adalah pilihan tepat. Jenis pegangan ini bisa kamu pegang seperti kamu menjabat tangan orang lain. Adapun jika kamu mau pegangan yang bisa bikin kamu lebih mudah mengontrol permainan, maka penhold grip adalah pilihan tepat.

5. Karet pada Pegangan Bet

Karet pada Pegangan Bet

* sumber: resaja.com

Selain jenis pegangan, karet yang ada pada pegangan pun juga patut diperhatikan. Pastikan pegangannya sudah dilapisi karet.  Setidaknya, karetnya telah melapisi salah satu sisi pegangan bet.

Kalau kamu  suka memutar bet saat bermain tenis meja, maka bet dengan pegangan yang dilapisi karet di dua sisi adalah pilihan tepat. Ketebalan karet pada bet juga patut kamu perhatikan.

Kalau kamu terbiasa memukul bola dengan cukup kencang, maka pilihlah pegangan bet dengan karet yang tebal. Sebaliknya, bila kamu ingin bisa mengubah kecepatan bola, maka pilihlah bet yang karet pegangannya tips.

Baca juga: Pemula Wajib Tahu! 10 Macam Pukulan dalam Tenis Meja

6. Berat pada Bet

Berat Pada Bet

* sumber: www.olahragamo.com

Berat yang dimiliki bet adalah hal lain yang mesti diperhatikan. Kalau mau aman, bet dengan berat seimbang bisa menjadi pilihan. Bet dengan berat seimbang bisa bikin kamu nyaman, sekaligus lebih mudah dalam mengontrol bola yang datang.

Bet yang beratnya agak ke depan bisa menjadi pilihan alternatif. Beberapa pemain tenis meja yang cukup berpengalaman suka mengambil bet dengan jenis berat tersebut. Apa pun berat bet yang kamu pilih, pastikan itu bikin kamu nyaman, baik saat memegang maupun saat memukul bola.

7. Bentuk Bet

Bentuk Bet

* sumber: my-best.id

Saat ini, bet tersedia dalam tiga bentuk. Kotak, bulat, dan menengah. Bet berbentuk kotak sangat cocok untukmu yang ingin menambah power lebih saat memukul bola.

Sementara itu, bet dengan bentuk yang lebih cocok dipakai untuk mengontrol bola yang datang. Adapun bentuk menengah cocok untukmu yang ingin menghasilkan pukulan seimbang. Pilihlah salah satunya yang sekiranya cocok buatmu.

8. Cobalah Bet yang Ingin Kamu Beli

Cobalah Bet yang Ingin Kamu Beli

Kamu tak akan tahu apakah bet yang kamu beli cocok atau tidak, jika kamu belum mencobanya. Oleh karena itu, jangan malas untuk mencoba bet yang ingin kamu beli.

Peganglah bet yang ingin kamu beli itu, sesuai dengan caramu memegang bet. Rasakan apakah kamu nyaman atau tidak. Setelah itu, kamu bisa mencoba memukul bola dengan bet tersebut.

9. Pilih Bet Siap Pakai

Pilih Bet Siap Pakai

* sumber: my-best.id

Kalau tidak mau terlalu repot, kamu pilih bet yang sudah siap pakai. Bet satu ini biasanya dijual satu paket dengan bola tenis meja. Jadi, kamu tak perlu repot-repot lagi membeli bola tenis meja.

Sebagai saran, pilihlah model bet siap pakai yang memiliki dimensi simetris, serta mempunyai pendekatan cookie cutter. Jika tidak, kamu bisa memilih model bet lainnya yang nyaman dan sesuai selera.

10. Cobalah Banyak Bet Sekaligus dalam Satu Waktu

Cobalah Banyak Bet Sekaligus dalam Satu Waktu

* sumber: my-best.id

Kalau kamu tipe yang suka mencoba bet dahulu, maka jangan coba satu bet saja. cobalah untuk mencoba banyak bet yang menurutmu menarik. Kalau bisa, kamu melakukan hal tersebut dalam satu waktu.

Mencoba banyak bet bisa bikin kamu membandingkan satu bet dengan bet lainnya. Dari situ, kamu pun bisa tahu mana bet yang paling bagus, serta tentu saja cocok buatmu.

Ada beberapa indikator yang bisa dipakai, saat hendak mencoba beberapa bet. Mulai dari berat, bentuk, harga, sampai karet yang dipakai pada pegangan bet.

Berapa Harga Rata-Rata Bet Saat Ini?

Berapa Harga Rata-Rata Bet Saat Ini

* sumber: www.tennismeja.com

Sebelum menutup artikel ini, kami akan ngasih informasi tambahan berupa harga rata-rata bet saat ini. Siapa tahu informasi yang kami kasih bisa membantumu dalam memilih bet tenis meja yang bagus.

Berdasarkan informasi yang kami dapat, bet tenis meja saat ini dijual dengan rataan harga Rp.190 ribu – Rp 6 juta. Yang paling murah, kamu bisa beli bet merk Donic Top Team yang dibanderol dengan kocek Rp 190 ribu.

Kalau mau yang harganya menengah, bet dengan merk Butterfly bisa menjadi pilihan. Bet dengan merk ini dijual dengan harga mulai dari Rp 230 ribu hingga Rp 340 ribu. Adapun bet paling mahal saat ini adalah Prasidha Kendo. Merk bet tenis meja ini dijual dengan harga Rp 1 juta hingga 9 juta.

Sebelum bermain tenis meja, alangkah baiknya untuk mempersiapkan bet terlebih dahulu. Kehadiran bet sangat penting, terutama saat hendak memukul bola dalam permainan tenis meja.

Pilihlah bet yang paling bagus dan berkualitas, agar kamu bisa bermain tenis meja dengan nyaman. Adapun cara memilihnya bisa kamu lakukan dengan cara-cara yang telah kami sebutkan.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *