Bacaterus / Serba Serbi / Rumah / 10 Cara Memilih AC yang Bagus dan Sesuai dengan Kebutuhan

10 Cara Memilih AC yang Bagus dan Sesuai dengan Kebutuhan

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 November 2018

Berbagai merk AC terbaik dijual di pasaran. Setiap merk memiliki fitur unggulan masing-masing dan juga harga yang berbeda-beda. Banyaknya pilihan terkadang membuat konsumen bingung saat memilihnya. Apalagi jika konsumen tersebut belum memiliki pengalaman membeli AC sebelumnya.

Apakah Anda berencana membeli AC baru dalam waktu dekat? Jika ya, tips dan cara memilih AC dari Bacaterus ini mungkin akan sangat berguna bagi Anda. Pada tulisan kali ini, kami akan memberikan panduan agar Anda membeli AC yang tepat dan memang sudah sesuai dengan kebutuhan Anda. Yuk, langsung saja intip tips dan cara membeli AC berikut ini!

10 Tips Membeli AC yang Bagus

1. Sesuaikan ukuran PK dengan luas ruangan

Sesuaikan ukuran PK dengan luas ruangan

Ingin membeli AC baru untuk kamar tidur, ruang tamu, atau ruang kantor? Sebelum membeli AC sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu luas ruangan yang akan dipasangi AC baru. Cara memilih AC yang tepat adalah menyesuaikan ukuran PK AC dengan luas ruangan yang akan ditempati. Ukuran PK disesuaikan dengan luas ruangan agar suhu dingin dari AC dapat menyebar secara merata.

Ruangan berukuran 10 m2 kompatibel pada AC ½ PK, 14 m2 dengan AC ¾ PK, 18 m2 dengan AC 1 PK, 24 m2 dengan AC 1 ½ PK, dan 36 m2 dengan AC 2 PK. Jika luas ruangan lebih dari 36 m2 maka Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli lebih dari satu buah AC.

2. Pilih jenis AC sesuai kebutuhan

Pilih jenis AC sesuai kebutuhan Cara Memilih AC

Tahukah Anda bahwa AC ternyata memiliki jenis yang berbeda-beda. Setiap jenis memiliki keunggulannya masing-masing. AC yang biasa digunakan untuk rumah tangga adalah AC Split. Sebelum AC Split pendahulunya adalah AC Window yang kini sudah sangat jarang dijual di pasaran. Untuk gedung perkantoran Anda bisa memilih AC Split atau AC Cassette yang dipasang di langit-langit.

Sementara untuk pusat perbelanjaan dan hotel biasanya menggunakan AC Central yang kompresornya sangat besar. Jika Anda ingin memiliki AC yang bisa dipindah-pindah (biasanya untuk keperluan acara), maka AC Standing bisa menjadi pilihan yang cocok untuk Anda.

3. Pertimbangkan AC yang hemat listrik

Pertimbangkan AC yang hemat listrik

Dewasa ini, berbagai perusahaan produsen AC banyak mempromosikan produknya yang konon hemat energi listrik. Sebagai konsumen kita memang harus memilih AC yang hemat listrik agar tagihan listrik tidak membengkak. Sebelum membeli AC jangan ragu untuk mencari tahu pemakaian daya listrik (Watt) AC yang akan dibeli.

Meskipun Anda membeli AC yang hemat listrik hal tersebut tidak mempengaruhi kinerja AC dalam mendinginkan ruangan. Bahkan untuk kamar tidur Anda dapat membeli AC yang hemat listrik lalu dikombinasikan dengan fitur Auto yang dapat membuat AC mati sendiri ketika suhu ruangan sudah dingin dan kembali menyala secara otomatis saat suhu ruangan mulai panas.

4. Fitur AC benar-benar Anda butuhkan

Fitur AC benar-benar Anda butuhkan

Cara memilih AC yang bagus adalah memastikan bahwa fitur yang terdapat dalam AC tersebut benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda. Percuma jika Anda membeli AC dengan fitur lengkap yang harganya mahal tapi Anda tidak pernah memanfaatkan fitur tersebut. Jadi, tips membeli AC untuk kamar tidur maupun ruangan lainnya adalah cermati fitur yang tersedia dan pikirkan apakah Anda benar-benar membutuhkan fitur tersebut.

Sebagai contoh, Sharp memperkenalkan fitur Plasmacluster yang dapat memurnikan udara, membersihkan alergen, dan menghancurkan jamur di udara. Penting atau tidaknya fitur ini tergantung dari setiap kebutuhan konsumen. Jika di ruangan Anda sudah terdapat penjernih udara, maka fitur Plasmacluster ini memang tidak terlalu penting bagi Anda.

5. Beli AC dari merk terpercaya

Merk AC

Ketika memasuki toko elektronik, Anda pasti akan dibuat bingung dengan banyaknya pilihan merk AC yang dipajang di sana. Namun, jika Anda sudah cocok dengan satu merk sebaiknya pilih tipe AC dari merk tersebut.

Tak dapat dipungkiri bahwa merk memang menjamin kualitas dan keawetan AC. Jadi, usahakan untuk membeli AC dari merk yang benar-benar terpercaya. Di Indonesia sendiri sudah banyak merk AC terbaik yang dijual di pasaran, seperti Sharp, Panasonic, Samsung, LG, Midea, dan masih banyak lagi.

6. Sesuaikan dengan budget

Sesuaikan dengan budget

Sebelum membeli AC sebaiknya Anda menghitung dulu budget yang Anda miliki, apakah cukup budget tersebut untuk membeli AC impian Anda? Jika dana yang Anda punya belum cukup untuk membeli AC dari merk dan tipe yang diinginkan, maka sebaiknya pertimbangkan untuk membeli merk AC lain yang lebih murah.

Meskipun mencari AC yang murah, tapi jangan tergiur dengan AC yang dibandrol dengan harga yang sangat murah. Kalau Anda tidak yakin dengan merk AC yang super murah, sebaiknya tunggu dulu sampai budget Anda benar-benar cukup untuk membeli AC yang berkualitas.

7. Tentukan tipe AC

Tentukan tipe AC

Cara memilih AC selanjutnya adalah menentukan tipe AC yang hendak dibeli. Anda mungkin ingin membeli AC low watt agar tagihan listrik tidak membengkak. Akan tetapi, ketahuilah bahwa saat ini ada 2 tipe AC lain yang memang beredar di pasaran, yaitu Standard dan Inverter.

Pada dasarnya, AC low watt adalah jenis AC standard yang ukuran kompresornya dikurangi agar lebih hemat penggunaan daya listrik. Sedangkan AC inverter bekerja sangat keras saat baru dinyalakan dan mengurangi kinerjanya agar lebih hemat listrik ketika suhu ruangan sudah dingin. Penggunaan AC lebih dari 6 jam sebaiknya menggunakan tipe AC inverter.

8. Pastikan garansi AC jelas

Pastikan garansi AC jelas

Saat berada di dalam toko AC, Anda tidak perlu ragu untuk bertanya mengenai garansi AC yang akan dibeli. Setiap AC baru harus memberikan garansi resmi dari brand-nya. Jadi, jika ada kerusakan maka Anda tidak perlu membayar biaya-biaya tertentu.

Lama garansi AC dari setiap merk pasti berbeda-beda. Pastikan saja Anda membutuhkan garansi yang berapa lama sebelum membeli AC. Keuntungan membeli AC dari brand yang terpercaya adalah garansinya jelas dan pasti.

9. Pilih desain sederhana agar mudah dibersihkan

Pilih desain sederhana agar mudah dibersihkan

Melihat berbagai merk AC yang dipajang di toko elektronik, Anda pasti tahu bahwa saat ini AC memiliki desain yang berbeda-beda. Untuk penggunaan pribadi sebaiknya pilih AC dengan desain sederhana agar bisa lebih mudah dibersihkan.

Semakin banyak detail desain, semakin sulit pula AC tersebut dibersihkan. Pembersihan AC bisa dilakukan sendiri dengan melepas filter AC dan mencucinya sampai bersih.

10. Beli di toko yang terpercaya

Beli AC dari merk terpercaya

Yang satu ini tidak kalah penting dari sembilan tips lainnya. Anda harus membeli AC di toko yang terpercaya. Jangan mudah tergiur dengan diskon dan promosi.

Pastikan bahwa toko tersebut memang memiliki banyak pelanggan dan kualitas barangnya memang sudah terjamin bagus. Untuk apa membeli AC murah jika dalam waktu beberapa bulan AC tersebut sudah bermasalah?

Membeli AC bekas juga adalah solusi bagi Anda yang ingin mendapatkan AC dengan harga yang lebih murah. Namun, Anda harus tahu bahwa ada sejumlah resiko membeli AC bekas, seperti AC bermasalah, komponen yang tidak orisinil, dan masih banyak lagi.

Inilah serba-serbi tips dan cara memilih AC yang awet dan berkualitas. Jika Anda ingin menambahkan tips lain sebelum membeli AC, silakan tulis tips Anda di kolom komentar yang tersedia di bawah ini. Baca juga artikel cara menggunakan AC yang tepat ini agar Anda dapat memanfaatkan pendingin ruangan secara bijak.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment