Bacaterus / Makanan Barat / Resep dan Cara Membuat Zuppa Soup yang Enak di Rumah

Resep dan Cara Membuat Zuppa Soup yang Enak di Rumah

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berbicara mengenai negara Italia, rasanya tidak afdol apabila kita tak membahas mengenai kuliner yang ada di sana. Negara tersebut terkenal dengan kuliner spageti dan pasta yang cukup mendunia. Pasta ala Italia sekarang banyak disediakan di resto-resto Nusantara, sehingga untuk mencicipinya Anda tak perlu datang jauh-jauh ke Italia.

Selain pasta dan spageti, Italia sebenarnya masih menyimpan banyak sekali kuliner-kuliner yang lezat. Nah salah satu kuliner tersebut adalah zuppa soup. Camilan satu ini juga cukup populer di Italia, meski di Indonesia belum cukup populer. Terbuat dari tepung terigu, rasa camilan satu ini sangatlah lezat dan empuk.

Sekilas Tentang Zuppa Soup dari Italia

resep zuppa soup enak

Camilan satu ini sebenarnya sudah muncul di Italia sejak bertahun-tahun silam. Di Italia zuppa soup sering disebut dengan Zuppa Soup alla Pavese. Jajanan satu ini muncul mulai dari tahun 1525 di kota Lombardy, Italia. Karena sudah cukup lama munculnya, makanan ini memiliki sejarah tersendiri dalam berdirinya negara Italia jaman dahulu.

Jaman dahulu kala telah terjadi peperangan dan pemberontakan antara Perancis, Spanyol, dan Switzerland untuk merebut kekuasaan dari Raja Italia. Namun para pemberontak itupun bisa terkalahkan. Selesai perang, sang raja lapar dan ingin mengisi perut.

Beliau kemudian singgah di sebuah cottage, sehingga para koki di sana berupaya menghidangkan sebuah menu spesial dengan mencampur telur, mentega, dan keju. Dari sinilah zuppa soup tersebut muncul pertama kalinya.

Sebenarnya hingga saat ini tidak ada resep yang pasti untuk zuppa soup ini, karena setiap wilayah memiliki ciri khas-nya sendiri. Di beberapa wilayah Italia ada yang membuat zuppa dari sponge cake dan lady finger, sedangkan di wilayah lainnya ada yang membuatnya dari ikan, buncis, dan aneka sayuran lainnya.

Di Itali sana, makanan satu ini biasanya dijadikan sebagai bahan makanan pokok, di samping pasta dan pizza. Karena masyarakat Indonesia mengonsumsi nasi sebagai makanan pokok, jadi zuppa soup ini hanya dianggap camilan di negara kita.

Di sini, zuppa soup cukup populer di daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan juga Jogjakarta sehingga jangan heran jika Anda akan menemukan menu ini di rumah makan khas Jawa. Namun zuppa soup khas Jawa tersebut tentu sudah disesuaikan rasa dan bahannya dengan kultur Indonesia

Bagi Anda yang ingin mencobanya, Anda tidak perlu datang jauh-jauh ke Itali untuk hanya sekedar mencicipi makanan ini. Sebab pada kesempatan kali ini bacaterus.com akan mencoba berbagi resep dan cara membuat zuppa soup yang enak dan sederhana.

Bahan-Bahan Zuppa Soup

cara membuat zuppa soup sederhana

Bahan-bahan yang digunakan untuk resep zuppa soup ini tergolong banyak, sehingga Anda harus benr-benar teliti dalam mempersiapkannya. Pertama, silahkan siapkan bahan untuk membuat puff pastry zuppa soup:

  • Tepung terigu protein tinggi sebanyak 1 kg
  • Air putih matang sebanyak 550 gr
  • Gula pasir cukup dengan 30 gr
  • Garam sekitar 15 gr
  • Telur ayak atau bebek 50 gr (sekitar 1 butir)
  • Margarine sebanyak 100 gr
  • Korsvet/pastry margarine sebanyak 500 gr

Bahan isi zuppa soup:

  • Bawang bombay sekiranya 1/4 bagian, diiris halus
  • Bawang putih cukup dengan 1 siung
  • Paha ayam 1 buah saja, potong dadu
  • Sosis cukup 1 biji
  • Sayuran beku (bisa seperti wortel dan jagung )
  • Garam seperlunya saja
  • Lada bubuk secukupnya

Catatan: Semua bahan di atas ditumis hingga matang lalu tiriskan

Bahan cream/ kuah zuppa soup:

  • Mentega or butter sebanyak 2 sendok makan
  • Terigu sebanyak 2 sendok makan
  • Susu putih sebanyak 300 ml
  • Keju parut cukup dengan 80 gram
  • Lada bubuk sekiranya 1/2 sdt
  • Kaldu blok sebanyak 1/2 sdt

Bahan olesan puff pastry zuppa soup:

  • Kuning telur cukup 1 butir
  • Telur ayam/bebek 1 butir
  • Garam sekiranya 1,5 gram atau secukupnya

Catatan: Campurkan semua bahan olesan menjadi satu, aduk hingga rata dan tiriskan.

Cara Membuat Zuppa Soup

Langkah pertama kita akan membuat puff pastry-nya terlebih dahulu. Caranya, campurkan terlebih dahulu bahan-bahan puff pastry zuppa soup seperti gula pasir, garam, margarin, dan tepung sampai membentuk sebuah adonan yang mirip pasta. Jangan terlalu encer, karena nanti akan sulit dibentuk.

Apabila sudah terbentuk adonan, masukan adonan tersebut dalam sebuah plastik. Pukul-pukul sampai adonan tadi menipis, lalu lipat sesuai dengan selera masing-masing. Puff pastry siap untuk digunakan. Agar semakin mantap, Anda dapat menyimpannya dulu ke dalam lemari pendingin selama 30 menitan.

Setelah Anda membuat puff pastry, sekarang kita akan langsung membuat bahan utama dari zuppa soup tersebut yakni sup krimnya. Caranya panaskan mentega dalam sebuah wajan, kemudian masukan tepung terigu dan susu.

Usahakan ketika memasak Anda aduk-aduk adonan tersebut secara terus menerus agar tidak gosong. Selanjutnya masukan lada, kaldu, dan keju ke dalam adonan tersebut. Jika adonan terlihat terlalu kental, silahkan tambahkan sedikit air sampai kekentalan yang diiginkan.

Sekarang masukan bahan-bahan isian yang telah kita tumis tadi ke dalamnya. Setelah itu, matikan api dan tuang adonan tersebut ke dalam wadah yang sudah dipersiapkan untuk zuppa soup, bisa berupa mangkuk atau cangkir yang besar.

Selanjutnya letakan puff pastry yang telah kita buat tadi di atas wadah tersebut hingga menutupi isinya. Jangan lupa pada bagian atasnya olesi dengan bahan oles yang telah kita buat tadi. Setelah itu kita akan masuk kedalam proses pemanggangan.

Masukan wadah tersebut ke dalam oven bersuhu 180 derajat celcius selama 30 menit atau sampai matang. Agar pastry matang secara sempurna dan zuppa soup memiliki rasa nikmat gunakan api bawah dan atas. Setelah matang, sajikan zuppa soup selagi masih hangat.

Biasanya kendala yang kita hadapi saat membuat camilan ini adalah ketika membuat adonan puff pastry. Sebagian orang masih belum paham mengenai adonan yang tepat dan sesuai takaran, akhirnya kue yang mereka buat menjadi bantat dan bahkan lembek. Oleh sebab itu, Anda dapat menggantinya dengan puff pastry instan yang dapat dibeli di supermarket terdekat.

Itulah informasi mengenai resep dan cara membuat zuppa soup sederhana yang sangat lezat. Nikmati camilan ini saat Anda bersantai bersama keluarga tercinta ditemani dengan secangkir susu atau teh manis. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *