Bacaterus / Bahan Kue / Cara Membuat Whipped Cream Sendiri Di Rumah

Cara Membuat Whipped Cream Sendiri Di Rumah

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Januari 2019

Whipped Cream adalah krim kocok yang pengolahannya diaduk dengan memakai mesin kocok atau alat kocok lainnya. Krim kocok ini akan diaduk-aduk hingga berubah warna menjadi cerah dan cenderung menggumpal. Supaya ada rasa lezat dan manis, maka cara membuat whipped cream biasanya diberikan campuran susu vanila.

Tahukah Anda bahwa krim ini merupakan salah satu krim yang mempunyai kadar lemak susu sangat tinggi sehingga gizinya hampir sama dengan ketika kita minum segelas susu. Krim yang putih seperti susu ini biasanya dapat ditemukan di toko kue karena biasanya sering digunakan juga untuk atasan atau hiasan kue seperti kue ulang tahun dan lainnya.

Selain digunakan untuk cake, whipped cream juga bisa digunakan untuk minuman. Krim yang satu ini umumnya terbuat dari protein hewani susu sapi. Namun, sekarang ini, krim tersebut juga bisa dibuat dari bahan dasar lemak nabati atau lemak tumbuhan. Anchor, Roselle, Haan, Whippy dan President adalah merek-merek dagang krim kocok yang bisa Anda beli di pasaran.

Dalam sejarahnya, whipped cream sudah mulai digunakan oleh masyarakat Eropa semenjak abad ke-16. Pada masa itu mereka masih banyak menyebutnya dengan istilah salju susu atau krim salju karena memang bentuknya yang menyerupai salju. Pada abad kw-18, barulah istilah whipped cream mulai menjadi populer.

Di beberapa wilayah, whipped cream sering juga disebut sebagai Crème Chantilly. Namun ada juga yang menganggap whipped cream dan crème chantilly itu berbeda. Mereka menyatakan jika crème chantilly diberi pemanis sedangkan whipped cream tidak. Namun Anda tidak usah bingung dengan perbedaan istilah tersebut karena cara membuat serta bahan dasar dari keduanya tetaplah sama.

Bahan-Bahan Whipped Cream

cara membuat whipped cream

Agar Anda lebih kreatif, cobalah untuk membuat resep Whipped Cream tersebut di rumah Anda sendiri dengan menyediakan terlebih dahulu dari bahan-bahan yang diperlukan.

Bahan-bahan untuk membuat whipped cream meliputi:

  • Heavy cream sebagai bahan dasar sekitar 1 cup,
  • Gula icing sebanyak 1/3 cup
  • Vanili ekstrak sebanyak ½ sendok teh sebagai bahan pemanis Whipped Cream.
  • 1 jumput garam sebagai bahan tambahan yang dapat memberikan rasa unik pada krim kocok Anda tersebut.

Sebelum mengetahui cara pembuatannya, ada catatan yang harus diperhatikan. Dalam membuat Whipped Cream Anda harus menggunakan mangkuk yang cukup besar karena Whipped Cream biasanya akan memiliki jumlah dua kali lebih besar dari bahan dasar heavy cream . Mangkuk yang besar akan melindungi krim kocok Anda supaya tidak tumpah kesana-kemari.

Cara Membuat Whipped Cream Sederhana

Jika Anda sudah paham terhadap beberapa tips atau catatan tadi; maka kini saatnya Anda mengetahui bagaimana cara membuat whipped cream tersebut dengan mudah. Mula-mula, Anda harus menuangkan 1 cup heavy cream kedalam sebuah wadah seperti mangkok, kemudian tambahkan bahan lainnya seperti gula icing dan jumput garam.

Pencampuran dan penambahan gula icing bertujuan untuk membantu agar whipped cream buatan Anda menjadi lebih kental dari sebelumnya. Campurkan bahan-bahan yang telah disebutkan tadi dengan mengunakan ballon whisk sampai dengan merata secara sempurna dan lembut. Sebaiknya Anda mengocok campuran bahan-bahan tersebut dengan kecepatan tinggi supaya hasilnya lebih maksimal.

Setelah proses pembuatan selesai, simpanlah krim kocok tersebut ke dalam lemari es, tunggu sampai benar-benar dingin sehingga siap disantap dan dinikmati. Jika Anda menginginkan krim kocok atau whipped cream yang dapat dispuit, maka caranya cukup mudah. Anda dapat mengeluarkan whipped cream tersebut dari lemari es, lalu kocok dengan mixer speed sedang sampai krim kocok tersebut kelihatan agak kaku.

Kandungan Gizi Whipped Cream

Karena bahan dasar pembuatan krim kocok ini berasal dari susu, maka secara tidak langsung dengan menkonsumsi krim ini; maka kita akan mendapatkan manfaat atau khasiat dari susu. Manfaatnya di antaranya adalah dapat mencegah terjadinya osteoporosis sehingga tulang tetap sehat dan kuat serta dapat menjaga kesehatan gigi dan mulut

Selain itu, whipped cream dapat mencegah terjadinya resiko kanker dan diabetes; dapat mempercantik kulit; serta dapat menetralisir racun yang kemungkinan terbawa oleh makanan yang masuk ke dalam tubuh kita. Jika Anda ingin mencoba sensasi lain dari susu sapi; maka cara membuat whipped cream ini merupakan salah satu resep yang patut untuk dicoba.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar