Bacaterus / Jahe / Cara Membuat Wedang Jahe Susu Ala Angkringan

Cara Membuat Wedang Jahe Susu Ala Angkringan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Wedang jahe merupakan salah satu minuman yang paling diburu di malam hari. Terlebih apabila cuaca dingin atau hujan, maka rasa pedas dan hangat dari wedang jahe ini akan memberikan kehangatan di tubuh kita. Cara membuat wedang jahe juga sangat mudah karena bahan-bahannya ada di sekitar kita.

Meskipun saat ini sudah banyak wedang jahe yang dijual secara instan dalam bentuk sachet, namun tetap saja rasanya tidak bias mengalahkan wedang jahe yang dibuat secara langsung seperti di angkringan. Maka dari itu, kali ini bacaterus.com akang mengulas resep membuat wedang jahe nikmat ala angkringan.

Mengenal Jahe

cara membuat wedang jahe

Jahe atau dalam istilah ilmiahnya dikenal dengan sebutan Zingiber Officinale merupakan tanaman rimpang (berbentuk jari-jemari) yang sering dimanfaatkan untuk rempah-rempah dalam bumbu memasak dan bahan utama atau pelengkap obat-obatan.

Berdasarkan historisnya, tanaman jahe diprediksi berasal dari negeri India dan Cina karena kedua negara tersebut merupakan negara yang sering memanfaatkan jahe sebagai bahan dasar atau pelengkap untuk membuat beragam obat-obatan.

Ciri khas dari jahe adalah rasanya yang pedas. Mengapa jahe rasanya kepedasan? Senyawa keton yang disebut dengan nama zingeron merupakan senyawa yang membuat jahe mempunyai rasa yang pedas. Selain untuk bumbu masak dan oba-obatan, jahe juga sering digunakan sebagai makanan dan minuman, seperti yang kita kenal dengan permen jahe dan wedang jahe.

Wedang jahe merupakan minuman olahan yang cukup digemari oleh semua kalangan apalagi jika cuaca sedang dingin. Minuman tradisional tersebut memang sangat berkhasiat untuk memberi kehangatan badan yang sedang menggigil kedinginan.

Bahan Pembuatan Wedang Jahe

Apakah Anda penasaran untuk membuat resep wedang jahe yang nikmat dan berkhasiat? Sesuai dengan namanya, wedang jahe berbahan dasar jahe sekitar 400 gram yang dioleh dengan cara dibakar. Agar sari jahe dapat dipisahkan dari ampasnya, maka Anda harus mememarkan jahe-jahe tersebut.

Untuk menimbulkan rasa manis, maka tambahkan gula aren atau gula merah sekitar 200 gram kemudian iris kecil-kecil agar mudah larut dalam air. Selanjutnya, sediakan pula 2 liter air putih untuk proses perebusan.

Terakhir, sediakan pula 2 lembar daun pandan yang masih segar untuk memberikan aroma wangi pada wedang, garam dapur sekitar ¼ sendok teh, dan dua batang serai yang telah di memarkan pula. Anda juga dapat menyiapkan susu bubuk atau susu kental manis jika ingin menambahkannya dengan susu.

Cara Membuat Wedang Jahe

Mari kita beranjak ke cara membuat wedang jahe tersebut. Langkah awal yang harus Anda kerjakan adalah dengan masak air untuk merebus jahe, daun pandan, dan serai. Jangan lupa untuk menambahkan garam sesuai dengan takaran tadi. Sebaiknya Anda menggunakan api yang sedang atau bahkan kecil agar wedang jahe yang dihasilkan dapat masak dengan sempurna.

Setelah mendidih, masukkan gula aren atau gula merah lalu aduk-aduk sampai tercampur dengan baik. Tunggu proses perebusan tadi sampai benar-benar mendidih, jika sudah angkat lalu saring sari jahe tersebut dan pisahkan dengan ampasnya.

Wedang jahe akan benar-benar nikmat jika disajikan hangat-hangat apalagi keadaan cuaca sedang dingin atau turun hujan. Anda juga dapat menikmatinya bersamaan dengan singkong keju kukus yang gurih dan juga mengenyangkan bagi perut.

Dengan meminum wedang jahe maka rasa ngantuk yang kemungkinan akan hinggap dapat terusir jauh-jauh. Apabila Anda ingin merasakan wedang jahe yang agak modern dan berbeda; maka Anda bisa menambahkan susu bubuk atau susu kental manis.

Khasiat Wedang Jahe


Jahe sangat kaya kandungan zat yang bermanfaat di antaranya energi jahe 51 kkal, protein jahe sebanyak 1,5 gr, lemak sebanyak 1 gr, karbohidrat sebanyak 10,1 gr, kalsium sebanyak 21 mg, zat besi sebanyak 2 mg, vitamin A sebanyak 30 IU, Vitamin B1 sebanyak 0,02 mg, dan Vitamin C sebanyak 4 mg.

Dari kandungan jahe tersebut, wedang jahe dapat bermanfaat untuk menyembuhkan rasa mual, mulas dan diare; memproteksi masalah radang sendi; dapat mencegah dari pembekuan darah; dan berkhasiat untuk meminimalisir kadar kolesterol jahat yang dapat menyebabkan penyakit jantung; mencegah dan mengobati masuk angin, meningkatkan stamina tubuh, dan lain sebagainya.

Agar Anda tetap sehat tapi tidak boros untuk membeli obat; maka mengkonsusmsi minuman yang satu ini dapat menjadi salah satu alternatif. Selain murah, minuman ini juga kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Selamat mencoba cara membuat wedang jahe susu di atas!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *