Bacaterus / Kerajinan Bunga / Cara Membuat Vas Bunga dari Botol Bekas

Cara Membuat Vas Bunga dari Botol Bekas

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tahukah Anda bahwa rumah akan semakin cantik jika dihiasi dengan vas-vas bunga? Ya, vas bunga memang berfungsi untuk mempercantik ruangan. Ada berbagai macam vas bunga dengan bentuk dan motif yang bervariasi. Bahkan, ada beberapa orang yang sangat gemar mengoleksi vas bunga dari luar negeri, seperti dari Eropa atau China.

Apakah Anda termasuk salah satu orang yang gemar mengoleksi vas bunga? Atau Anda ingin memiliki vas bunga yang murah nan cantik? Nah, cobalah untuk membuat vas bunga sendiri dengan memanfaatkan botol bekas minuman bersoda.

Siapa bilang vas bunga dari botol bekas tidak bisa secantik vas bunga yang dijual dengan harga ratusan hingga jutaan ribu rupiah? Dengan cara membuat vas bunga dari botol bekas berikut ini, Anda bisa menciptakan kerajinan tangan berupa vas yang sangat cantik. Cara ini juga sangat ekonomis karena hanya memerlukan alat dan bahan yang murah dan sederhana.

Vas Bunga Sederhana

Tutorial yang pertama akan mengulas cara membuat vas yang sangat sederhana. Ya, vas bunga ini dapat dibuat dalam waktu yang sangat cepat dan tidak memerlukan keahlian khusus ketika membuatnya. Meskipun sederhana, namun tampilannya sangat cantik dan juga menarik. Sebelumnya, mari kita siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan berikut ini:

  • Botol plastik bekas (sebaiknya gunakan botol minuman bersoda berukuran 1 atau 1,5 liter)
  • Gunting
  • Pisau tajam

Setelah semua alat dan bahan tersedia, Anda bisa mengikuti langkah-langkah membuat vas bunga sederhana berikut ini:

cara membuat vas bunga dari botol bekas

  1. Potong bagian atas botol (Sekitar ¼ bagian atas dari botol tersebut) dengan menggunakan pisau tajam
  2. Gunakan gunting untuk membentuk bagian atas botol menjadi garis-garis (seperti suwiran) dengan lebar sekitar 0,5 cm dan panjang 5-6 cm secara merata membentuk lingkaran

vas bunga dari botol aqua

  1. Tenun ujung garis yang sudah dipotong dengan garis lain yang ada di sebelahnya, lakukan ini hingga semua garis (strip) sudah tertenun dengan baik
  2. Isi vas bunga dari botol plastik ini dengan air
  3. Letakkan satu atau dua tangkai bunga di dalam vas ini

Hanya butuh waktu sekitar 15 menit untuk membuat vas bunga sederhana dari botol bekas ini. Anda pasti tidak pernah menyangka sebelumnya bahwa botol bekas yang tidak ternilai bisa disulap menjadi sebuah vas bunga transparan yang cukup unik dan menarik.

Vas Bunga Bergambar

Jika vas bunga sederhana di atas dirasa terlalu membosankan, maka Anda dapat mencoba membuat vas bunga yang selanjutnya ini dengan tambahan gambar yang menarik di depannya. Pertama-tama, mari siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan berikut ini:

  • Botol plastik bekas (sebaiknya gunakan botol minuman bersoda berukuran 1 atau 1,5 liter)
  • Cutter
  • Cat khusus plastik dengan warna-warna yang dibutuhkan
  • Gambar kartun favorit Anda
  • Pita
  • Lem

Setelah semua alat dan bahan tersedia, Anda bisa mengikuti langkah-langkah membuat vas bunga bergambar ini:

  1. Pertama, cetak pada kertas gambar kartun yang Anda inginkan. Kami menggunakan gambar kartun Miss La Sen untuk membuat vas bunga ini
  2. Potong botol plastik menjadi 2 bagian di tengah-tengahnya secara horisontal
  3. Lapisi bagian bawah botol yang sudah dipotong dengan cat khusus plastik (akrilik juga bisa) berwarna putih
  4. Gambar tokoh kartun Anda pada botol, Anda bisa menjiplaknya dari kertas yang tadi sudah dicetak dengan gambar kartun pilihan Anda

cara membuat pot bunga dari botol bekas

  1. Sebagai dekorasi, tambahkan beberapa motif di sekitar gambar kartun. Motif bisa berupa hati, bintang, bulan, lingkaran, dll
  2. Di bagian luar dekat bibir botol, berikan lem untuk merekatkan pita
  3. Ketika pita sudah terpasang di bagian atas vas, Anda juga bisa mengikatkan pita ini di bagian tengah vas
  4. Setelah catnya kering, isi vas bunga dari botol plastik ini dengan air
  5. Letakkan beberapa tangkai bunga atau tanaman rambat di dalam vas

pot bunga dari botol minuman

Cara membuat vas bunga dari botol bekas dengan disertai gambar tentu membutuhkan waktu yang lebih lama dari membuat vas bunga sederhana yang tidak memerlukan sentuhan lukisan. Estimasi waktu yang dibutuhkan, termasuk menunggu cat hingga kering, adalah sekitar 60 menit. Namun, hasilnya cukup memuaskan. Vas bunga bergambar ini akan semakin mempercantik ruangan Anda.

Kedua macam vas bunga yang sudah Anda buat di atas sangat cocok jika dipajang di dalam rumah dan diisi dengan berbagai tanaman hias kecil. Jika tidak mau repot menyiram, maka Anda juga bisa menggunakan bunga imitasi yang dibuat dari sedotan bekas.

Manfaat Daur Ulang Plastik

Mengapa harus membuat vas bunga dari botol plastik? Sementara kita bisa saja membeli vas bunga di toko atau menggunakan bahan lainnya untuk membuat kerajinan vas bunga seperti kaleng, kayu, tanah, liat, dan lainnya.

Nah, dengan memilih botol plastik sebagai bahan utama untuk membuat vas bunga, Anda sudah membantu proses daur ulang guna melestarikan lingkungan, lho! Jika Anda belum mengetahui manfaat dari daur ulang botol plastik, berikut adalah beberapa manfaatnya:

  1. Mengurangi limbah plastik di lingkungan

Tahukah Anda bahwa sampah plastik adalah jenis sampah yang paling mendominasi di Indonesia? Plastik adalah materai yang sulit dihancurkan. Oleh karena itu, limbah plastik bisa bertahan hingga 5-10 tahun. Dengan memanfaatkan botol plastik bekas, Anda sudah turut serta mengurangi limbah plastik yang mencemari lingkungan.

  1. Menghemat ruang dari TPA

Satu ton limbah plastik bisa memakan tempat hingga 7,5 meter kubik. Oleh karena itu, kita bisa menghemat ruang dari tempat pembuangan akhir dengan memanfaatkan plastik bekas untuk didaur ulang kembali menjadi barang yang bermanfaat.

  1. Membantu kelangsungan hidup hewan dan tumbuhan

Sampah plastik yang dibuang ke sungai atau hutan dapat membuat hewan dan tumbuhan di sekitarnya mati karena tercemar bahan kimia dari limbah plastik. Nah, dengan memanfaatkan botol plastik, Anda juga sudah mendukung usaha pelestarian untuk kelangsungan hidup hewan dan tumbuhan, lho!

Cara membuat vas bunga dari botol bekas ini dapat digunakan untuk mengisi waktu luang sekaligus belajar untuk menjaga kelestarian lingkungan. Jika terpaksa membuang limbah plastik, buanglah pada tempat sampah dan jangan membuangnya ke sungai atau sembarang tempat.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. regina dian novita berkata:

    Selamat siang, Yth. Bapak/Ibu
    Saya
    Regina Dian Novita, editor dari Penerbit Erlangga. Saya memohon izin
    untuk mengutip artikel dari situs ini.
    Nantinya hasil kutipan tersebut akan dipublikasikan di buku SD terbitan
    Erlangga. Apakah kami diizinkan untuk mengutip cerita tersebut? Kami mohon
    konfirmasinya segera.

    Regards,

    Regina Dian Novita
    PT Penerbit Erlangga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *