Bacaterus / Handycraft / Inilah Cara Mudah Membuat Tempat Pensil dari Kain Flanel

Inilah Cara Mudah Membuat Tempat Pensil dari Kain Flanel

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Desember 2019

Tempat pensil Anda rusak atau hilang? Jangan terburu untuk membeli tempat pensil yang baru. Pasalnya, Anda dapat membuat tempat pensil sendiri dari kain flanel. Sama seperti tempat HP, tempat pensil yang terbuat dari kain flanel ini lebih praktis dan tahan lama dibanding tempat pensil plastik atau besi.

Proses pembuatan kotak pensil dari kain flanel ini tidak terlalu sulit karena kita hanya memerlukan kain flanel dan peralatan jahit sederhana. Seain itu, tempat pensil yang kita buat juga tidak memerlukan resleting yang cukup rumit.

Nah, kali ini Bacaterus akan membagikan 2 cara membuat tempat pensil dari kain flanel yang unik, yakni tempat pensil berbentuk seperti saku dan tempat pensil yang disertai dengan sekat sebagai tempat untuk meletakkan pensil dan bolpen.

Tempat Pensil Berbentuk Saku

Cara membuat tempat pensil yang satu ini cukup mudah karena hanya membutuhkan metode jahit yang sederhana. Bahkan, anak-anak pun bisa melakukan cara ini sendiri. Cara pembuatan tempat pensil berbentuk saku ini sangat cocok bagi pemula yang tidak terlalu pandai menjahit.

Untuk membuat tempat pensil berbentuk saku, sediakan alat dan bahan berikut ini:

Bila semua alat dan bahan yang dibutuhkan telah tersedia, ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat tempat pensil berbentuk saku dari kain flanel:

cara membuat tempat pensil dari kain flanel

  1. Potong kain flanel yang tersedia dengan panjang yang sesuai dengan ukuran pensil dan bolpen Anda. Karena Anda tidak akan meletakkan satu benda saja di dalam tempat pensil ini, maka buat lebarnya sesuai untuk beberapa buah pensil dan bolpen.
  2. Gunakan jarum dan benang (atau mesin jahit) untuk menjahit setiap sisi tempat pensil. Pastikan seluruh jahitan lurus dengan sempurna. Anak-anak yang ingin belajar menjahit, bisa menjahit dengan jarum-benang atau mesin jahit.
  3. Jahit kancing dengan jarum dan benang. Kancing ini nantinya akan menjadi ‘kunci’ untuk tempat pensil Anda. Jadi, jahitlah sesuai dengan tempat yang tepat.

tempat pensil dari kain flanel unik

  1. Potong bagian tutup tempat pensil ini berbentuk sedikit garis atau lubang. Nah, lubang ini nantinya akan dikaitkan dengan kancing yang tadi terpasang untuk menutup tempat pensil agar isinya tidak jatuh keluar.
  2. Untuk menghias tempat pensil, buat bunga mawar dari kain flanel lalu jahitlah di bagian tepi tempat pensil.
  3. Tambahkan aksesoris, payet, atau hiasan lain untuk mempercantik tampilan tempat pensil berbentuk saku ini.

Cara membuat tempat pensil dari kain flanel yang pertama ini bisa dijadikan inspirasi untuk kegiatan mengisi waktu luang bagi orang dewasa dan anak-anak. Pastikan Anda menggunakan kain dengan warna yang diinginkan dan hiasan favorit untuk mempercantik tempat pensil saku ini.

Tempat Pensil yang Bisa Digulung

cara membuat kotak pensil dari kain flanel

Tempat pensil kok digulung? Bagaimana bisa? Tentu saja bisa. Di dalam tempat pensil unik ini, kita akan memberikan slot khusus untuk menempatkan bolpen dan pensil. Bentuknya sederhana, tetapi untuk membuat tempat pensil ini dibutuhkan keterampilan menjahit yang cukup tinggi.

Untuk membuat tempat pensil berbentuk gulungan, sediakan alat dan bahan berikut ini:

  • Kain flanel yang teksturnya agak tebal
  • Pembolong kertas
  • Pita
  • Mesin jahit
  • Gunting
  • Benang
  • Jarum
  • Pin
  • Pensil

Bila semua alat dan bahan yang dibutuhkan telah tersedia, ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat tempat pensil berbentuk gulungan dari kain flanel:

  1. Potong kain flanel menjadi dua bentuk persegi panjang yang sama ukurannya. Pastikan agar tidak memotong terlalu kecil karena kain tersebut nantinya akan digulung.
  2. Tandai salah satu kain flanel dengan pembolong kertas sekitar ½ inch dari bagian tepi kain. Kemudian, beri tanda dengan bolongan di bagian atas dan bawah garis pada setiap jarak ¾ inch. Pastikan bolongan ini juga berakhir di titik yang juga berjarak ½ inch dari tepi.

kotak pensil darik kain flanek tanpa resleting

  1. Ambil kain flanel yang tidak dilubangi, tumpuk dengan kain flanel yang sudah dilunbangi. Lanjutkan dengan menjahit di setiap tepi kedua kain flanel agar keduanya tetap melekat.
  2. Jahit garis lurus di samping setiap lubang yang tadi sudah dibuat. Garis ini akan menjadi sekat yang memisahkan satu pensil dengan pensil lainnya.

wadah pensil dari kain flanel

  1. Dengan menggunakan jarum dan benang, jahitlah pita di bagian luar kain flanel. Pita ini nantinya akan digunakan untuk mengikat tempat pensil ini.
  2. Masukkan pensil dan bolpen ke dalam kain lubang yang tadi sudah dibuat. Pensil harus dimasukkan ke dalam lubang-lubang yang berada dalam satu garis lurus.
  3. Nah, tempat pensil berbentuk gulungan telah selesai. Cobalah menggulung tempat pensil ini dan ikat dengan pita yang ada di bagian depannya.

Untuk mempercepat proses menjahit tempat kain flanel berbentuk gulungan ini, sebaiknya Anda menggunakan mesin jahit. Pasalnya, ada banyak bagian yang harus dijahit pada tempat pensil ini. Sebagai hiasan tambahan, Anda bisa menjahit bunga mawar dari kain flanel di bagian luar tempat pensil. Gunakan kain flanel dan pita dengan warna favorit Anda.

Sejatinya, membuat kedua tempat pensil dari kain flanel di atas tidaklah terlalu sulit. Hanya dibutuhkan ketelitian dan sedikit keterampilan menjahit untuk membuat tempat pensil berbentuk saku maupun gulungan.

Cara membuat tempat pensil dari kain flanel di atas sangat bermanfaat untuk mengisi waktu santai Anda. Di hari libur, Anda bisa mengasah keterampilan anak-anak dengan mengajak mereka untuk bersama-sama membuat tempat pensil dari kain flanel. Anak-anak bisa memilih sendiri warna kain dan aksesoris yang ia sukai ketika membuat tempat pensil ini. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *