Bacaterus / Handycraft / Cara Membuat Tempat HP yang Bagus dari Kain Flanel

Cara Membuat Tempat HP yang Bagus dari Kain Flanel

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kain flanel memang sangat bermanfaat untuk berbagai macam jenis kerajinan tangan, mulai dari tempat pensil hingga boneka. Kali ini Bacaterus akan membagikan cara membuat tempat HP dari kain flanel tersebut. Tempat HP juga dikenal sebagai dompet khusus HP. Nah, tempat ini bisa menyimpan ponsel Anda dengan aman.

Di toko aksesoris ponsel, tempat HP dijual dengan harga yang bervariasi. Harganya dibandrol mulai dari 50 – ratusan ribu rupiah tergantung dengan motif, material, dan model dari tempat HP tersebut. Nah, jika Anda ingin sedikit berhemat, yuk, buat tempat HP sendiri dari kain flanel! Tempat HP buatan sendiri ini juga bisa dijadikan hadiah untuk orang-orang terdekat Anda, lho!

Ada 2 metode untuk membuat tempat HP dari kain flanel, yakni dengan dijahit dan tanpa dijahit. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Berikut adalah tutorial selengkapnya untuk membuat dompet HP tersebut.

Membuat Tempat HP dengan Dijahit

Tutorial yang pertama ini akan mengulas cara membuat tempat handphone dengan kain flanel yang dijahit. Tutorial ini sangat cocok bagi Anda yang mahir dalam hal jahit menjahit. Sebelum kita masuk ke cara pembuatannya, sediakan terlebih dahulu alat dan bahan berikut ini:

  • Kain flanel yang cukup untuk membungkus HP Anda
  • Benang
  • Kain liner untuk melapisi bagian dalam tempat HP
  • Kancing berukuran sedang (2 buah)
  • Tali
  • Kapur
  • Gunting
  • Jarum
  • Binderclip

cara membuat tempat hp dari kain flanel beserta gambarnya

Selain alat-alat di atas, pastikan juga Anda sudah menyiapkan mesin jahit untuk menjahitnya. Jika tidak ada, maka Anda juga bisa menjahitnya secara manual namun hasilnya mungkin tidak akan serapi mesin jahit. Nah, berikut adalah langkah-langkah membuat tempat HP dari kain flanel tersebut beserta dengan gambarnya:

  1. Bentangkan kain flanel di atas meja, letakkan ponsel Anda di dalam kain flanel tersebut. Kemudian, lipat kain hingga tampak seperti membungkus handphone. Tandai dengan kapur, lalu potong kain tersebut.

tempat hp dari kain flanel

  1. Berikan ruang sedikit agar nantinya ponsel Anda tidak terlalu sesak di dalam tempat HP. Potong kain liner satu ukuran dengan kain flanel yang tadi sudah dipotong.
  2. Satukan kain flanel dan liner dengan menjepit keduanya menggunakan binderclip.

softcase hp dari kain flanel

  1. Jahit tepian kain dengan mesin jahit. Pastikan jahitan tersebut sudah kuat.
  2. Lipat kain menjadi dua (seperti bentuk dompet wanita), tetapi sisakan sedikit bagian atasnya yang nantinya akan menjadi tutup tempat HP. Lalu jahit kedua tepi kain yang sudah dilipat agar ponsel Anda tidak tergelincir keluar.

casing hp dari kain flanel

  1. Setelah itu, jahit kancing pada bagian muka atas tempat HP. Kemudian, satu kancing lainnya dijahit pada bagian muka bawah tempat HP. Untuk menjahit kancing, Anda harus menjahitnya secara manual.
  2. Ikat kedua kancing tersebut dengan tali atau pita.
  3. Ta-da! Tempat HP dari kain flanel sudah jadi dan siap digunakan.

Selain untuk membuat tempat HP, langkah-langkah di atas juga bisa Anda gunakan untuk membuat tempat tablet ataupun laptop. Silahkan sesuaikan ukurannya sesuai dengan perangkat yang akan Anda gunakan.

Membuat Tempat HP Tanpa Dijahit

“Saya tidak ahli dalam urusan menjahit, apakah ada cara membuat HP yang tidak memerlukan teknik menjahit?” Ada. Cara membuat tempat HP tanpa perlu menjahit ini sangat cocok untuk Anda yang mungkin tidak memiliki ketrampilan menjahit. Bahkan, tempat HP yang tidak dijahit ini cukup unik dan tahan air, lho!

Sebelum menuju ke cara membuat tempat HP dari kain flanel tanpa menggunakan teknik menjahit, Anda bisa mengumpulkan alat dan bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu:

  • Kain flanel yang warnanya senada dengan warna lakban
  • Lakban (2 buah) sesuai dengan warna favorit Anda
  • Selotip velcro
  • Pisau tajam
  • Papan pemotongan
  • Gunting

Berikut adalah langkah-langkah membuat tempat HP dari kain flanel tanpa dijahit:

  1. Letakkan ponsel di atas kain flanel. Kemudian, gambar ukuran ponsel Anda di atas kain flanel. Berikan sedikit ruang lebih untuk ponsel Anda. Pada bagian atas gambar ponsel di kain flanel tambahkan garis yang nantinya akan menjadi tutup tempat HP.

bungkus hp dari kain flanel

  1. Setelah Anda memastikan HP sudah bisa terbungkus rapi dengan kain flanel, potong kain tersebut.
  2. Tutup kedua tepi kain yang terbuka dengan lakban, pastikan bagian atas (penutup) tidak ikut dilakban.

tempat hp tanpa dijahit

  1. Selanjutnya, tutup seluruh bagian depan kain flanel menggunakan lakban. Dalam tutorial ini kami menggunakan lakban berwarna hitam agar terlihat netral dan elegan.
  2. Tambahkan lakban berwarna lain di bagian tengah tempat HP agar terlihat ada perpaduan warna yang menarik.
  3. Tempelkan selotip velcro di bagian dalam penutup tempat HP dan satu lagi di bagian muka. Nantinya, kedua selotip velcro ini harus saling menempel agar bisa merekat. Selotip velcro ini menjadi pengganti kancing dan tali seperti pada cara membuat tempat HP dengan teknik jahit.

tempat hape dari flannel

  1. Coba masukkan ponsel ke dalam tempat HP baru Anda, kemudian tutup dengan melekatkan selotip velcro yang sudah dipasang.
  2. Finally, tempat HP dari kain flanel dan lakban sudah siap digunakan!

cara membuat dompet hp dari kain flanel

Sebagai catatan, pada cara yang pertama kita menggunakan kain liner yang berguna untuk menjaga ponsel Anda terhindar dari benturan dan gesekan. Pasalnya, kain liner memiliki tekstur yang agak tebal menyerupai sterofoam.

Nah, di cara kedua sebenarnya Anda tidak perlu melapisi bagian dalam kain flanel dengan kain liner, tetapi jika Anda ingin memberikan proteksi lebih untuk ponsel, Anda bisa memasang kain liner di bagian dalam tempat HP tersebut.

Bagaimana? 2 cara membuat tempat HP dari kain flanel di atas tidak terlalu susah bukan? Alat dan bahan yang dibutuhkan pun juga sangat mudah didapatkan. Tempat HP buatan sendiri ini tentu akan lebih berkesan dibanding Anda membelinya di toko.

Ide membuat tempat HP dari kain flanel ini juga bisa dijadikan referensi untuk memberi hadiah pada orang terdekat. Anda juga bisa menambahkan stiker atau hiasan yang lucu pada bagian luar tempat HP dari kain flanel ini, seperti bunga mawar dan lainnya. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

2 Responses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *