Bacaterus / Resep Masakan Tahu / Cara Membuat Tahu Gejrot Pedas Khas Cirebon

Cara Membuat Tahu Gejrot Pedas Khas Cirebon

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa yang tak kenal dengan tahu gejrot? Makanan khas Cirebon ini memiliki cita rasa yang sangat khas. Campuran tahu kecil yang dipotong-potong plus bumbu pedasnya yang khas sangat cocok dinikmati di berbagai suasana. Sayangnya, penjual tahu gejrot ini cukup sulit ditemui di luar daerah Cirebon. Maka dari itu kali bacaterus.com akan mengulas cara membuat tahu gejrot pedas khas Cirebon.

Kilas Sejarah tentang Tahu

Sebelum mengulas cara buat tahu gejrot, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu sejarah dari tahu itu sendiri. Meskipun banyak disebut sebagai makanan rakyat di indonesia, namun sebenarnya tahu berasal dari Tiongkok atau Cina. Tahu dapat diartikan sebagai olahan kedelai yang difermentasi.

Sebutan tahu ini di negara asalnya disebut dengan doufu, bahkan di negara tertentu disebut dengan nama tofu. Tahu merupakan salah satu makanan yang selalu menemani makanan orang Indonesia sehari-hari. Tahu hampir selalu ada mulai dari rumah, warteg, rumah makan, bahkan sampai restoran besar sekalipun.

Masyarakat Indonesia tetap mempertahankan tahu sebagai salah satu resep atau pelengkap menu makanan. Sekarang ini, banyak olahan resep masakan yang berbahan dasar tahu seperti tahu goreng, perkedel tahu, pepes tahu, tumis tahu, goreng tahu isi toge atau gehu, bistik tahu, semur tahu, bacem tahu, tahu crispy, dan olahan tahu lainnya.

Salah satu olahan masakan dari bahan dasar tahu yang patut dicoba adalah tahu gejrot. Resep makanan khas Cirebon ini sangat digemari oleh masyarakat luas di nusantara bahkan masyarakat dunia sekalipun karena rasanya yang sangat khas nikmat dan sedap.

Tahu gejrot merupakan olahan tahu yang diberi bumbu kuah special. Tahu yang dijadikan bahannya juga berbeda dari tahu yang biasa dijual di pasaran. Selain itu, penyajiannya juga biasanya langsung menggunakan cobek kecil dan tidak disajikan di piring ataupun di mangkuk.

Nah, berikut ini akan disajikan resep membuat tahu gejrot serta resep kuah tahu gejrot yang bisa Anda coba dengan mudah di rumah. Miri kita intip cara pembuatannya!

Bahan-Bahan Resep Tahu Gejrot Enak

Cara membuat tahu gejrot

Bahan utama yang harus dipersiapkan untuk resep tahu gejrot Cirebon adalah 20 potong tahu khas Sumedang yang bagian tengahnya berpori-pori. Ini merupakan poin penting dalam pembuatan tahu gejrot supaya resep yang disajikan benar-benar terdapat gejrotan yang bercita rasa asam, manis dan sensasi pedas.

Tahu tersebut harus memiliki lubang di tengahnya dan bukan tahu berisi pada seperti biasanya. Selain itu, tahu yang digunakan untuk tahu gejrot ini juga biasanya berukuran kecil. Namun jika Anda tidak menemukan tahu dengan berbagai kriteria di atas, maka Anda dapat menggunakan tahu jenis apa saja.

Bahan-bahan selanjutnya yang harus dipersiapkan dalam cara bikin tahu gejrot ini adalah 30 gram gula merah yang telah disisir halus supaya cepat dan mudah larut dalam kuah tahu gejrot. Kemudian, tambahkan juga air asam jawa sekitar 4 sendok makan, air matang sebanyak 250 ml, dan kecap manis secukupnya.

Setelah bahan-bahan pokok di atas tersedia, maka tambahkan pula bahan bumbu seperti cabai rawit 6 buah, cabai hijau 5 buah, bawang putih 4 siung, dan bawang merah sebanyak 5 siung. Jika sudah terkumpul semuanya, Anda harus mencampur atau mengulek semua bahan bumbu tersebut.

Cara Membuat Tahu Gejrot Sederhana

Langkah pertama, 20 butir tahu Sumedang yang sudah disediakan tadi direndam dengan menggunakan air matang. Setelah itu tambahkan 1 sendok teh garam halus agar sensasi rasa dalam tahu gejrot semakin nikmat. Rendam tahu-tahu tersebut selama 20 menit.

Langkah kedua, goreng tahu-tahu tadi sampai dengan matang lalu angkat dan tiriskan. Supaya tahu-tahu tadi menjadi lebih mudah dimakan, maka potonglang kecil-kecil menjadi beberapa bagian. Untuk cara membuat kuah tahu gejrot, didihkan 250 ml air lalu tambahkan asam jawa dan gula merah kemudian tunggu hingga benar-benar mendidih.

Terakhir, sajikan tahu-tahu tadi ke dalam sebuah wadah dan tambahkan air bumbu serta sensasi cabai ulek yang telah disediakan sebelumnya. Agar rasanya lebih nikmat, sebaiknya sajikan tahu gejrot ini bersama cobek kecil yang digunakan untuk mengulek bumbu-bumbunya.

Manfaat Tahu Bagi Kesehatan Manusia

Makan tahu gejrot, siapa takut! Kandungan gizi yang berasal dari tahu yang memiliki bahan utama dari kacang kedelai memang sangat kaya. Kandungan protein nabati dari tahu yang tinggi akan mencukupi asupan protein yang kita butuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Di samping itu, tahu sangat bermanfaat untuk mencegah timbulnya penyakit asam urat. Kemudian, tahu ini merupakan makanan yang rendah kolesterol sehingga dapat mencegah resiko penyakit jantung atau kardiovaskular.

Lebih jauh lagi, jika Anda sering mengalami kurang darah, tahu juga kaya akan zat besi sehingga dapat mencegah penyakit anemia. Terakhir, tahu juga dapat bersifat sebagai antikanker sehingga resiko penyakit tersebut dapat diminimalisir dengan baik.

Nah maka dari itu tunggu apa lagi, jika di sekitar rumah Anda tidak ada pedagang tahu gejrot maka kini Anda dapat mencoba membuatnya sendiri di rumah. Cara membuat tahu gejrot di atas sangat mudah dan bahan-bahannya ada di sekitar kita. Hidangan tahu gejrot ini juga bisa disajikan dengan olahan kedelai lain seperti tempe mendoan yang pernah kita ulas resepnya di artikel ini.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *