Bacaterus / Belajar Yuk! / Beginilah Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar

Beginilah Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 November 2018

Semua manusia tentunya membutuhkan banyak hal untuk memenuhi kehidupannya. Baik itu sandang, pangan, ataupun papan yang kemudian disebut sebagai kebutuhan primer. Untuk memenuhi semua itu, maka harus ada biaya atau pengorbanan yang harus dikeluarkan yaitu uang. Untuk mendapatkan uang, seseorang tentunya harus bekerja, baik itu membuka usaha sendiri, ataupun bekerja pada perusahaan milik orang lain.

Dengan bekerja, seseorang akan menerima upah dan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan kehidupan. Namun, jika kamu yang ingin bekerja pada perusahaan orang lain, tentu saja tidak sembarangan untuk bisa masuk bekerja. Akan tetapi, pertama-tama kamu harus membuat dan mengirimkan surat lamaran kerja terlebih dahulu.

Surat lamaran kerja adalah surat yang menyatakan permohonan untuk bekerja pada suatu lembaga. Surat lamaran kerja bisa dibuat karena adanya informasi lowongan pekerjaan. Informasi tersebut bisa didapat dari iklan, permohonan instansi pada sekolah-sekolah, informasi dari orang lain ataupun pengumuman resmi langsung dari perusahaan.

Selain dari informasi di atas, kamu juga bisa membuat surat lamaran kerja berdasarkan inisiatif sendiri. Lalu, bagaimanakah cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar? Silakan cermati pemaparan di bawah ini.

Sebelum Membuat Surat Lamaran Kerja

Sebelum Membuat Lamaran Kerja

* sumber: juragancipir.com

Sebelum kita mulai membuat surat lamaran kerja, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam menulis surat lamaran kerja.

1. Kerapian

Surat lamaran kerja yang kamu buat harus terjamin karapiannya, baik itu dalam tulisan maupun susunan strukturnya. Jika surat lamaran kerjamu rapi, maka semakin besar peluangmu untuk diterima di instansi yang kamu inginkan.

2. Kebersihan

Selain kerapian, kebersihan pun harus diperhatikan. Pastikan surat lamaran kerjamu bersih, baik dari coretan pulpen atau dari noda yang lainnya.

3. Komponen Surat

Komponen surat harus selalu diperhatikan, karena jika tidak diperhatikan, surat lamaran kerjamu tidak akan terstruktur dengan baik dan benar.

4. Ejaan yang Disempurnakan

Ejaan yang kamu tulis merupakah hal yang sangat penting. Jika tidak diperhatikan, surat lamaran kerjamu akan fatal. Ejaan yang kamu tulis harus sesuai dengan PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia).

5. Bahasa

Bahasa yang digunakan pada surat lamaran kerja tentunya harus menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan kaidah. Selain itu, bahasa yang digunakan harus sopan dan tidak menyinggung siapapun.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Setelah mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan dalam menulis surat lamaran kerja, selanjutnya kita langsung membuat surat lamaran kerja tersebut sesuai dengan strukturnya. Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan :

1. Siapkan Bahan dan Peralatan

Siapkan Bahan dan Peralatan

* sumber: lasers18.blogspot.com

Sebelum mulai menulis sebuah surat lamaran kerja, maka hal yang harus kamu lakukan adalah mempersiapkan bahan dan peralatannya terlebih dahulu, seperti kertas dan alat tulis. Pastikan kertas yang kamu pakai bersih dan tidak terdapat noda.

2. Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat

Tempat dan tanggal pembuatan surat

* sumber: m.tribunnews.com

Setelah bahan dan alat siap, maka langkah pertama yaitu menuliskan tempat dan tanggal pembuatan surat di pojok kanan atas tanpa titik di akhir karena bukan merupakan kalimat.

Contoh:

Bandung, 13 Juli 2017

3. Lampiran dan Hal

Lampiran dan hal

* sumber: pixabay.com

Langkah yang kedua adalah menuliskan lampiran dan hal. Dalam penulisan lampiran dan hal tidak disingkat, misalnya “lamp”. Pada penulisan lampiran, jumlah hal yang terlampir ditulis dengan huruf. Penulisan lampiran dan hal ini disimpan di bawah tempat dan tanggal pembuatan surat namun berada di pojok kiri.

Contoh:

Lampiran : empat lembar

4. Alamat Surat

Alamat surat

* sumber: wakulaku.blogspot.com

Setelah lampiran dan hal dibuat, maka selanjutnya adalah menulis alamat surat. Pada penulisan alamat surat, tidak boleh menggunakan kata “kepada” akan tetapi “Yang Terhormat/Yth”. Alamat surat disarankan tidak lebih dari 3 baris, jabatan tidak boleh menggunakan jenis kelamin seperti “Bapak” atau “Ibu”. Serta, untuk penulisan “Jalan” pada alamat yang dituju tidak boleh disingkat seperti “Jl”.

Contoh:

Yth. Pimpinan Hotel Bintang

Jalan Ir. H. Djuanda Nomor 11, Cianjur

Cianjur

5. Salam Pembuka

Salam Pembuka

* sumber: technocenterid.blogspot.com

Pada salam pembuka, kata yang digunakan tidak boleh kata yang menerangkan waktu. Misalnya “Selamat pagi”, “Selamat siang” atau yang lainnya. Hal itu karena pihak yang membaca surat lamaran kerja tidak bisa diprediksi kapan mereka membaca surat lamaran tersebut. Maka dari itu, kata yang tepat digunakan adalah “Dengan hormat” lalu disusul tanda “,” di akhir katanya.

Contoh:

Dengan hormat,

Berdasarkan…….

6. Alinea Pembuka

Alinea Pembuka

* sumber: pekanbaru.tribunnews.com

Pada alinea pembuka, bahasa yang digunakan harus baik dan sopan serta tidak menyinggung pihak instansi yang membacanya. Pada alinea ini, pelamar biasanya menuliskan sumber berita tentang lowongan pekerjaan yang ia dapatkan, posisi pekerjaan yang dituju, serta pernyataan umum yang menggambarkan diri pelamar.

Contoh:

Berdasarkan informasi yang saya baca pada “Harian Kabar” tentang lowongan pekerjaan sebagai ACCOUNTING, maka…..

7. Isi

Isi

Pada bagian isi surat, ada beberapa hal yang harus ditulis yaitu identitas diri, seperti nama, tempat dan tanggal lahir, agama, pendidikan terakhir, alamat, dan nomor telepon atau bisa ditambahkan lagi sesuai keperluan.

Dalam penulisan keterangan, huruf awal yang digunakan adalah huruf kecil. Selain identitas diri, pada isi surat juga disampaikan maksud dan tujuan pelamar kerja menulis surat tersebut dan jangan lupa menyatakan lampiran yang kamu lampirkan, seperti fotokopi ijazah, pas foto, atau fotokopi kartu tanda penduduk.

Contoh:

nama                                : Arfandi Rachman

tempat, tanggal lahir       : Jakarta, 18 Februari 2000

pendidikan terakhir         : S-1 Ekonomi

alamat                              : Pondok Jagung, BSD Serpong, Tangerang Selatan

8. Penutup

Penutup

* sumber: www.mukomukoshare.com

Pada bagian penutup, pelamar kerja harus menuliskan keantusiasannya terhadap instansi yang dituju agar menambah kesan serius dan berkeinginan tinggi untuk bekerja pada instansi tersebut.

Contoh:

Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat, besar harapan saya untuk dapat menjadi bagian dari perusahaan…..

9. Salam Penutup

Salam penutup

* sumber: blog.bahaso.com

Jika pada awal terdapat salam pembuka, maka pada akhirnyapun harus terdapat salam penutup. Salam penutup ini ditulis sebagai bentuk penghormatan dan sopan santun. Pada penulisan salam penutup biasanya diikuti dengan tanda “,” pada akhir kata.

Contoh:

Dengan hormat,

10. Tanda Tangan dan Nama

 

* sumber: bagiinfo.com

Tanda tangan ini berada pada pojok kanan bawah yang kemudian ditulis juga nama penulis surat. Pastikan kamu tidak mengubah-ubah tanda tangan, dan juga tuliskan nama kamu secara jelas dan benar tanpa ada salah penulisan, ya.

Setelah mencermati beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis surat lamaran kerja lengkap dengan cara menulis yang baik dan benar sesuai dengan strukturnya, semoga kamu dapat terbantu dalam membuat surat lamaran kerja yang akan kamu buat dan diterima pada instansi yang dituju.

Jangan lupa untuk memastikan kerapian dan kebersihan dari surat lamaran pekerjaan yang kamu buat, ya. Pastikan juga pemilihan kosa kata yang kamu tulis sudah baik dan benar juga tidak ada unsur yang menyinggung siapapun. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan serta pengetahuan untuk kita semua khususnya untuk kamu yang akan membuat surat lamaran pekerjaan.

Punya permasalahan dengan teman kantor? Baca artikel Cara Menghadapi Teman Kantor yang Ingin Menjatuhkan Kita ini. Punya tips lainnya? Tuliskan di kolom komentar, ya!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Saya adalah seorang pelajar yang masih duduk di bangku SMK Negeri di Cianjur. Cita-cita utama saya adalah ingin membahagiakan orang tua,menjadi pribadi yang bermanfaat bagi banyak orang, serta menjadi manusia yang memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik. Sementara cita-cita untuk karir saya sangatlah banyak. Bisa dibilang saya ingin menggeluti berbagai macam profesi seperti menjadi pengusaha, photografer, jurnalis, content creator, dan masih banyak lagi karena saya menyukai hal-hal yang baru. Hobi saya adalah travelling dan memotret.

Leave A Comment