Bacaterus / Vokal / 10 Cara Membuat Suara Serak yang Bisa Dicoba di Rumah

10 Cara Membuat Suara Serak yang Bisa Dicoba di Rumah

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Setiap orang memiliki ciri khas suara yang berbeda-beda. Ada yang suaranya lembut, ada yang suaranya sangat besar meskipun sedang bicara biasa, dan ada pula yang suaranya serak secara alami meskipun ia tidak sedang sakit tenggorokan. Beberapa orang terobsesi memiliki suara serak yang menurut mereka lebih enak didengar. Apakah Anda juga termasuk salah seorang yang ingin memiliki suara serak?

Bagi Anda yang ingin memiliki suara serak, Bacaterus punya 10 cara membuat suara serak yang bagus dan bisa Anda coba di rumah. Meskipun kami tidak menyarankan Anda untuk mengubah suara agar menjadi serak, tetapi jika Anda memang terobsesi memiliki suara serak, cara-cara ini bisa segera Anda coba di rumah. Tapi, ini bukanlah cara instan yang bisa membuat suara serak dalam semalam, ya.

1. Banyak Berbicara

Banyak Berbicara Cara Membuat Suara Serak

Terlalu banyak bicara ternyata bisa membuat suara kita serak secara alami, lho. Ketika Anda berbicara, pita suara akan bergetar. Jika Anda berbicara terus menerus, lama kelamaan suara akan melemah dan menjadi serak.

Cara membuat suara serak dengan banyak berbicara ini akan semakin ampuh jika Anda berbicara dengan volume yang keras. Namun, Anda pun perlu waspada karena berteriak atau berbicara dengan volume yang sangat keras dapat menyebabkan peradangan pada pita suara. Memang suara akan menjadi serak, tapi tenggorokan juga akan terasa sakit akibat peradangan.

2. Berteriak

Berteriak

Selain berbicara, berteriak juga menjadi salah satu penyebab suara terdengar serak. Akan tetapi, Anda harus siap menanggung risiko mengalami radang tenggorokan. Meskipun nantinya Anda akan memiliki suara yang serak, tapi tenggorokan jadi terasa sakit dan Anda mengalami kesulitan menelan.

Berteriak bisa dilakukan di mana saja asalkan tidak mengganggu ketenangan orang lain. Apabila Anda tidak menemukan tempat di mana Anda bebas berteriak, maka Anda bisa melakukannya di kamar sambil menutupi wajah dengan bantal. Bantal akan meredam teriakan Anda sehingga tidak mengganggu orang lain.

3. Bernyanyi

Bernyanyi

Alasan mengapa banyak penyanyi yang mengalami permasalahan pada pita suara adalah menyanyi merupakan kegiatan yang menuntut pita suara bekerja lebih ekstra. Bagi Anda yang ingin memiliki suara serak, cobalah menyanyi dengan nada tinggi atau nada-nada yang tidak Anda kuasai.

Menyanyi dengan nada tinggi akan membuat suara jadi semakin serak. Anda bisa bernyanyi leluasa dengan nada tinggi ketika berada di karaoke. Pilih lagu dengan nada tinggi sehingga Anda pun bisa turut menyanyikannya. Jika tidak ingin pergi ke tempat karaoke, nyanyi saja saat mengemudikan mobil sambil menutup kaca jendela.

4. Biarkan Mulut Terbuka

Biarkan Mulut Terbuka

Apakah Anda memiliki kebiasaan tidur dengan mulut terbuka? Jika ya, maka Anda pasti akan merasakan tenggorokan jadi lebih kering dan suara juga mengalami perubahan. Nah, itu sebabnya kami merekomendasikan cara membuat suara serak dengan sering-sering membuka mulut.

Ketika Anda membuka mulut dalam waktu yang lama, tenggorokan akan terasa kering dan lelah. Kondisi ini akan berimbas pada perubahan suara menjadi lebih serak. Jika malu beraktivitas sambil memuka mulut, pertahankan saja kebiasaan tidur sambil membuka mulut agar suara jadi lebih serak.

5. Batuk atau Berdeham

Batuk atau Berdeham

Batuk adalah usaha tubuh untuk mengeluarkan cairan atau benda lain yang masuk ke dalam saluran pernafasan, seperti ketika Anda sedang mengalami batuk berdahak, batuk adalah usaha mengeluarkan dahak dari saluran pernafasan. Untuk bisa batuk, Anda tidak perlu harus terinfeksi bakteri atau virus penyakit kok.

Anda bisa membuat batuk Anda sendiri. Semakin sering Anda batuk-batuk dan berdeham, maka akan terjadi iritasi laring yang dapat berujung pada peradangan. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa usaha ini cukup berisiko pada kesehatan tenggorokan. Jadi, pikirkan masak-masak sebelum Anda memaksakan diri untuk batuk.

6. Kurangi Asupan Air Putih Sehari-hari

Kurangi Asupan Air Putih Sehari-hari

Normalnya, manusia wajib mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas setiap hari. Namun, ada pula orang yang membutuhkan asupan air putih lebih banyak. Selain untuk mencegah dehidrasi, minum air putih juga dapat membasahi tenggorokan agar tidak kering. Namun, jika Anda ingin memiliki suara serak, sebaiknya kurangi konsumsi air putih sehari-hari.

Cara membuat suara serak secara alami adalah mengurangi konsumsi air putih sehari-hari. Bila Anda merasa dahaga ketika habis berbicara, tahan saja dan jangan membasahi tenggorokan dengan air putih. Yang penting jangan sampai Anda mengalami dehidrasi karena usaha ini, ya!

7. Konsumsi Makanan Bersifat Asam dan Minum Susu

Konsumsi Makanan Bersifat Asam dan Minum Susu

Ada sejumlah makanan yang dapat membuat suara serak. Makanan tersebut adalah makanan yang bersifat asam yang tinggi, seperti lemon, cuka, dan permen asam. Makanan-makanan asam dapat menjadi solusi bagi Anda yang ingin memiliki suara serak.

Solusi lain adalah minum susu. Susu memang tidak termasuk minuman yang bersifat asam. Namun, susu dapat meningkatkan produksi dahak sehingga dapat menyebabkan batuk. Batuk akan mengiritasi tenggorokan sehingga suara berubah menjadi serak. Jadi, cobalah untuk mulai menikmati susu sambil menyantap makanan asam untuk memiliki suara serak lebih cepat.

8. Konsumsi Minuman Dingin

Konsumsi Minuman Dingin

Cara membuat suara serak yang satu ini sangat ampuh bagi orang-orang yang tidak terbiasa mengonsumsi minuman dingin. Ya, konsumsi minuman dingin adalah cara alami agar Anda memiliki suara yang serak, apalagi jika Anda bukan tipikal orang yang selalu minum air dingin setiap saat.

Biasakan diri untuk mengonsumsi minuman dingin mulai saat ini. Pasalnya, minuman dingin dapat mengiritasi tenggorokan dan membuat suara jadi terdengar serak. Yuk, nikmati segelas air dingin saat ini juga agar Anda segera mendapatkan suara serak.

9. Latihan Berbisik

Latihan Berbisik

Jika selama ini Anda berbicara dengan volume suara yang keras, kini cobalah untuk latihan berbisik. Ya, berbisik adalah cara yang baik dan aman untuk membuat suara serak. Dengan berbisik, Anda akan membuat pita suara menjadi terbiasa untuk meredam volume suara yang terlalu keras.

Latihan berbisik ini bisa Anda lakukan sendiri atau dengan minta bantuan orang lain. Sangat disarankan untuk meminta bantuan orang lain agar Anda dapat berkonsentrasi berbisik sepelan mungkin. Metode menyerakkan suara dengan latihan berbisik ini dijamin aman dan tidak berbahaya bagi kesehatan.

10. Buat Diri Sendiri Pilek

Buat Diri Sendiri Pilek

Pilek adalah suatu gangguan pernafasan yang juga berhubungan dengan batuk. Ketika seseorang mengalami pilek, mereka akan batuk-batuk dengan sendirinya. Alhasil, suara orang yang masih pilek akan terasa besar.

Oleh karena itu, ketika Anda ingin memiliki suara yang serak, Anda bisa membuat diri Anda menjadi pilek sendiri. Misalnya, turunkan suhu pendingin ruangan semaksimum mungkin. Selain itu, berada di tempat dengan suhu udara rendah, seperti di puncak, juga bisa membuat Anda pilih sehingga berujung pada suara yang serak.

10 cara membuat suara serak ini sangat bisa dicoba di rumah. Walaupun tidak terbukti 100 persen ampuh, tetapi cara ini bisa membuat orang menjadi lebih percaya diri. Apalagi jika yang menginginkan suara serak adalah sahabat Anda, mintalah ia untuk membandingkan sisi positif dan negatifnya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

6 Responses

  1. Bodoh kali kau,masa biarin diri sendiri pilek,adanya otak kau?!

  2. bisakah meningkatkan nada rendah sampai serendah rendahnya

    1. Hai, dicoba saja dulu tidak ada salahnya ^^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *