Bacaterus / Mainan Anak / Cara Mudah Membuat Squishy yang Menyenangkan di Rumah

Cara Mudah Membuat Squishy yang Menyenangkan di Rumah

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berbicara mainnya yang unik, Squishy tentu termasuk salah satunya. Meskipun Squishy sering dimainkan oleh anak-anak karena bentuknya yang lucu dan menggemaskan, namun Squishy juga memiliki banyak manfaat bagi orang dewasa.

Nah, bagi kamu yang belum tahu apa itu Squishy, jangan khawatir karena dalam ulasan kali ini kita akan membahas tuntas tentang Squishy. Penasaran? Simak ulasan tentang manfaat dan cara membuat Squishy yang menyenangkan di rumah berikut ini yuk!

Squishy Bermanfaat Sebagai Mainan Pelepas Stress

Squishy Bermanfaat Sebagai Mainan Pelepas Stress

Squishy merupakan mainan berbentuk karakter yang memiliki tekstur lembut, kenyal dan bila ditekan akan kembali seperti semua. Squishy sendiri dipopulerkan pertama kali oleh negara Jepang.

Pada awalnya Squishy merupakan produk berbentuk bola yang digunakan untuk menghilangkan stres, namun seiring waktu Squishy semakin disukai oleh anak-anak karena bentuknya yang lucu dan unik. Squishy sendiri berbahan dasar busa yang lembut.

Selain bermanfaat untuk menghilangkan stres, Squishy juga bisa dimanfaatkan menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan misalnya bisa juga untuk dijadikan kado ulang tahun. Dengan berbekal kreativitas Squishy pun dapat dibentuk menjadi barang-barang unik mulai dari gantungan kunci, gantungan Hp, tempat pena, hiasan pensil, dan lain-lain.

Bentuknya yang fleksibel ketika diremas ini memang dipercaya mampu mengurangi ketegangan. Beberapa orang bahkan menggunakannya sebagai terapi untuk mengembalikan mood. Karena bentuknya yang unik dan lucu, Squishy pun sering dijadikan koleksi tidak hanya oleh anak-anak tapi juga oleh orang dewasa.

Cara Membuat Squishy

Cara Membuat Squishy

Bagi kamu yang ingin membuat Squishy sendiri di rumah, Jangan khawatir karena kali ini Bacaterus akan memberi tips untuk membuat Squishy menggunakan 3 cara agar kamu bisa mempraktikkannya di rumah.

1. Cara Membuat Squishy dari Spons

Cara Membuat Squishy dari Spons

Squishy berbahan dasar Spons memang menjadi pilihan banyak orang karena bahan bakunya yang mudah ditemukan. Squishy yang terbuat dari Spons ini bisa kamu bentuk sesuai dengan yang kamu inginkan. Bagaimana cara pembuatnya? Simak berikut ini yuk!

  • Persiapan
  1. ‌Bahan utama yang kamu butuhkan untuk membuat Squishy dengan cara ini adalah Spons atau busa. Jenis busa yang dapat digunakan pun beragam. Kamu bisa menggunakan busa untuk mencuci piring atau busa yang biasa di gunakan untuk kecantikan.
  2. Bahana yang kita perlukan adalah bahan perekat. Kamu bisa menggunakan lem silikon ataupun acrilic yang memiliki tekstur lentur dan tidak kaku saat di bentuk.
  3. ‌Sementara untuk alat yang akan digunakan adalah gunting untuk membentuk busa dan memotong sesuai dengan bentuk yang kamu inginkan.
  4. ‌Kuas dan cat untuk mewarnai Squishy. Biasanya cat yang sering digunakan untuk membuat Squishy adalah Puffy Paint (cat timbul). Untuk warnanya sendiri dapat disesuaikan dengan kebutuhan warna yang ingin kamu pakai.
  • Langkah Membuat Squishy dari Spons 
  1. ‌Pertama buatlah desain gambar yang akan kamu jadikan Squishy. Sebagai pemula buatlah gambar sederhana untuk percobaan.
  2. ‌Setelah menggambar desain yang kamu inginkan. Selanjutnya potong busa sesuai dengan bentuk yang kamu gambar.
  3. ‌Setelah potongan yang dibutuhkan untuk membentuk karakter Squishy yang akan kamu siap. Kemudian lem perekat untuk menggabungkan potongan spons tersebut sampai membentuk karakter yang kamu inginkan. Biarkan sampai spons kering.
  4. ‌Setelah karakter yang kamu buat terbentuk. Pastikan spons kering agar warna yang dihasil bagus dan kuat pada Squishy. Setelah cat kering, kamu juga bisa menambahkan gantungan kunci atau bisa kamu tempel sebagai penghias pensil.

2. Cara Membuat Squishy dari Slime

Cara Membuat Squishy dari Slime

Selain spons kamu juga bisa membuat Squishy yang terbuat dari bahan dasar Slime, mainan yang memiliki tekstur pekat. Berikut adalah alat dan bahan untuk membuat Squishy berbahan Slime:

  • Persiapan
  1. ‌Slime berwarna putih sebagai bahan utama membuat Squishy.
  2. Spons atau busa.
  3. ‌Kuas dan cat timbul berwarna atau Puffy paint.
  4. ‌Tempat atau wadah untuk menyimpan bahan.
  5. ‌Stik es krim atau sendok untuk mengaduk adonan bahan.
  6. ‌Plastik kecil sebagai alas agar Squishy tidak lengket.
  7. ‌Gunting untuk memotong spons membentuk karakter.
  • Langkah membuat Squishy dari Slime
  1. Potonglah spons sesuai dengan bentuk yang kamu inginkan. Kemudian simpan spons di dalam wadah.
  2. Buat adonan Slime ke dalam beberapa bagian. Setelah itu berikan warna sesuai dengan warna karakter yang akan kamu buat menggunakan cat timbul.
  3. Kemudian aduk Slime yang telah diberi warna sampai bercampur. Lalu tuangkan Slime yang telah diberi warna dasar ke dalam spons berbentuk karakter yang ada di dalam wadah.
  4. Selanjutnya diamkan sepanjang 4 – 8 jam sampai Slime benar-benar kering.
  5. Setelah Slime yang dituang pada karakter Squishy kering. Selanjutnya beri warna tambahan pada Squishy sesuai dengan warna dari karakter yang akan kamu buat. Setelah proses pewarnaan selesai diamkan kembali Slime selama 3 jam sampai Slime benar-benar kering.
  6. Setelah kering masukkan ke dalam plastik dan simpan dalam kulkas. Setelah muncul efek slow, kamu pun bisa memainkan Squishy yang kamu buat.

3. Cara Membuat Squishy dengan Lem Fox

Cara Membuat Squishy dengan Lem Fox

Selain kedua cara di atas kamu juga bisa membuat Squishy dengan menggunakan lem fox. Adapun alat dan bahan untuk membuat squishy dari lem fox adalah sebagai berikut:

  • Persiapan
  1. Siapkan Spons sebagai bahan utama membuat Squishy.
  2. Bahan kedua yang harus kamu siapakah selanjutnya adalah Lem fox.
  3. Kemudian air panas.
  4. Dan terakhir adalah pewarna makanan yang akan digunakan untuk Squishy.
  • Langkah Membuat Squishy dengan Lem Fox
  1. Buatlah bentuk karakter sesuai yang kamu inginkan, bisa berbentuk Roti, Donat, Jamur atau Dadu.
  2. Setelah itu buatlah adonan berbahan lem fox yang dicampur dengan air panas dengan perbandingan yang sama. Buatlah adonan ke dalam beberapa wadah.
  3. Setelah itu tambahkan pewarna makanan sesuai dengan warna yang kamu inginkan ke setiap masing-masing wadah. Kemudian aduk-aduk adonan sampai tercampur rata.
  4. Setelah semuanya selesai Lalu oleskan adonan ke permukaan spons yang telah kamu bentuk dengan warna dasar yang kamu inginkan.
  5. Biarkan Squishy yang telah kamu warnai kering dengan menjemurnya di bawah sinar matahari. Lakukan pewarnaan secara berkala untuk tiap bagian warna dari karakter yang kamu buat. Bila proses pengecatan selesai dilakukan kamu pun bisa langsung memainkan squishy tersebut.

Nah, itulah cara mudah membuat squishy yang menyenangkan. Dengan kreativitas yang kamu miliki. Kamu pun bisa mempraktikkannya di rumah. Semoga informasi tentang cara membuat squishy tadi bermanfaat untuk kamu. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *