Bacaterus / Resep Masakan Ayam / Cara Membuat Semur Ayam Enak Dengan Sensasi Pedas

Cara Membuat Semur Ayam Enak Dengan Sensasi Pedas

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa yang tidak suka dengan olahan masakan yang berbahan dasar ayam. Hampir semua orang suka dengan olahan daging ayam yang super lezat tersebut. Seiring dengan perkembangan zaman, resep masakan dari olahan daging ayam ini semakin beragam saja, salah satu di antaranya yang paling digemari adalah semur ayam. Cara membuat semur ayam juga tidak jauh berbeda dengan olahan lainnya.

Banyak kreasi masakan yang disuguhkan oleh masyarakat kita yang menggunakan bahan dasar ayam seperti ayam bakar, ayam goreng, ayam goreng crispy, ayam panggang, sate ayam, opor ayam, semur ayam dan lain sebagainya. Nah, semur ayam merupakan salah satu olahan yang wajib Anda coba karena resep masakan semur ayam ini mempunyai sensasi rasa nikmat yang luar biasa.

Dalam sejarahnya semur merupakan makanan yang berasal dari Belanda. Di negeri asalnya tersebut, makanan ini disebut sebagai smoor yang kemudian terkenal di Indonesia dengan istilah semur. Smoor sendiri merupakan teknik merebus masakan menggunakan nyala api kecil dalam waktu yang lama untuk menghasilkan daging yang empuk.

Masakan ini mungkin sudah ada semenjak Belanda menjajah Indonesia di abad ke 17. Di Indonesia, semur tidak hanya dikombinasikan dengan daging hewani namun juga dengan berbagai sayuran seperti terong, kentang, jengkol, dan lainnya.

Bahan-Bahan Resep Membuat Semur Ayam

Sebelum beranjak ke cara buat semur ayam, mari kita persiapkan terlebih dahulu berbagai bahan-bahannya. Yang pertama harus kita persiapkan tentu saja ayamnya. Supaya semur ayam Anda banyak dagingnya, maka pilihlah bagian paha atas dan paha bawah. Untuk porsi keluarga, Anda bisa membeli 4 potong, 2 potong paha atas dan 2 potong paha bawah.

Setelah bahan pokok pembuatan semur ayam dipersiapkan, maka sediakan pula bahan-bahan tambahan untuk resep semur ayam enak ini seperti:

  • Minyak goreng secukupnya,
  • Garam ½ sendok teh,
  • Cengkih 2 butir untuk penyedap dan pengharum semur,
  • Pala bubuk kira-kira seperempat sendok teh,
  • Kayu manis sekitar 2 cm,
  • Tomat 2 buah yang telah dipotong-potong,
  • Kecap manis secukupnya,
  • Bawang goreng tabur satu sendok makan,
  • 500 ml santan,
  • Suun 25 gr yang direndam terlebih dahulu di air panas,
  • Cabe rawit utuh disesuaikan dengan selera. Untuk sensasi semur ayam pedas, maka gunakan cabe rawit 15 sampai dengan 20 buah.

Setelah disediakan bahan-bahan di atas; sekarang sediakan bumbu halus yang terdiri dari 6 butir bawang merah, 2 butir kemiri yang telah disangrai, jahe kira-kira 1 cm, bawang putih sebanyak 2 siung, dan garam sekitar ¼ sendok makan.

Semua bumbu-bumbu tadi dicampurkan dan dihaluskan secara bersamaan sehingga nanti dapat meresap ke dalam daging ayamnya sehingga hidangan semur ayam pedas tersebut akan terasa lebih lezat dan juga nikmat.

Cara Membuat Semur Ayam Pedas

cara membuat semur ayam

Bagaimana cara membuat semur ayam sensasi pedas tersebut? Langkah pertama, paha ayam yang telah disediakan diolesi dengan garam, tunggu sampai 30 menit agar rasa garam dapat meresap sempurna. Sementara itu, minyak goreng dipanaskan dalam wajan sampai benar-benar panas.

Kemudian, masukan paha ayam tadi dan goreng sampai setengah matang, jangan terlalu matang karena akan mempengaruhui kualitas semur yang akan dibuat. Langkah selanjutnya, tumis bumbu yang telah dihaluskan tadi lalu tambahkan pala, kayu manis, dan cengkih. Paha ayam yang telah digoreng setengah matang tadi lalu diaduk hingga benar-benar rata.

Langkah selanjutnya, berikan santan dan tambahkan kecap manis, tomat dan cabai rawit kemudian masak sampai mendidih dan tambahkan suun. Sajikan dalam wadah dan taburi dengan bawang goreng. Makanlah selagi hangat supaya sensasi rasanya akan semakin nikmat.

Agar isinya lebih lengkap, Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan lainnya seperti kentang ataupun tahu. Jika tidak ada ayam atau kurang menyukai ayam, maka Anda juga bisa menggantinya dengan bahan yang lain seperti daging sapi, ati ampela ayam, ikan, terong, jengkol, dan kambing.

Cara membuat semur daging sapi dan yang lainnya juga tidak jauh berbeda dengan langkah-langkah di atas. Cara bikin semur ayam di atas juga bisa sedikit dikreasikan agar menjadi semur ayam betawi ataupun menjadi semur ayam untuk bahan pembuatan mie ayam.

https://www.youtube.com/watch?v=L1lDkYmeOcM

Manfaat Mengkonsumsi Ayam

Mengkonsumsi makanan olahan dari daging ayam seperti semur ayam merupakan hal yang patut dipertahankan karena ayam mempunyai sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Daging ayam mengandung zat besi sehingga sangat baik dikonsumsi, terutama bagi mereka yang mengalami penyakit anemia.

Daging ayam juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh (sistem imun) sehingga Anda dapat terhindar dari beberapa penyakit seperti penyakit flu. Kandungan protein dari daging ayam yang sangat tinggi dapat membuat tulang dan otot Anda semakin kuat dan berisi.

Kandungan fosfor dan kalsium dari daging ayam dapat membantu pertumbuhan anak dan menjaga kesehatan gigi. Selain itu, daging ayam juga dipercaya untuk menghilangkan stress, mencegah penyakit radang sendi, dan dapat mencegah kanker.

Itulah langkah-langkah cara membuat semur ayam pedas yang nikmat dan juga lezat. Semur ayam tersebut sangat tepat dikonsumsi bersama nasi ataupun kentang. Jika Anda ingin mengetahui cara membuat kentang goreng ala KFC, silahkan baca resep pembuatannya di artikel ini.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *