Bacaterus / Nanas / Cara Membuat Selai Nanas untuk Nastar dan Roti Tawar

Cara Membuat Selai Nanas untuk Nastar dan Roti Tawar

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Selai nanas merupakan salah satu teman terbaik bagi roti tawar. Selain bergizi, roti tawar yang dicampur dengan selai nanas juga dapat membuat perut kita kenyang dengan seketika. Walaupun saat ini banyak selai nanas instan yang dijual di pasaran, namun selai nanas buatan sendiri tetap yang paling nikmat rasanya. Bagaimanakah cara membuat selai nanas tersebut?

Nanas atau dalam istilah latinnya dikenal dengan sebutan Ananas Comosus merupakan salah satu tanaman yang sering dimanfaatkan pada bagian buahnya. Buah nanas tergolong buah yang cukup unik karena memiliki kulit buah menyerupai sisik yang dilengkapi dengan jambul dan juga tidak memiliki biji.

Ada  perlakuan khusus yang harus dilakukan jika Anda mengupas buah yang super unik tersebut. Cara mengupasnya memang tidak bisa sembarangan karena nanas memiliki rongga-rongga berbulu berwarna coklat seperti lubang hidung manusia.

Nah, jika Anda tidak mengupasnya dengan tidak bersih; maka jika dimakan buah nanas akan terasa gatal pada mulut. Oleh karena itu, kupaslah buah nanas dengan benar dan tidak lupa membuang rongga-rongga yang bisa membuat gatal tadi.

Banyak olahan buah nanas yang telah beredar di pasaran, salah satunya adalah selai nanas. Selai nanas ini biasanya digunakan atau dimanfaatkan untuk pelengkap kombinasi dari roti tawar pada menu sarapan Anda. Rasa roti yang tawar akan sangat enak jika diberikan selai seperti selai nanas.

Jika Anda menginginkan sarapan yang beda dari biasanya, maka Anda dapat mencoba untuk menu sarapan roti tawar plus selai nanas. Sayangnya, produk selai nanas yang beredar di pasaran belum tentu terbuat dari nanas original yang mempunyai segudang manfaat. Oleh karena itu, Anda dapat mencoba terobosan baru dengan cara membuat resep selai nanas di rumah Anda sendiri.

Bahan Selai Nanas

cara membuat selai nanas

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat selai nanas tersebut sangatlah mudah ditemukan. Bahan utama yang harus ada tentunya adalah 1 buah nanas. Pilihlah nanas yang telah matang, harum, dan memiliki kualitas terbaik seperti nanas Subang atau nanas Palembang.

Kualitas nanas yang baik akan sangat mempengaruhi kualitas selai yang akan kita buat. Selanjutnya, sediakan bahan-bahan tambahan meliputi gula pasir sebanyak 200 gram, air jeruk limau sebanyak 2 sendok makan, dan kayu manis sebanyak ½ sendok teh.

Cara Membuat Selai Nanas

Mari kita intip bagaimana cara membuat selai nanas tersebut. Pertama-tama, Anda harus mengupas nanas terlebih dahulu sampai rongga-rongga gatalnya tersebut bersih dengan sempurna. Kemudian, lakukan pemotongan kecil-kecil supaya mudah untuk dibuat selai.

Namun sangat disarankan untuk tidak menggunakan blender karena akan menambah kadar airnya. Lebih baik Anda menggunakan parutan keju saja agar hasil selai lebih halus dan lembut. Jika tidak ada, maka Anda juga dapat menggunakan parutan kelapa biasa.

Langkah berikutnya, masukanlah nanas hasil parutan tersebut ke dalam panci lalu panaskan di atas kompor dengan menggunakan api sedang, jangan terlalu kecil atau terlalu besar. Selanjutnya, tambahkan bahan-bahan pelengkap yang akan membuat rasa selai semakin enak, di antaranya adalah kayu manis, gula pasir, dan air jeruk limau.

Jangan lupa untuk diaduk-aduk sampai benar-benar merata dan tercampur semua bahannya. Durasi memasak yang dibutuhkan untuk membuat selai nanas tersebut kira-kira 30 menit atau tunggu sampai kandungan air dalam selai nanas tersebut berkurang.

Setelah tekstur selainya mulai kelihatan, angkatlah dari dalam panci. Namun jika Anda menginginkan selai nanas kering, maka biarkanlah hingga benar-benar kering. Setelah diangkat, diamkan sejenak agar uapnya pergi dan selai tersebut menjadi dingin.

Setelah itu, masukan selai nanas tersebut ke toples dan simpan di lemari es. Walaupun tanpa bahan pengawet, selai dengan kualitas baik akan mampu bertahan sampai dengan 3 bulan bahkan lebih asalkan disimpan dengan baik.

Manfaat Selai Nanas

Selai nanas kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh kita karena bahan utamanya yaitu buah nanas memiliki banyak kandungan zat yang diperlukan oleh tubuh kita. Pertama, nanas mengandung enzim pencerna protein yang dikenal dengan sebutan proteinase sistein. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk anti-peradangan dan sangat bersahabat dalam melancarkan pencernaan.

Kedua, nanas mengandung Vitamin C yang bermanfaat untuk antioksidan dan imunitas. Ketiga, nanas mengandung mangan Vitamin B1 yang baik untuk menghasilkan energi dan juga sebagai antioksidan. Terakhir, kandungan zat dalam nanas juga dapat bermanfaat untuk degenerasi makula sehingga penyakit kurang penglihatan ketika masuk usia tua dapat dihindari.

Sekarang, segera coba cara membuat selai nanas di atas. Selain untuk roti tawar, selai ini juga dapat digunakan untuk isian nastar atau berbagai kue kering yang sering disajikan pada hari raya lebaran lainnya. Jika Anda ingin mengetahui cara membuat nastar dan berbagai macam kue kering lebaran, silahkan baca tutorialnya di artikel ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *