Bacaterus / Resep Makanan Ringan / Resep dan Cara Membuat Sale Pisang Goreng Enak

Resep dan Cara Membuat Sale Pisang Goreng Enak

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Berbicara mengenai makanan tradisional khas Indonesia seakan tidak ada habis-habisnya. Sebab tanah air kita tercinta ini memiliki jutaan bahkan ribuan makanan tradisional yang tak terhitung jumlahnya. Namun sayang, jajanan tradisional tersebut sekarang ini tergeser dengan kedatangan makanan asing, termasuk salah satunya adalah sale pisang.

Apa Itu Sale Pisang?

Sale pisang merupakan salah satu jajanan tradisional yang terbuat dari irisan buah pisang. Irisan buah pisang tersebut dijemur dibawah terik matahari terlebih dahulu selama 4 atau 5 hari sebelum dilanjutkan ke proses pengolahan berikutnya.

Penjemuran tersebut bertujuan untuk mengurangi kadar air yang ada di dalam buah pisang agar lebih awet dan tahan lama. Setelah dijemur, pisang sale bisa langsung dimakan ataupun digoreng dengan menggunakan balutan adonan tepung terlebih dahulu.

Meskipun bisa dibilang sangat sulit menemui sale pisang sekarang ini, namun banyak pengusaha rumahan yang telah memproduksi sale pisang untuk dijual bebas di luar negeri. Salah satu pusat produksi sekaligus perintis usaha produk sale pisang di Indonesia terletak di daerah Karangpucung dan Majenang, tepatnya di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Selain di Cilacap sekarang ini telah ada banyak juga pengusaha sale pisang yang tersebar di seluruh wilayah nusantara. Menariknya lagi, masing-masing rumah produksi tersebut menawarkan sale pisang dengan rasa nikmat tersendiri.

cara membuat sale pisang kering

Meskipun demikian, dalam memilih sale pisang kita harus memperhatikan beberapa kriteria, mulai dari aroma, rasa, warna, kekenyalan, kerenyahan, dan ketahanan. Sifat-sifat tersebut dipengaruhi oleh pengolahan, pengepakan, dan penyimpanan.

Namun terkadang kualitas dan mutu sale pisang sekarang ini kurang baik, sebab kebanyakan dibuat saat musim hujan tiba sehingga penjemuran irisan pisang kurang kering. Apabila ingin membuat sale pisang saat musim hujan, maka harus dikeringkan dengan menggunakan pengering buatan (dengan sistem tungju).

Termasuk ke dalam produk pengeringan dan pengasapan, sale pisang memiliki rasa yang begitu khas. Saat ini, sudah banyak variasi rasa sale pisang yang dibuat agar bisa bersaing dengan jajanan modern, mulai dari rasa coklat, keju, dan lainnya.

Macam Cara Membuat Sale Pisang

resep sale pisang goreng

Seperti disinggung di atas, ada sekitar 3 metode yang bisa dilakukan membuat camilan tradisional sale pisang ini. Masing-masing cara berikut memiliki kelemahan dan keunggulannya tersendiri, antara lain:

  • Cara tradisional dengan menggunakan asap kayu
  • Cara pengasapan dengan menggunakan asap belerang
  • Cara basah dengan menggunakan natrium bisulfit

Proses pengasapan belerang pada pembuatan sale pisang sendiri bermanfaat untuk membuat pisang lebih pucat sesuai dengan warna yang dikehendaki, mematikan mikroba seperti jamur dan bakteri pada pisang tersebut, serta mencegah perubahan warna ketika disimpan nantinya.

Bahan-Bahan Untuk Membuat Sale Pisang

Nah bagi Anda yang ingin mencicipi jajanan tradisional satu ini namun tidak ada yang menjualnya, maka Anda bisa mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah. Adapun bahan-bahan yang harus dipersiapkan sebelum membuat antara lain:

  • Pisang ambon cukup dengan 2 kg, yang sudah tua dan matang
  • Tepung beras sebanyak 500 gram
  • Tepung terigu cukup dengan 250 gram
  • Margarine seperlunya saja
  • Gula pasir secukupnya
  • Garam sesuaikan dengan kebutuhan
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya

Cara Membuat Sale Pisang

Setelah semua bahan terkumpul, sekarang mari kita mengolahnya. Pertama-tama kupas terlebih dahulu buah pisang ambon tadi. Kemudian gunakan pisau untuk mengiris buah tersebut tipis-tipis. Pastikan jangan sampai putus ketika mengirisnya.

Selanjutnya, buah pisang yang telah diiris tadi silahkan jemur di bawah terik matahari selama kurang lebih 4-5 hari. Biasanya lama waktu penjemuran tergantung dari ketebalan buah pisang yang Anda iris. Semakin tebal maka akan semakin lama. Selain itu, pastikan pula area penjemuran bersih dari berbagai kuman ataupun debu.

Setalah proses penjemuran selesai, siapkan sebuah wadah, kemudian campur antara tepung terigu, tepung beras, gula pasir, garam, dan margarin. Lalu aduk-aduk semua bahan tersebut hingga tercampur secara merata.

Sekarang ambil pisang yang sudah Anda jemur kering tadi, pastikan bersih dari debu dan kotoran. Setelah itu, lumuri irisan pisang kering tadi dengan adonan encer yang telah kita buat secara merata. Lakukan sampai semua irisan pisang habis.

Panaskan minyak secukupnya di atas wajan, ada baiknya Anda menggunakan minyak lebih banyak. Setelah panas, masukan irisan pisang yang telah dibalut dengan tepung tadi dan goreng sampai matang. Tanda bahwa sale pisang sudah matang adalah berubah warna menjadi kuning keemasan.

Kini sale pisang spesial buatan sendiri siap disajikan. Sale pisang ini sangat pas untuk dijadikan cemilan bersama dengan secangkir teh ataupun kopi, Agar tidak melempem, masukan ke dalam toples kedap udara jika ingin menyimpannya dalam waktu yang lama.

Tips Membuat Sale Pisang Lebih Nikmat

Sebenarnya sale pisang di atas sudah memiliki rasa dan aroma yang khas, namun supaya lebih nikmat Anda dapat mengikuti beberapa tips berikut ini:

  • Tambahkan coklat ataupun keju ke dalam adonan

Saat membuat adonan tepung terigu, tambahkan coklat bubuk atau parutan keju agar lebih nikmat. Anda bisa berkreasi sesuai dengan selera sendiri.

  • Masukan ke dalan freezer atau lemari pendingin

Agar tekstur dari sale pisang lebih renyah atau crispy, silahkan masukan terlebih dahulu selama 30 menit sebelum menggoreng adonan. Dijamin, sale pisang buatan Anda semakin lezat dan mantap.

  • Konsumsi saat hari spesial

Sale pisang akan semakin lezat manakala kita konsumsi saat har spesial, seperti ulang tahun, syukuran, ataupun hanya sekedar camilan bersantai bersama keluarga. Jangan lupa, konsumsi sale pisang bersama teh manis agar lebih spesial lagi.

Bagaimana, sekarang sudah tahu kan cara membuat sale pisang? Maka dari itu, langsung saja coba resep di atas di rumah. Karena selain mudah, Anda juga tidak akan mengeluarkan banyak biaya untuk membuatnya. Sekian informasi pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba di rumah.

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *