Bacaterus / Cuci Piring / Yuk, Hemat! Begini Cara Membuat Sabun Cuci Piring di Rumah

Yuk, Hemat! Begini Cara Membuat Sabun Cuci Piring di Rumah

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bagi sebagian besar ibu rumah tangga pasti akrab dengan yang namanya sabun cuci piring. Kebutuhan rumah tangga yang satu ini memang tak pernah absen dalam kehidupan sehari-hari. Karena fungsinya yang sangat penting bagi kebersihan dan kesehatan keluarga, berbagai macam produk cuci piring pun kian menjamur di pasaran.

Nah, berhubung kita sedang membahas sabun cuci piring, kali ini Bacaterus telah merangkum cara membuat sabun cuci piring di rumah yang hemat serta berpeluang untuk dijadikan usaha rumahan. Ingin tahu seperti apa cara pembuatannya? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Manfaat Mencuci Piring yang Baik bagi Kesehatan

Manfaat Mencuci Piring yang Baik bagi Kesehatan

Sebagian besar masyarakat mungkin menganggap kegiatan mencuci piring adalah hal yang sangat tidak menyenangkan dan membosankan. Kotor dan bau menjadi sebuah alasan klasik yang sering muncul berkenaan dengan aktivitas rumah yang satu ini.

Meskipun begitu tahukah kamu bila dalam pekerjaan rumah yang sederhana seperti mencuci piring dapat memberi manfaat yang baik bagi kesehatan? Ya, kegiatan mencuci piring ternyata memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan.

Menurut penelitian yang telah dilakukan di salah satu rumah sakit yang ada di Swedia menyebutkan bahwa presentasi jumlah anak-anak yang tinggal di rumah dengan orang tua yang terbiasa mencuci piring dengan tangan lebih kecil terhadap penyakit kulit dibanding anak-anak yang tinggal dengan keluarga yang menggunakan mesin cuci.

Hal tersebut ternyata memiliki hubungan dengan sistem imunitas tubuh dimana seperti yang kita ketahui bahwa sistem imunitas tubuh manusia berkembang setiap waktu. Jadi bagi yang terbiasa menyentuh benda kotor, sistem tubuhnya akan beradaptasi dan mempelajari lingkungan. Hal tersebut yang membuat tubuh mampu bertahan dan melawan setiap bakteri yang kemudian muncul.

Sementara bagi mereka yang tidak terbiasa memegang benda kotor, resiko pada alergi atau penyakit kulit akibat bakteri akan jauh lebih besar. Sementara itu menurut penelitian yang dilakukan di Florida State University, Amerika Serikat mengatakan bahwa mencuci piring bisa memberi ketenangan pada pikiran dan dapat melepaskan stress lho!

Hal tersebut pun telah diteliti pada sejumlah mahasiswa yang mencuci piring dengan tangan, dimana sebagian besar jumlah mahasiswa yang ikut dalam penelitian mengalami penurunan rasa gugup yang cukup signifikan.

Itu karena pengalaman mencuci piring seperti mencium aroma sabun, merasakan busa yang keluar, suhu air serta bentuk serta rancangan piring. Ternyata banyak sekali manfaat dari mencuci piring ya!

Bahan Baku Membuat Sabun Cuci Piring

Bahan Baku Membuat Sabun Cuci Piring

Nah, setelah mengetahui manfaat yang baik dari mencuci piring bagi kesehatan. Saatnya untuk mengetahui bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sabun cuci piring sendiri di rumah. Selain dapat menekan pengeluaran. Kamu juga bisa membantu ekonomi keluarga dengan berbisnis sabun cuci piring dan dalam hal ini kreatifitas kamu juga ikut berperan penting.

Kembali lagi ke sabun cuci piring, di Indonesia sendiri sabun cuci piring terdapat dua macam yaitu sabun cuci piring cair dan sabun cuci piring berbentuk pasta atau yang sering dikenal dengan sabun ‘colek’.

Dalam bahasan kali ini kita hanya akan mengulas cara membuat sabun cuci piring dalam bentuk cair. Selain karena cara pemakaiannya yang praktis, keberadaan sabun cair juga lebih disukai banyak orang serta memiliki nilai jual yang cukup baik di pasaran.

Kira-kira, apa saja bahan yang dibutuhkan dalam membuat sabun cair? Simak daftar bahan beserta penjelasannya berikut ini yuk!

‌1. Sodium Laurit Sulfat (SLS)

SLS merupakan senyawa surfaktan, senyawa kimia ini dapat mengaktifkan permukaan suatu zat lain yang sebelumnya tidak dapat berinteraksi. SLS sendiri berfungsi untuk mengangkat kotoran. Sementara nama dagang yang populer dan biasa digunakan untuk membuat sabun cuci adalah Texapon.

‌2. Sodium Sulfat

Sodium Sulfat atau Na2SO4 merupakan senyawa yang biasa digunakan untuk mempercepat pengangkatan kotoran serta sebagai bahan untuk pengemulsi atau pengental. Sodium Sulfat sendiri berbentuk serbuk.

‌3. Camperplan

Camperplan merupakan salah satu bahan baku yang digunakan sebagai pengemulsi. Selain itu camperplan juga biasa digunakan untuk meningkatkan jumlah busa.

‌4. Asam Sitrat

Asam Sitrat adalah senyawa asam yang secara alami sering ditemukan pada buah sitrus. Bahan ini digunakan untuk membunuh bakteri dan jamur. Selain itu asam sitrat juga sangat bagus untuk disinfeksi dan pembersih. Bahan ini berfungsi untuk menghilangkan kotoran dan lemak yang menempel pada piring.

‌5. EDTA

EDTA atau Etilen Dijamin Tetra Acid merupakan senyawa asam yang biasa digunakan untuk pengawet sabun cair agar bertahan lama.

‌6. Parfum

Bahan ini berfungsi untuk menambah aroma pada sabun. Aromanya sendiri bermacam-macam mulai dari jeruk nipis, lemon, sirih dan lain-lain.

‌7. Fiksatif

Fiksatif merupakan bahan yang digunakan untuk mengingat parfum serta sebagai penguat parfua. Senyawa ini dapat membuat aroma pada sabun bertahan lebih lama.

8‌. Pewarna

Bahan ini merupakan opsional. Bila kamu berencana membuat sabun cuci piring untuk berwirausaha. Penambahan warna pada produk kamu tentu akan membuatnya semakin menarik.

Cara Membuat Sabun Cuci Piring

Cara Membuat Sabun Cuci Piring

Setelah menyiapkan bahan-bahan di atas, kamu bisa langsung mengolah bahan-bahan tersebut. Karena sebagian besar merupakan bahan kimia, sangat penting untuk tetap berhati-hati. Usahakan bahan-bahan tadi dijauhkan dari jangkauan anak.

Komposisi bahan yang dibutuhkan adalah Texapon 50 gr, Sodium Sulfat 25 gr, Air 400 ml, Asam Sitrat 0,5 gr, Aroma Jeruk Nipis 1 ml, Fiksatif 1 ml dan EDTA 0,5 gr. Nah, untuk proses pembuatnya adalah sebagai  berikut:

1. Campur Texapon sebanyak 50 gr dengan Sodium Sulfat Sebanyak 25 gr. Aduk rata hingga kedua bahan tercampur dan berwarna putih. Masukan air sebanyak 200 ml secara perlahan-lahan sampai semua bahan bercampur dengan rata.

2. Setelah semuanya tercampur rata. Kamu bisa tambahan camperplan secukupnya lalu aduk kembali bahan tersebut sampai bercampur rata.

3. Langkah ketiga tambahkan air kembali sebanyak 60 ml atau 30% dari sisa air. Aduk secara perlahan-lahan sampai rata.

4. Masukan Asam Sitrat sebanyak 0,5 gr. Kemudian masukkan sisa air sebanyak 140 ml lalu aduk kembali sampai semuanya bercampur rata.

5. Setelah semuanya tercampur masukan parfum beraroma jeruk nipis sebanyak 1 ml. Dan aduk kembali.

6. Bila selesai mencampurkan parfum baru tambahkan Fiksatif sebanyak 0,5 ml dan aduk kembali sampai rata. Kamu juga bisa menambahkan bahan ini sesuai dengan yang kamu inginkan.

7. Masukan pewarna hijau secukupnya, kemudian aduk kembali sampai semuanya bercampur rata. Setelah selesai mencampurkan semua bahan, kamu juga bisa melakukan uji coba sabun cuci yang kamu buat. Bila hasilnya pas dengan yang kamu harapkan, kamu bisa tambahkan EDTA sebanyak 0,5 gr. Setelah itu masukan ke dalam botol atau plastik khusus. Dan sabun pun siap digunakan.

Demikianlah cara membuat sabun cuci piring di rumah untuk menghemat atau berwirausaha yang berhasil Bacaterus rangkum untuk kamu. Semoga bermanfaat dan silahkan mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *