Bacaterus / Resep Makanan Ringan / Cara Membuat Roti Maryam yang Enak dan Empuk

Cara Membuat Roti Maryam yang Enak dan Empuk

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sebagian dari Anda mungkin belum mengenal apa yang disebut dengan Roti Maryam. Sesuai dengan namanya yang kearab-araban, maka roti lezat yang satu ini juga diprediksi berasal dari negara Timur Tengah. Namun, pendapat lain mengatakan bahwa roti bulat ini berasal dari India dengan nama Roti Cane.

Di sisi lain, penamaan roti Maryam di beberapa negara juga sangat beragam, misalnya di Cina dinamai Yin Du Jiang Bing, di Malaysia dan Singapura disebut Prata, di Myanmar disebut Palata, bahkan di beberapa negara Eropa dinamai dengan nama roti terbang atau Flying Bread.

Kue Maryam mempunyai bentuk yang cenderung bundar serta adonan tepungnya unik dan berlapis-lapis. Lebih dari itu, sensasi rasa yang dimiliki oleh roti yang satu ini ternyata cenderung tawar atau datar namun roti bulat ini memiliki sensasi gurih yang berasal dari tepung dan telur.

Usut punya usut, roti ini juga dipercaya sebagai cikal bakal adanya makanan olahan bernama Martabak. Martabak sendiri sudah tentu tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Hampir di setiap jalan pasti ada pedagang martabak dengan gerobak kaki limanya yang khas.

Jika dilihat dari bahan-bahan yang digunakan ternyata roti maryam mempunyai kemiripan yang sangat signifikan dengan martabak. Yang membedakan antara kedua makanan tersebut adalah Martabak cenderung mempunyai aneka ragam rasa dengan isian dan bumbu yang beragam pula.

Nah kali ini bacaterus.com akan mengulas resep dan cara membuat roti maryam yang empuk dan juga enak. Dengan mengikuti resep ini maka Anda tidak perlu lagi susah payah mencari penjual yang menjajakan roti maryam.

Bahan-Bahan

Ada beberapa bahan pokok yang harus disediakan ketika Anda ingin membuat Roti Maryam, yaitu tepung terigu berprotein tinggi sekitar 1 kg, kuning telur yang berasal dari dua butir telur ayam, serta 2 butir telur ayam kampung untuk memperkuat rasa gurih pada Roti Maryam tersebut.

Selain itu, sediakan pula bahan-bahan pelengkap lainnya seperti air hangat dan minyak goreng secukupnya, 1 sendok teh garam, dan 4 sendok makan susu bubuk.

Cara Membuat Roti Maryam

cara membuat roti maryam

Bagaimana langkah-langkah cara membuat roti maryam tersebut? Pertama, buat adonan roti dengan menggunakan Whisk lalu kocok telur serta kuning telur sampai merata. Jangan lupa tambahkan minyak goreng kemudian aduk sampai merata.

Kedua, masukan tepung terigu ke dalam adonan tersebut serta tambahkan taburan garam dan susu bubuk sampai benar-benar tercampur rata. Hal ini sangat penting untuk diperhatiakn supaya Roti Maryam yang dihasilkan lebih sempurna.

Ketiga, setelah proses pengulenan berjalan mulus, langkah selanjutnya adalah bentuk adonan tersebut seperti bola baseball. Keempat, jangan langsung digiling, biarkan adonan yang sudah dibentuk tersebut ditutup plastik kira-kira 1 jam. Kelima, giling adonan Roti Maryam sampai benar-benar tipis.

Keenam, goreng adonan tersebut dengan mengunakan wajan khusus yang sudah diolesi oleh minyak supaya tidak lengket kemudian masukan adonan dan tunggu sampai berubah warna menjadi kecoklatan sehingga siap dinikmati.

Sekedar tips, Anda dapat menikmati sajian Roti Maryam ini dengan cocolan saus atau kuah kari. Namun, jika Anda suka manis, sajikan dengan parutan keju atau susu. Nikmati bersama keluarga tercinta sehingga kehangatan dan kelezatan akan berjalan dengan harmoni.

Manfaat Menkonsumsi Roti Maryam

Roti Maryam dapat mencegah kegemukan karena lemak yang terkandung di dalamnya cukup rendah jika dibandingkan dengan nasi. Kandungan Karbohidratnya juga dapat membantu sistem pencernaan dalam mengeluarkan sisa-sisa makanan pada usus besar.

Di sisi lain, Roti Maryam juga dapat merawat atau memelihara fungsi pencernaan karena mengandung sejuta serat yang sudah populer dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selanjutnya, kandungan serat yang ada di dalamnya juga ternyata dapat mengurangi rasa lapar yang berlebihan sehingga program diet Anda akan berjalan sukses jika mengkonsumsi makanan yang satu ini.

Nah itulah cara membuat roti maryam yang dapat Anda coba praktekan sendiri di rumah. Roti maryam ini juga dapat Anda jadikan sebagai kudapan sehari-hari. Selain itu roti maryam juga dapat menjadi salah satu hidangan unik pada hari lebaran selain aneka kue kering khas lebaran.

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *