Bacaterus / Kecantikan / Tips Kecantikan / 10 Cara Membuat Rambut Keriting Gantung dengan Mudah

10 Cara Membuat Rambut Keriting Gantung dengan Mudah

Orang itu bermacam-macam, ada yang suka rambut lurus, rambut keriting, rambut ikal, dan ada pula yang suka gaya rambut keriting gantung. Gaya rambut keriting gantung disebut juga sebagai wave hair. Gaya rambut seperti ini sempat menjadi trend kembali pada tahun 2017 lalu, tapi bukan berarti Anda tidak akan terlihat bagus jika menggunakan gaya ini sekarang.

Rambut bergelombang alias wave hair dapat membuat kita terlihat simpel namun tetap seksi. Kalau Anda sedang mencari tahu cara membuat rambut keriting gantung, maka Anda datang ke tempat yang tepat. Karena, sekarang Bacaterus mau membahas bagaimana cara membuat rambut jadi wavy alias keriting kantung. Simak langkah dan caranya berikut ini, ya.

10 Cara Membuat Rambut Keriting Gantung

1. Keramas

keramas cara membuat rambut keriting gantung

Langkah pertama untuk mendapatkan rambut ikal atau keriting gantung yang cantik adalah dengan keramas terlebih dahulu. Sebelum men-style rambut, kondisi rambut dan kulit kepala harus bersih terlebih dahulu dari kotoran, minyak, dan sisa kosmetik rambut lainnya. Untuk itu, pastikan Anda keramas dengan rutin maksimal setiap dua hari sekali.

Kalau tipe rambut Anda sangat lurus, lembut, dan jatuh, usahakan untuk tidak menggunakan kondisioner karena akan menyulitkan proses pengeritingan rambut. Dan, nanti hasil ikal yang telah jadi, justru tidak akan bertahan lama kalau Anda pakai kondisioner. Hal ini berlaku untuk semua jenis rambut, tapi khususnya untuk pemilik rambut lurus dan jatuh, jangan pakai kondisioner sama sekali, ya.

2. Keringkan Rambut

Keringkan Rambut

Setelah mencuci rambut, sekarang keringkanlah rambut Anda dengan benar. Tepuk-tepuk rambut dan gosok perlahan kulit kepala Anda menggunakan handuk, jangan di gosok kasar karena dapat menyebabkan rambut patah serta rontok. Anda bisa juga menggunakan hairdryer atau kipas angin untuk mengeringkan rambut dengan lebih cepat.

3. Sisir Rambut

Sisir Rambut

Setelah kering, sisir rambut Anda supaya tidak kusut ketika di-style nanti. Menyisir rambut juga memudahkan Anda dalam membagi rambut yang akan dijelaskan di bawah.

4. Bagi Rambut

Cara membuat rambut keriting gantung selanjutnya, supaya lebih mudah, bagilah rambut Anda menjadi beberapa bagian. Buat para pemilik rambut panjang dan tebal sangat disarankan untuk melakukan ini supaya Anda tidak kerepotan nantinya. Jika rambut Anda panjang, bagi rambut menjadi empat bagian. Tapi, kalau rambut Anda cuma sebahu, cukup membagi rambut jadi dua saja.

5. Gunakan Mousse

Untuk hasil rambut ikal yang lebih awet, gunakan lah hair mousse. Produk kecantikan rambut ini sering disebut juga sebagai styling foam. Dari namanya saja sudah bisa dipastikan kalau hair mousse ini benda yang sangat penting dalam styling rambut, ya.

Fungsi hair mousse adalah untuk membuat rambut jadi lebih ‘keras’, berkilau, dan bervolume. Hair mousse sangat dibutuhkan dalam cara membuat rambut keriting gantung (walaupun tidak wajib). Jika Anda menginginkan rambut ikal yang bertahan lebih lama, gunakan hair mousse. Jika tidak menggunakan pun tak apa-apa. Paling nanti rambut Anda jadi lebih cepat kembali ke bentuk semula.

Kelebihan hair mousse adalah, hair mousse tidak akan membuat rambut kaku seperti hair spray, jadi lebih sehat buat rambut kita. Dan, tentu saja hasil rambut akan terlihat lebih natural jika menggunakan hair mouse alih-alih hair spray.

6. Menggunakan Kertas

Menggunakan Kertas

* sumber: www.youtube.com

Cara membuat rambut keriting gantung yang pertama adalah dengan menggunakan kertas. Mungkin Anda pernah melakukan ini ketika kecil bersama teman-teman Anda. Caranya sangat mudah, siapkan kertas dan gulung-gulung memanjang sampai kertasnya berukuran kecil. Lalu, taruh ujung rambut di atas kertas tersebut dan gulung hingga setengah rambut Anda.

Ikat kertas tersebut dan biarkan selama 30 menit – 1 jam. Kertas yang bisa digunakan adalah kertas HVS, kertas folio, atau kertas buku sekolah juga bisa. Selain kertas, Anda bisa juga menggunakan paper towel (tisu dapur) atau pun jenis tisu keras lainnya.

7. Menggunakan Roll Rambut

Semua orang juga tahu kalau fungsi roll rambut itu untuk membuat rambut jadi bervolume dan keriting. Kalau Anda ingin tahu cara membuat rambut keriting gantung menggunakan roll-an, cek video di atas, ya.

8. Menggunakan Jedai

Jedai adalah singkatan dari Jepit Badai. Jedai sempat viral banget pada tahun 2012-an, padahal jepit ini sudah ada sejak dulu. Cewek-cewek kekinian suka bawa jedai kemana-mana, kadang ada yang dijepit di tali tas supaya gampang diambil kalau mau dipakai. Kalau Anda ingin tahu cara mengeriting rambut pakai jedai, tonton video di atas, ya.

9. Menggunakan Hairdini

Orang Indonesia sebut sebagai hairdini adalah hair roller yang bentuknya lurus seperti ini dan juga hair roller yang biasa dipakai untuk membuat hair bun (cepol rambut). Hairdini yang suka dipakai untuk mencepol rambut lebih mudah digunakan daripada yang bentuknya lurus.

Kalau hairdini cepol cukup Anda buka bagian tengahnya, lalu masukkan rambut Anda dari ujung dan gulung ke atas. Lalu, ‘tutup’ kedua sisi hairdini dan biarkan selama yang Anda inginkan. Kalau hairdini yang lurus penggunaannya bisa Anda tonton di video di atas.

10. Menggunakan Curling Iron

Cara membuat rambut keriting gantung yang paling mudah adalah dengan menggunakan curling iron. Tapi, Anda bisa juga menggunakan catokan (straightening iron). Sebelum menggunakan alat ini, sebaiknya Anda menggunakan vitamin rambut terlebih dahulu agar rambut dapat terhindar dari kerusakan. Pasang panas iron di level rendah juga supaya rambut Anda tidak gosong.

11. Hair Spray

Hair Spray

* sumber: latintrends.com

Setelah rambut Anda selesai di-style, jangan lupa untuk menggunakan hair spray supaya tatanannya tidak cepat hilang. Semprotkan hair spray dengan jarak 30 cm di atas rambut, ya.

12. Untuk Rambut Ikal Alami

Rambut ikal alami seperti rambut orang timur juga bisa di-style jadi keriting gantung, loh! Mungkin Anda tidak percaya karena rambut ikal alami sudah keriting dan cenderung mengembang ke atas. Akan tetapi, dengan bantuan alat dan produk kecantikan rambut, orang yang memiliki rambut keriting juga bisa mengubah rambutnya jadi ikal gantung. Lihat video di atas untuk tutorialnya.

Nah, itulah sepuluh cara membuat rambut keriting gantung dengan beberapa bonus tambahan. Semoga informasi ini berguna buat Anda. Selamat menata rambut! Kalau Anda tahu trik lainnya, share di kolom komentar, ya.

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment