Bacaterus / Oatmeal / 6 Cara Mudah Membuat Quaker Oatmeal untuk Diet Sehat

6 Cara Mudah Membuat Quaker Oatmeal untuk Diet Sehat

Ditulis oleh - Diperbaharui 11 Agustus 2019

Mengonsumsi satu mangkuk oatmeal memiliki banyak manfaat. Oatmeal kaya akan nutrisi dan juga serat yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, rutin mengonsumsi oatmeal sebagai menu sarapan juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Nah, pada kesempatan kali ini, Bacaterus akan membahas mengenai cara membuat quaker oatmeal untuk diet. So, buat kamu yang ingin menurunkan berat badan dengan cara menjalani diet sehat, simak langsung saja pembahasan berikut ini, ya.

Cara Diet dengan Oatmeal

Oatmeal

Sebelum membahas tentang cara membuat Quaker oatmeal untuk diet, Bacaterus akan mengulas mengenai cara diet dengan menggunakan oatmeal yang baik dan benar. Penasaran? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahuinya.

1. Konsumsi Oatmeal Secara Rutin

Konsumsilah 1/4 hingga 1/2 gelas oat secara rutin satu hingga tiga kali per harinya, saat pertama kali memulai diet selama 2 hingga 7 hari. Usahakan untuk mencampur oat dengan bahan makanan lainnya seperti mentega dan telur, kayu manis hingga madu. Oat juga lebih sehat jika dikonsumsi dengan secangkir susu. Tapi ingat, gunakanlah susu skim, ya.

2. Tambahkan Buah-buahan dan Sayuran

Kamu juga bisa menambahkan buah-buahan seperti stroberi atau raspberry hingga buah pisang ke dalam oatmeal saat sarapan. Kemudian, makanlah oatmeal dengan sayuran seperti brokoli atau sayur-sayuran hijau lainnya agar kebutuhan nutrisi kamu selama diet dengan oatmeal tetap terpenuhi.

3. Minum Jus Buah Saat Sarapan

Meminum jus buah segar seperti jus jeruk sampai jus apel. Seperti yang kita ketahui, jus buah dapat membantu mempercepat proses penurunan berat badan. So, jangan lupa siapkan jus buat yang sehat saat sarapan, ya.

Kalau kamu nggak punya juicer di rumah, Bacaterus punya rekomendasi merk slow juicer yang bagus dengan harga 1 jutaan yang bisa kamu beli.

4. Makan Camilan Sehat Setelah Makan Siang

Nah, saat kamu melakukan diet oatmeal, kamu tetap diperbolehkan ngemil setelah makan siang dan juga saat malam hari tiba. Tapi ingat, usahakan untuk menikmati camilan yang sehat, ya. Buah-buahan seperti apel dan kiwi  hingga yoghurt tanpa kandungan lemak juga bisa kamu jadikan camilan sehat setelah makan siang, lho.

Dan untuk camilan di sore atau malam hari, konsumsilah biskuit yang berbahan dasar gandum bersamaan dengan teh hijau atau teh hitam.

5. Jangan Lewatkan Makan Malam

Siapa bilang kamu tak bisa makan malam enak saat menjalani diet oatmeal? Tentu saja bisa! Konsumsilah menu makanan yang kaya protein hewani dan nabati seperti ikan, daging ayam, tahu atau telur. kamu juga bisa mencampur oatmeal ke dalam menu makan malam kaya protein ini. Terlebih bila kamu sudah menjalani diet oatmeal selama beberapa hari agar nutrisi dalam tubuh tetap terpenuhi.

Cara Membuat Quaker Oatmeal untuk Diet

Nah, sekarang Bacaterus akan membahas mengenai cara membuat Quaker Oat untuk diet alias menurunkan berat badan. Apa sajakah itu? Yuk, simak langsung saja ulasan berikut ini!

1. Oatmeal with Veggies

veggie oatmeal cara membuat quaker oatmeal untuk diet

* sumber: www.stylecraze.com

Kamu bisa membuat oatmeal yang dicampur dengan sayuran untuk diet sehat. Siapkan 1/4 gelas oatmeal, wortel dengan ukuran sedang, beberapa lembar kuntum bunga kol dan brokoli, minyak zaitun, garam, merica dan air.

Setelah semua bahan siap, rebus oatmeal hingga matang. Jangan lupa, potong sayuran dan tumis di atas teflon dengan menggunakan minyak zaitun. Jika sudah, campurkan sayur-mayurnya ke dalam semangkuk oatmeal tadi. Tambahkan garam dan merica, juga sedikit air. Dan… voila, menu dietnya siap untuk dikonsumsi.

2. Overnight Oatmeal

overnight oatmeal avo cara membuat quaker oatmeal untuk diet

* sumber: cemilku.com

Selanjutnya ada cara membuat quaker oatmeal yang tak kalah mudah untuk keperluan diet sehat. Yap, ada overnight oatmeal. Sesuai dengan namanya, hidangan ini didiamkan semalaman sebelum disantap esok hari. Cara membuatnya cukup mudah. Siapkan beberapa bahan seperti oat, 2 gelas susu rendah lemak (low fat), 2 buah pisang sunpride, buah alpukat dan 2 telur yang sudah direbus dengan air dan kecap asin.

Jika semua bahan sudah siap, masukkan susu, oat dan juga buah pisang ke dalam blender. Setelahnya, tuang ke dalam tupperware atau wadah lainnya, lalu simpan dalam kulkas selama semalaman. Keesokan harinya, kamu bisa menikmati overnight oatmeal sebagai menu sarapan bersamaan dengan topping telur rebus dan buah alpukat. Yum!

3. Oatmeal Dr. Oz

dr oz oatmeal cara membuat quaker oatmeal

* sumber: www.doctoroz.com

Doctor Oz punya cara untuk membuat oatmeal khusus diet. Jenis oat yang digunakan dalam resep ini adalah steel-cut oat atau oat yang terbuat dari gandum utuh yang dicincang kasar. Selain steel-cut oat, bahan lainnya seperti 3 gelas susu kedelai, kayu manis, 1/4 sendok teh garam kasar dan sedikit pala.

Selanjutnya, panggang oat dengan menggunakan api sedang selama kurang lebih 4 hingga 5 menit. Jangan lupa aduk oatnya selama dipanggang, ya. Setelah selesai, tuangkan oat ke dalam mangkuk atau wadah lainnya.

Lalu, didihkan susu kedelai dengan api sedang. Setelahnya, masukkan kayu manis, garam kasar pala dan oat yang sudah dipanggang sebelumnya dan masak dengan menggunakan api kecil selama kurang lebih 25 menit hingga oat mengental dan matang.

Aduk sesekali selama oatnya dimasak.  Jika sudah matang, sisihkan kayu manisnya, lalu tuangkan oat ke dalam wadah dan sajikan. Kamu juga bisa menyimpannya dalam wadah dan masukkan oat ke dalam kulkas untuk dinikmati di lain hari.

4. Coconut Raspberry Oatmeal

Oatmeal Chia Seed

* sumber: ohsheglows.com

Coconut Raspberry Oatmeal ala verywellfit juga bisa kamu andalkan sebagai menu diet. Siapkan 1.4 gelas oat yang belum dimasak, 3/4 gelas santan tanpa pemanis tambahan, sedikit garam, 1/2 gelas buah raspberry, 1 sendok makan kelapa serut kering tanpa gula dan 1 sendok teh chia seeds alias biji chia, superfood yang amat berkhasiat.

Cara membuat coconut raspberry oatmeal yang rendah gula ini tergolong mudah. Tumis oat, santan, buah raspberry dan garam dengan menggunakan api sedang. Kemudian masak oat dengan api kecil selama 10 hingga 20 menit hingga lembut dan matang.

Tuang oatmeal ke dalam wadah atau mangkuk dan beri taburan chia seeds juga kelapa serut kering. Selain cocok untuk dijadikan menu diet sehat,coconut raspberry oatmeal rendah gula ini juga ini pas untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Mau mencoba?

5. Basic Overnight Oatmeal

Oatmeal

Next, ada basic overnight oatmeal alias overnight oatmeal ‘biasa’ yang punya manfaat tidak biasa, yakni membantu menurunkan berat badan.

Cara membuatnya mudah. Siapkan bahan berupa 1/2 gelas oatmeal, 150 gram yoghurt dan 1 sendok makan chia seeds. Kemudian, masukkan oat, chia seeds dan yoghurt ke dalam gelas atau wadah lainnya dan aduk rata.

Masukkan wadah ke dalam lemari pendingin dan biarkan semalaman suntuk. Esok paginya, nikmati sajian overnight oatmeal ini dengan tambahan topping lainnya seperti buah-buahan.

6. Oatmeal dengan Mentega dan  Putih Telur

egg white oatmeal

* sumber: www.huffpost.com

Diet oatmeal juga bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi sajian oatmeal dengan campuran mentega serta putih telur. Caranya, masak 1/4 cangkir oat dengan secangkir air mendidih selama satu jam. Setelah itu, tambahkan mentega sebanyak 250 gr.

Jangan lupa, tambahkan juga 100 gr putih telur setelah oatmealnya matang. Tambahkan garam sesuai selera. Oatmeal mentega dan putih telur siap disantap sebagai menu sarapan di pagi hari.

Sampai di sini pembahasan Bacaterus tentang cara membuat quaker oatmeal untuk diet beserta informasi mengenai cara diet dengan menggunakan oatmeal. Kalau kamu punya rekomendasi cara membuat oatmeal yang bisa digunakan untuk diet sehat, silakan sampaikan secara langsung melalui kolom komentar yang tersedia.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar