bacaterus web banner retina

10 Cara Membuat Poster dengan Tahapan yang Baik dan Benar

Ditulis oleh Albar Fahrul Roji - Diperbaharui 25 Juni 2021

Siapa sih yang tak kenal dengan poster? Poster menjadi salah satu benda yang sudah tak asing lagi kita temukan sehari-hari. Poster dapat dikatakan sebagai karya seni atau desain grafis. Biasanya poster memuat informasi penting yang hendak dibagikan kepada orang banyak.

Poster memuat beberapa komposisi yang disatukan untuk memperlengkap informasi yang hendak disampaikan. Komposisi yang biasanya terdapat dalam poster di antaranya adalah gambar, huruf, dan simbol.

Poster biasanya ditempel di tempat yang berpotensi dikunjungi orang banyak seperti tembok atau majalah dinding. Beberapa informasi yang biasa dimuat dalam poster adalah mengumumkan acara, kampanye, dan pembukaan toko.

Membuat poster cukup mudah sehingga semua orang dapat melakukannya. Penasaran bagaimana cara membuat poster yang baik dan benar agar terlihat menarik? Maka dari itu jangan lewatkan pemaparannya di bawah ini!

1. Pikirkan Ide

Sumber: www.stockvault.net

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan dalam membuat poster adalah memikirkan ide. Carilah ide-ide yang kreatif dan out of the box agar postermu terlihat keren dan anti mainstream. Carilah beberapa ide menarik kemudian pilih ide terbaik menurutmu. Biasanya ide muncul ketika kamu menemukan sebuah inspirasi.

Inspirasi ini sering kali datang dari hal-hal yang kita jumpai sehari-hari. Ide dalam membuat poster juga perlu disesuaikan dengan tujuan poster itu dibuat. Hal ini dapat mempermudah kamu dalam membuat poster seperti menentukan tema hingga isi dari poster tersebut.

2. Tentukan Tujuan

Sumber: pixabay.com

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa tujuan dibuatnya poster dapat mempermudah kamu dalam membuat poster. Maka dari itu, sebelum membuat poster menentukan tujuan menjadi langkah yang tak boleh kamu lupakan. Tentukanlah tujuan mengapa poster itu dibuat dan dipublikasikan secara luas.

Biasanya poster dibuat dan dipublikasikan untuk menyebarkan sebuah informasi. Informasi tersebut bisa memuat pemberitahuan sebuah acara ataupun pemberitahuan dibukanya toko baru. Jika tujuan dibuatnya poster ini telah kamu ketahui, maka tak sulit untuk kamu melanjutkan pada tahap berikutnya.

3. Pilih Aplikasi

Sumber: www.canva.com

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan dalam membuat poster adalah menentukan aplikasi. Saat ini banyak sekali aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat poster. Bukan hanya aplikasi PC saja, akan tetapi aplikasi Android pun sudah banyak yang menawarkan fitur pembuat poster.

Aplikasi pembuat poster pada ponsel pintar biasanya lebih praktis untuk digunakan. Meski demikian, fiturnya tak kalah lengkap dengan aplikasi desain untuk PC. Aplikasi ponsel pintar yang paling recommended untuk membuat poster adalah Canva. Aplikasi desain yang satu ini bisa kamu unduh di toko aplikasi.

Aplikasi Canva memiliki banyak sekali pilihan desain yang bisa kamu pilih. Bukan hanya itu, fitur animasi dan ilustrasinya juga cukup lengkap sehingga bisa kamu gunakan untuk mempercantik poster yang kamu buat. Cara membuat poster pada canva sangatlah mudah.

  • Langkah yang pertama adalah mengaktifkan koneksi internet karena Canva merupakan aplikasi yang memerlukan koneksi internet.
  • Buka aplikasi Canva dan tunggu sampai loading selesai. Proses loading ini disesuaikan dengan kecepatan koneksi internet kamu.
  • Selanjutnya pilih desain pada kategori poster sesuai selera dan kebutuhan.
  • Masukkan isian poster mulai dari text, gambar, dan ilustrasi dengan menekan timbol text, image, dan illustration yang terdapat di layar bagian bawah.
  • Jika poster sudah selesai dibuat, maka langkah selanjutnya adalah menyimpan desain tersebut dengan cara menekan tombol panah ke arah bawah yang berada di bagian atas kanan.

4. Pilih Tema Poster

Sumber: www.canva.com

Memilih dan menentukan tema juga menjadi bagian yang tak boleh dilupakan dalam membuat poster. Tema ini menjadi hal yang sangat penting untuk dipikirkan agar sesuai dengan tujuan dibuatnya poster itu sendiri. Tema dapat disesuaikan dengan informasi yang dimuat dalam poster.

Misalnya poster grand opening sebuah kedai kopi baru, maka kamu bisa milih kopi sebagai tema dari poster tersebut. Jika kamu telah berhasil memilih tema, tak sulit rasanya untuk melanjutkan pada langkah berikutnya. Kamu bisa menambahkan beberapa ilustrasi cantik yang berhubungan dengan tema yang kamu pilih.

5. Perhatikan Ukuran Poster

Sumber: wikimedia.org

Kamu juga perlu memperhatikan ukuran poster yang hendak kamu buat. Jangan sampai ukuran poster ini tak kamu perhatikan sehingga menyebabkan ketidaksesuaian dan terkesan kurang bagus. Ada standar ukuran yang biasa digunakan orang-orang dalam membuat poster.

Ukuran tersebut berbeda-beda disesuaikan dengan kebutuhan. Ukuran-ukuran poster yang biasa digunakan antara lain yaitu ukuran A4, A3, A3+, A2, A1, B3, B2, dan B1. Ukuran poster ini harus diperhatikan agar sesuai dengan media yang digunakan untuk menempel poster sehingga dapat terlihat proporsional.

6. Pikirkan Isi Poster

Sumber: pixabay.com

Salah satu bagian yang paling inti dalam membuat poster adalah menentukan isi poster tersebut. Isi poster biasanya memuat suatu informasi yang hendak dibagikan secara luas. Untuk itu, kamu perlu memikirkan kalimat atau kata-kata yang tepat agar informasi dapat tersampaikan secara jelas dan rinci.

Pilihlah kata-kata yang sederhana agar mudah dicerna oleh para pembaca. Pastikan informasi yang dimuat sudah lengkap dan akurat agar tak terjadi miskomunikasi dari para pembaca. Isi poster juga biasanya dibuat dengan kalimat persuasif agar para pembaca dapat tertarik terhadap informasi yang disampaikan.

7. Tentukan Warna dan Gambar

Sumber: pixabay.com

Selanjutnya adalah menentukan warna dan gambar pada poster. Warna dan gambar ini bisa kamu pilih sesuai selera. Meski demikian, memilih warna dan gambar juga perlu disesuaikan dengan tema agar terciptanya kesereasian. Misalnya ketika kamu memilih tema kopi, kamu bisa membubuhkan gambar biji kopi dan warna coklat yang khas.

Kamu bisa memilih beberapa warna untuk mempercantik poster dengan catatan tetap sesuai dengan tema yang dipilih. Jangan sampai kamu memilih warna yang kurang tepat karena hal tersebut dapat membuat warna poster menjadi rusak. Selain itu, pastikan juga gambar yang dipilih memiliki kualitas tinggi agar terlihat jelas dan tak rusak.

8. Cek Kesesuaian Poster

Sumber: www.thebluediamondgallery.com

Jika isi poster sudah dibuat, maka langkah yang selanjutnya adalah mengecek kesesuaian poster. Melakukan pengecekan ini mungkin bisa juga disebut tahap pengeditan untuk memastikan kesesuaian isi poster. Bukan hanya memeriksa ejaan kalimatnya saja, akan tetapi seluruh elemen yang ada dalam poster yang dibuat.

Tahap pengecekan ini berfungsi untuk memastikan apakah poster sudah layak dicetak dan dibagikan atau belum. Tahap yang satu ini juga menjadi bagian yang penting dilakukan untuk menghindari kesalahan yang ada. Pada tahapan ini kamu dapat merubah atau mengedit jika ada hal-hal yang kurang sesuai atau kurang tepat dari segi tata letaknya.

9. Cetak Poster

Sumber: pixabay.com

Hampir memasuki tahap paling akhir, tahap yang satu ini adalah mencetak poster. Mencetak poster ini tak bisa sembarangan dilakukan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mencetak poster seperti mengecek kesesuaian ukuran poster dengan media yang digunakan.

Bukan hanya itu, media yang digunakan untuk mencetak poster juga perlu diperhatikan. Hal ini guna memaksimalkan kualitas poster saat dicetak. Media yang biasa digunakan untuk mencetak poster adalah Art Carton, Art Paper, BW Carton, Ivory, Albatros, PVC, dan Flexi.

10. Publikasikan Poster

Sumber: www.wallpapertip.com

Langkah terakhir dalam pembuatan poster tentu saja adalah mempublikasikan poster tersebut. Sebagaimana tujuannya, poster dibuat untuk dibagikan kepada publik. Cobalah untuk mencari beberapa titik yang sering dikunjungi orang-orang untuk menempel sebuah poster.

Hal ini berfungsi agar informasi yang dimuat dalam poster dapat diterima oleh orang secara luas. Beberapa tempat yang cocok dijadikan tempat menempel poster adalah papan pengumuman dan majalah dinding. Kedua tempat tersebut adalah salah satu spot yang paling banyak dikunjungi sehingga menjadi tempat yang strategis untuk menempel poster.

Itulah 10 langkah membuat poster yang efektif untuk kamu lakukan. Cukup mudah, bukan? Saat ini banyak aplikasi pembuat poster yang mudah digunakan sehingga cocok bagi para pemula. Yuk, buat postermu sekarang. Tuangkan ide dan kreativitas pada poster yang kamu buat dan ciptakan poster yang keren versimu.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram