Bacaterus / Makanan Barat / Resep dan Cara Membuat Omelet Mie Telur Sederhana

Resep dan Cara Membuat Omelet Mie Telur Sederhana

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa yang belum pernah mencicipi omelette? Jika Anda salah satunya, maka Anda wajib mencobanya sekarang juga. Omelette sendiri merupakan olahan yang berasal dari telur ayam dan berbagai bahan pelengkap seperti keju dan daging.

Di Eropa, setiap pagi sebelum berangkat kantor atau sekolah kebanyakan masyarakatnya sarapan dengan menu omelet satu ini. Selain bergizi tinggi, omelet ternyata juga cukup mudah dibuatnya karena hanya menggunakan telur sebagai bahan utamanya.

Kepopuleran dari omelet tidak hanya terbatas pada orang dewasa saja, tetapi anak-anak pun juga sangat menyukai panganan satu ini. Agar semakin bergizi untuk anak-anak, Anda dapat membuat omelet dengan tambahan sayur-sayuran segar. Mulai dari sayur wortel, brokoli, bayam, dan masih banyak lagi.

Asal Usul Omelet

resep omelet mie sederhana

Kemunculan omelet sendiri sampai sekarang belum diketahui dari mana, ada yang menyebutkan dari kawasan Eropa namun ada pula yang beranggapan merupakan resep asli masyarakat Asia Tenggara. Namun yang jelas resep omelet ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

Konon katanya salah satu tokoh perjuangan Perancis yaitu Napoleon Bonaparte adalah penggemar berat dari omelet ini. Suatu waktu ia pernah memerintahkan orang sekampung untuk mengumpulkan telur sebanyak-banyaknya lalu dibuat omelet yang sangat besar untuk dirinya dan pasukannya.

Di Indonesia, omelet secara sederhana dapat merujuk kepada telur dadar. Telur dadar sendiri sering dijadikan sebagai lauk teman makan bersama dengan nasi putih hangat. Tidak hanya untuk sarapan saja, akan tetapi banyak orang yang juga menyukai konsumsi makanan satu ini ketika siang atau malam tiba.

Meskipun memiliki makna harfiah sebagai telur dadar, namun orang Indonesia lebih suka menggunakan istilah omelet untuk merujuk kepada olahan telur dadar yang dicampur bahan lain seperti keju, kentang, daging, dan lainnya.

Salah satu jenis omelet yang cukup populer belakang ini adalah omelet mie. Selain enak dan mengenyangkan, omelet ini juga cukup murah meriah karena kita hanya membutuhkan telur dan mie instan sebagai bahan utamanya.

Untuk menemukan omelet mie di Indonesia sebenarnya cukup mudah, karena banyak  warung makan di tepian jalan pasti menjualnya. Anda hanya butuh Rp. 10 hingga 15 ribuan untuk bisa menikmati satu porsi dari kuliner satu ini.

Meskipun demikian, membuat omelet sendiri di rumah akan lebih asyik dan memuaskan. Sebab dengan membuat sendiri, kita bisa berkreasi sesuai dengan selera masing-masing. Nah bagi Anda yang ingin membuatnya sendiri di rumah, kali ini bacaterus.com akan mengulas cara membuat omelet mie sederhana tersebut untuk Anda..

Bahan-Bahan Omelet Mie

Resep omelet mie ini sebenarnya tidak hanya terbatas pada mie saja, Anda pun bisa menambahkan beragam bahan lain seperti sayur, daun bawang, kornet, dan masih banyak lagi. Nah, untuk membuat omelet mie sederhana, bahan-bahan yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu antara lain:

  • Telur ayam kampung sebanyak 3 butir
  • Mie instant cukup dengan 2 bungkus, bisa merek Indomie atau yang lainnya (termasuk bumbunya)
  • Cabai merah ukuran besar cukup 2 buah
  • Garam halus sekiranya 1/2 sendok makan, sesuaikan selera
  • Merica bubuk cukup dengan 1/2 sendok makan
  • Cabai rawit hijau cukup 1 buah, bila suka pedas bisa ditambah
  • Saus sambal secukupnya saja.

Cara Membuat Omelet Mie Telur

Jika semua bahan sudah siap, sekarang kita bisa langsung membuatnya. Langkah pertama, ambil 2 bungkus mie instan kemudian rebus mie tersebut dengan menggunakan air secukupnya (tanpa bumbu). Setelah matang, tiriskan hingga airnya habis.

Selanjutnya siapkan sebuah wadah berukuran agak besar. Lalu irislah cabai rawit dan cabai merah besar ke dalam wadah tersebut. Kemudian masukan mie instan, garam, lada, dan telur ke dalam wadah tadi. Aduk-aduk sampai semua bahan dapat tercampur secara merata.

Sekarang masukan bumbu mie instan tadi, tetapi usahakan tanpa menambahkan bumbu bawang. Sambil menambahkan aduk-aduk sampai merata. Ada baiknya aduk sampai bagian dasar wadah, sebab biasanya bumbu banyak mengumpul pada bagian tersebut. Bila perlu tambahkan pula minyak goreng dan saus yang ada dalam bumbu mie tersebut.

Selanjutnya siapkan sebuah wajan penggorengan dengan minyak secukupnya. Panaskan wajan yang telah berisi minyak tersebut. Setelah panas, tuang adonan omelet yang telah Anda buat dan goreng sampai matang. Tanda bahwa omelet sudah matang adalah berwarna kuning kecoklatan.

Setelah matang, angkat dan tiriskan omelet tersebut. Omelet mie ini dapat dimakan secara langsung dengan cocolan saus tomat agar lebih pedas. Jika dirasa kurang kenyang, omelet ini bisa disajikan bersama dengan nasi putih hangat sebagai lauk.

Tips Kreasi Omelet Agar Lebih Enak

cara membuat omelet mie telur

Bagaimana resep omelet mie di atas, mudah kan? Agar semakin nikmat, Anda bisa menambahkan beberapa bahan ke dalam masakan tersebut. berikut trik kreasi omelet mie agar lebih nikmat yang bisa Anda lakukan:

  • Tambahkan crackers

Ya, mungkin terdengar cukup aneh memasukan biskuit tipis atau crackers ke dalam omelet. Meskipun aneh, tetapi omelet yang Anda buat nanti akan menjadi lebih nikmat dan lebih renyah seperti martabak telur mini.

Resep crackers dalam omelet ini pertama kalinya diperkenalkan oleh bangsa Yahudi. Mereka menyebutnya dengan matzo brei yang berarti biskuit dalam telur. Tidak perlu Anda menghancurkan biskuit terlebih dahulu sebelum memasukan ke adonan. Cukup rendam biskuit dalam keadaan utuh dalam kocokan telur selama 5-10 menit sebelum menggorengnya.

  • Tambahkan chia

Mungkin banyak diantara kita yang mengenal chia sebagai bahan pelengkap minuman smoothies. Memang biji-bijian ini cukup populer dalam membuat minuman tersebut, namun akan lebih nikmat apabila Anda juga memasukannya pada omelet.

Caranya cukup masukan chia pada saat mencampurkan antara telur dan lada. Agar semakin menyehatkan lagi, Anda juga bisa menambahkan sayur-sayuran segar seperti tomat dan sebagainya.

  • Oatmeals

Oalmeals merupakan bahan yang kerap digunakan untuk mendukung program diet sehat. Karena selain rendah kalori, bahan makanan satu ini juga kaya akan kandungan seratnya. Tambahkan oatmeals sebanyak 1 sendok makan ke omelet mie Anda agar lebih tubuh lebih langsing. Namun usahakan jangan terlalu banyak, sebab akan menimbulkan omelet mudah pecah/hancur.

Itulah sajian informasi seputar resep dan cara membuat omelet mie yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Hasil olahan di atas sangat cocok untuk sarapan pagi, makan siang, dan juga makan malam. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

7 Responses

  1. Saya sangat suka dengan resep omelet sederhana ini. Tapi kalau tambah sayuran lain apa nantinya ngak akan mengubah rasanya?????

  2. wihh tambah enak nih kalo pake saus sama mayonaise

  3. Enak buwangettttt….. ????????????

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *