Bacaterus / Cara Membuat NPWP Online dan Offline

Cara Membuat NPWP Online dan Offline

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak merupakan sebuah nomor identitas yang wajib dimiliki oleh warga Indonesia baik itu perorangan, perusahaan, PT, CV, dan lainnya. Jika sebelumnya kita hanya bisa membuat NPWP dengan mendatangi kantornya, kini Dirjen Pajak telah memperkenalkan cara membuat NPWP online agar mudah diakses oleh siapa saja.

NPWP sendiri akan dijadikan sebagai acuan bagi warga Indonesia untuk membayar pajak. Yang yang dibayarkan tersebut selanjutnya akan digunakan untuk berbagai macam keperluan negara dan masyarakatnya, seperti membangun jalan, jembatan, dan lainnya.

Adanya sistem pembuatan NPWP secara online ini tentu saja membantu masyarakat yang tinggal jauh dari lokasi KPP (Kantor Pelayanan Pajak). Selain itu, masyarakat yang domisilinya berbeda dengan tempat tinggal yang tertera di KTP juga bisa memanfaatkan sistem pendaftaran NPWP online ini.

Cara Buat NPWP Online

Untuk cara membuat NPWP online ini pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan juga email yang valid agar tidak proses pendaftaran berlangsung lancar. Selain itu siapkan juga softcopy dari dokumen yang diperlukan seperti KTP, Paspor, dan lainnya tergantung dari jenis wajib pajak yang didaftarkan. Jika semuanya sudah siap, silahkan ikuti langkah-langkah ini:

cara membuat NPWP online

  • Kunjungi Situs Pendaftaran

Pertama-tama, kunjungilah halaman pendaftaran NPWP online di situs Direktorat Jenderal Pajak di alamat ini.

  • Membuat Akun Baru

Jika Anda belum pernah mendaftarkan diri di situs ini, silahkan daftar terlebih dahulu dengan mengklik tombol “Daftar Baru”. Setelah itu, isilah berbagai data pengguna dengan benar seperti nama, alamat email, password, dan lainnya. Setelah semuanya terisi, klik “Save”.

  • Aktivasi Akun

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan aktivasi akun tersebut. Caranya, buka kotak masuk dari email yang Anda gunakan untuk mendaftar tadi, lalu buka email yang dikirim dari Dirjen Pajak. Ikuti petunjuk yang ada di sana untuk melakukan aktivasi.

  • Isi Formulir Pendaftaran

Setelah proses aktivasi berhasil, silahkan login dengan memasukkan username dan password akun yang telah Anda buat. Setelah masuk, klik menu “Permohonan Pendaftaran” untuk mulai membuat NPWP. Isilah semua data dengan benar pada formulir yang disediakan. Ikuti semua tahapannya dengan teliti.

  • Mengirimkan Formulir Pendaftaran

Setelah mengisi semua data pada formulir tersebut, Anda akan dibawa menuju halaman history pendaftaran. Klik simbol loop disebelah kanan untuk mengirimkan token ke alamat email Anda. Bukalah email tersebut kemudian salin nomor token yang ada di dalamnya.

Buka kembali halaman history pendaftaran lalu klik simbol loop di sebelah kanan untuk mengirimkan formulir tersebut. Ceklis pernyataan bahwa Anda telah memahami hak dan kewajiban sebagai Wajib Pajak. Setelah itu isikan nomor token lalu klik tombol “Kirim”.

  • Mengirimkan Dokumen Identitas

Setelah formulir terkirim, kini Anda harus mengirimkan dokumen identitas diri Anda. Jika memiliki softcopy-nya, cukup upload saja dokumen tersebut. Namun jika tidak memilikinya, Anda bisa mengirimkan melalui Pos atau mendatangi langsung KKP di wilayah Anda. Pengiriman dokumen ini paling lambat 14 hari setelah formulir dikirim.

  • Cek Status dan Tunggu Kiriman Kartu NPWP

cara membuat NPWP online pajak

Setelah mengirimkan dokumen, Anda dapat melihat status pendaftaran Anda pada halaman history pendaftaran. Jika statusnya ditolak, maka Anda harus memperbaiki beberapa data yang kurang lengkap. Namun jika disetujui, maka kartu NPWP akan segera dikirim ke alamat Anda melaui Pos.

Cara Buat NPWP Offline

Bagi sebagian orang, membuat NPWP secara online dianggap lebih praktis karena kita hanya tinggal duduk di depan komputer. Namun bagi yang tidak memiliki komputer dan akses internet, hal tersebut tentu cukup merepotkan.

Maka dari itu, membuat NPWP secara offline atau konvensional tetap menjadi pilihan sebagian orang. Syarat-syarat dokumen untuk pendaftaran offline ini juga sama seperti pendaftaran online. Terdapat dua metode yang dapat Anda lakukan untuk pendaftaran offline ini yakni:

  • Mengunjungi KKP

Metode yang pertama adalah mengunjungi langsung KKP yang ada di daerah Anda. Silahkan mengunjungi lokasi KKP tersebut sambil membawa syarat-syarat yang dibutuhkan.

  • Melalui Pos dan Jasa Ekspedisi

Jika lokasi dari KKP terlalu jauh, maka Anda juga dapat membuat NPWP di kantor pos atau jasa ekspedisi terdekat. Di sana Anda dapat mengisi formulir pendaftaran sekaligus mengirimkannya langsung beserta syarat-syarat yang dibutuhkan.

Itulah langkah-langkah cara membuat NPWP online dan offline yang dapat Anda pilih. Dengan membuat NPWP ini, maka Anda sudah menjalankan salah satu program pemerintah sekaligus menjadi warna negara yang baik. Setelah mendapatkan NPWP tersebut, jangan lupa untuk membayarnya tepat waktu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *