Bacaterus / Resep Minuman / Cara Membuat Nata de Coco Sendiri di Rumah

Cara Membuat Nata de Coco Sendiri di Rumah

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Anda pasti sudah tidak asing lagi kan dengan cemilan berwarna putih kenyal berbentuk dadu yang menyegarkan? Ya, nata de coco, makanan yang terbuat dari sari kelapa tersebut memang sangat lezat dinikmati kala udara sedang terik. Selama ini kita pasti sering membeli nata de coco di warung-warung. Padahal cara membuat nata de coco sendiri sebenarnya tidaklah terlalu sulit.

Nata de coco memang menjadi panganan yang cukup populer di indonesia, terutama ketika bulan Ramadhan. Banyak yang menjadikannya sebagai menu pembuka ketika buka puasa karena rasanya yang menyegarkan. Nata de coco juga bisa dicampur dengan aneka minuman lainnya, seperti sirup, es campur, hingga minuman ringan bersoda.

Sekilas Info tentang Nata De Coco

nata de coco

Tahukah Anda dari manakah panganan Nata De Coco berasal? Makanan bertekstur kenyal ini ternyata berasal dari Negara Filipina. Namun, asal-usul penamaannya berasal dari bahasa Spanyol. Ya, hal itu memang sangat memungkinkan mengingat Negara Filipina merupakan bekas jajahan Negara Sepanyol.

Apabila diartikan secara harfiah “Nata De Coco” berati krim kelapa atau sari kelapa dalam Bahasa Spanyol. Kemudian, apa yang dimaksud dengan Nata De Coco tersebut? Nata De Coco merupakan salah satu makanan hasil fermentasi air kelapa yang bertekstur kenyal dan berwarna putih atau bahkan cenderung bening.

Proses fermentasinya tersebut menggunakan bakteri yang bernama Acetobacter xylinum. Di Indonesia sendiri bakteri tersebut lebih populer dengan sebutan bibit nata de coco. Kombinasi antara air kelapa dan bakteri tersebut akan menghasilkan jelly berwarna putih dan transparan yang disebut sebagai nata.

Nata de coco sudah dipasarkan di berbagai daerah dan sudah menjadi salah produk yang menghiasi pasaran makanan di Nusantara. Kini, Anda sudah dapat dengan mudah untuk menemukan toko-toko atau warung-warung yang menjual nata de coco tersebut dengan harga yang murah meriah.

Alat dan Bahan Pembuatan Nata De Coco

air kelapa

Sebelum mengulas cara membuat Nata De Coco sendiri, persiapkanlah beberapa alat yang akan diperlukan dalam proses pembuatannya. Beberapa alat tersebut adalah panci atau langseng (pastikan semuanya itu terbuat dari stainless), kompor, baki dari plastik, serta saringan super halus.

Selain itu sediakan juga rak untuk menyimpan baki plastik, alat pengaduk atau sinduk, timbangan duduk, mug ukur dan gelas ukur, koran untuk penutup, serta karet pengikat.

Setelah beberapa alat tersebut tersebut, Anda juga akan membutuhkan bahan-bahan pembuatannya seperti air kelapa murni sebagai bahan dasar dan bibit nata de coco atau sari kelapa. Jangan ketinggalan juga beberapa bahan pembuatan lainnya seperti gula pasir atau gula putih, Za atau Urea, serta cuka biang.

Cara Membuat Nata De Coco Sendiri

Cara membuat nata de coco sendiri

Pertama-tama, belah kelapa dan ambil airnya kemudian saring supaya air yang digunakan adalah air kelapa terpilih yang sudah bersih dari kotoran. Masukanlah air kelapa tersebut ke dalam dandang atau panci dan masak dengan tungku atau kompor sampai mencapai titik didih 100 derajat celcius.

Kalau Anda sudah merasa yakin bahwa air kelapa tersebut sudah mendidih, maka tambahkanlah bahan-bahan yang lainnya seperti gula pasir 250 gram, za 1/2 gram, serta cuka biang sebanyak 50 cc. Selanjutnya, masukanlah campuran tadi ke dalam baki plastik yang berukuran kira-kira 1,2 liter.

Jangan lupa untuk memeriksa bahwa baki tersebut benar-benar steril. Anda dapat menggunakan koran yang telah dijemur terlebih dahulu untuk menutup baki plastik tersebut. Pastikan dalam Koran tersebut steril dari bakteri supaya pembuatan nata de coco dapat berjalan dengan baik.

Mengapa baki plastik dalam pembuatan nata de coco harus terjaga kesehatannya? Karena kalau tidak, maka hasil produksi dari nato de coco tersebut tidak akan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Langkah selanjutnya, susunlah baki-baki yang telah ditutup koran tersebut dengan rapi, kemudian tiriskan sampai dengan benar-benar dingin dan berilah bibit nata de coco yang telah disediakan tadi.

Proses pembibitan nata de coco sebaiknya dilakukan di pagi hari antara pukul 5.30 – 6.30 agar pembibitan tersebut dapat berlangsung secara maksimal. Pastikan agar baki hasil pembibitan tersebut tidak digoyang-goyang atau terganggu dengan aktivitas lainnya.

Hasil pembibitan dapat dilihat pada hari ketiga. Kemudian, selama satu minggu baki pembibitan dibiarkan dan hasil panennya sudah bisa Anda ketahui pada hari ketujuh setelah pembuatan. Jadi, pada hari itu Anda sudah dapat melihat hasilnya dengan jelas.

Setelah jadi, Anda dapat memotong-motong nata de coco tersebut menjadi bentuk dadu ataupun bentuk lainnya yang Anda inginkan. Anda dapat menikmati nata de coco tersebut dengan campuran sirup ataupun minuman lainnya. Tambahkan juga es agar rasanya semakin segar.

Kandungan dan Manfaat

Nata De Coco mengandung beberapa kandungan yang dapat menjadi solusi untuk pemenuhan gizi harian serta dapat menjaga kesehatan tubuh. Kandungan dari Nata De Coco tersebut terdiri dari karbohidrat, lemak, kalori, fosfor, kalsium, zat besi vitamin beserta senyawa kimia alami yang lainnya.

Itulah langkah-langkah cara membuat nata de coco sendiri yang dapat dicoba di rumah. Meskipun mungkin membutuhkan waktu yang tidak sedikit, namun akan ada kepuasan tersendiri ketika menikmatinya dibandingkan dengan membeli langsung dari warung. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

5 Responses

  1. cara utk membuat natadekoko mudal gimana ya?

  2. Za itu bahan apa yaw,,,,bisa dibeli dimana????

  3. Bahan bahanx beli dimana Bos

  4. mau tanya mbak… bahan Za ( Urea ) itu apa yang untuk pupuk tanaman itu…apa tidak berbahaya untuk di konsumsi…?, dan bakteri starter (Acetobakter Xylinum ) itu di mana didapat ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *