Bacaterus / Food and Recipe / Tips Dapur / 6 Cara Membuat Nasi yang Lembek Menjadi Keras dengan Mudah

6 Cara Membuat Nasi yang Lembek Menjadi Keras dengan Mudah

Ditulis oleh

Kesalahan dalam memasak nasi dapat menyebabkan nasi yang dihasilkan menjadi lembek. Alhasil, nasi yang terlalu lembek jadi tidak enak dikonsumsi. Lantas, bagaimana cara membuat nasi yang lembek menjadi keras dan layak untuk dimakan? Apakah nasi yang terlanjur lembek harus dibuang begitu saja?

Jangan keburu membuang nasi yang lembek karena Anda bisa menyelamatkannya. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat tekstur nasi lembek jadi kembali keras. Penasaran? Yuk, simak panduan lengkap dari Bacaterus berikut ini.

Kesalahan yang Bisa Membuat Nasi Lembek

Kesalahan yang Bisa Membuat Nasi Lembek

Sebelum mencari tahu seputar cara membuat nasi yang lembek menjadi keras, mari kenali dulu beberapa kesalahan yang mungkin Anda lakukan ketika memasak atau menghangatkan nasi. Kesalahan ini dapat membuat tekstur nasi jadi selembek bubur.

  • Terlalu Banyak Air

Kesalahan pertama yang paling sering dilakukan sehingga nasi menjadi lembek adalah menggunakan terlalu banyak air ketika memasak nasi di magic com. Perbandingan yang tepat adalah 1 cangkir beras : 2 cangkir air.

Namun, ada juga jenis beras yang tidak membutuhkan air terlalu banyak sehingga perbandingannya 1 cangkir beras : 1 cangkir air. Apabila Anda memberikan air lebih banyak dari takaran yang disarankan, maka akan menghasilkan nasi yang lembek seperti bubur.

  • Sering Mengaduk Beras

Selanjutnya, ada kesalahan yang biasa dilakukan oleh Anda yang memasak beras secara manual, yakni dengan menggunakan wajan, panci, atau dandang. Beras yang sedang dimasak secara manual konon harus diaduk agar matang secara merata.

Sayangnya, pemikiran seperti ini salah karena sejatinya beras yang dimasak manual tidak perlu diaduk. Proses pengadukan hanya akan mengaktifkan kandungan pati dalam nasi sehingga nasi menempel satu sama lain dan jadi berair. Terlalu sering mengaduk beras juga akan membuat nasi jadi lembek dan mudah hancur.

  • Menambahkan Garam

Maksud hati ingin membuat nasi jadi lebih gurih, tetapi menambahkan garam saat memasak nasi akan membuat tekstur nasi jadi lembek dan mudah hancur. Apabila ingin menambahkan garam atau bahan-bahan penyedap lainnya sebaiknya tunggu sampai nasi matang.

  • Sering Dipanaskan

Menyantap nasi hangat memang sangat nikmat. Akan tetapi, jika nasi terus menerus dihangatkan maka teksturnya berubah menjadi lembek. Inilah sebabnya nasi yang disajikan di restoran cepat saji biasanya memiliki tekstur yang lembek. Hal tersebut karena nasi dimasukkan ke dalam magic jar atau laci pemanas dalam waktu yang cukup lama.

6 Cara Membuat Nasi yang Lembek Menjadi Keras

Bisakah nasi yang sudah lembek disiasati agar teksturnya berubah menjadi keras dan lebih layak untuk dikonsumsi? Tentu saja bisa. Sejumlah cara membuat nasi yang lembek menjadi keras ini bisa Anda coba. Jadi, jangan keburu membuang nasi yang lembek jika Anda biasa menyiasatinya dengan cara-cara ini.

1. Simpan di dalam Lemari Es

Simpan di dalam Lemari Es Cara Membuat Nasi yang Lembek Menjadi Keras

Cara membuat nasi yang lembek menjadi keras adalah meletakkannya di dalam lemari es. Udara dingin di dalam lemari es dapat membuat tekstur nasi jadi sedikit lebih keras.

Pertama-tama, letakkan nasi di atas baki panggangan yang sudah dilapisi dengan kertas minyak dan ratakan dengan menggunakan spatula atau sendok. Masukkan baki berisi nasi ke dalam lemari es selama 20-30 menit. Setelah itu, ambil kertas minyak dari baki panggangan dan masukkan bakinya ke dalam microwave untuk mengeraskan tekstur nasi.

2. Mengeringkan Nasi di dalam Oven

Mengeringkan Nasi di dalam Oven

Solusi lain bagi Anda yang ingin mengeraskan nasi yang lembek adalah dengan mengeringkannya di dalam oven. Suhu panas di dalam oven akan membuat tekstur nasi jadi lebih kering dan keras. Namun, Anda harus mengeceknya secara berkala agar nasi tidak terlalu keras.

Cara mengeringkan nasi di dalam oven adalah meletakkan nasi yang sudah diratakan di atas baki panggangan. Jangan lupa untuk melapisi baki dengan kertas minyak agar nasinya tidak terlalu kering. Kemudian, panaskan oven dalam suhu yang rendah dan masukkan baki panggangan ke dalamnya. Panggang selama 2-3 menit dan segera keluarkan baki dari dalam oven setelah proses pemanggangannya selesai.

3. Manfaatkan Garam

Manfaatkan Garam

Menambahkan garam saat memasak nasi memang bisa membuat tekstur nasi jadi lebih lembek. Akan tetapi, garam juga bisa menjadi “penyelamat” bagi Anda yang memiliki nasi lembek tetapi ingin mengeraskan teksturnya.

Cara membuat nasi yang lembek menjadi keras dengan menggunakan garam adalah dengan meletakkan mangkuk berisi garam di atas loyang penanak nasi paling atas (jika Anda memanaskan dengan dandang nasi atau magic jar). Garam akan menyerap kandungan air di dalam nasi sehingga teksturnya jadi lebih kering dan keras.

4. Angin-anginkan Nasi yang Lembek

Angin-anginkan Nasi yang Lembek

Pernahkah Anda mengalami situasi di mana Anda lupa menutup nasi kemudian nasinya jadi keras dan kering? Nah, itu artinya nasi bisa menjadi lebih keras jika terpapar angin terus menerus. Hal ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin mengeraskan nasi lembek.

Letakkan semangkuk nasi di tempat yang berangin, Anda juga boleh meletakkannya di depan kipas angin yang menyala. Dalam waktu satu jam, nasi akan menjadi lebih keras dan kering. Semakin lama Anda menjemur nasi, maka semakin keras pula teksturnya.

5. Goreng Nasi

Goreng Nasi

Solusi lain untuk mengeraskan nasi yang lembek adalah dengan cara mengolahnya menjadi nasi goreng. Nasi yang digoreng di dalam wajan panas akan mengeras dengan sendirinya. Akan tetapi, jangan terlalu lama menggoreng nasi agar teksturnya tidak terlalu keras.

Menggoreng nasi yang lembek dapat membuat nasi tersebut jadi tidak mubazir. Selain tekstur nasi berubah jadi lebih keras, nasi lembek juga akan terasa lebih sedap jika digoreng dengan bumbu-bumbu khusus.

6. Kreasikan Sajian Nasi

Kreasikan Sajian Nasi

Apabila Anda tidak ingin mengeraskan nasi yang lembek tapi sayang untuk membuang nasi tersebut, kreasikan saja sajian nasi tersebut agar lebih bisa dimakan. Misalnya, Anda bisa membuat onigiri alias nasi kepal dari nasi yang lembek.

Selain itu, nasi lembek juga bisa diolah menjadi berbagai sajian lain, seperti nasi bakar, bola-bola nasi, dan jajan pasar seperti arem-arem. Dengan mengolahnya menjadi berbagai kreasi makanan, nasi yang lembek pasti terasa enak dimakan.

6 cara membuat nasi yang lembek menjadi keras ini bisa langsung Anda coba sekarang juga. Kalau nasi yang lembek ternyata masih bisa dimanfaatkan untuk dimakan, kenapa harus dibuang? Agar di kemudian hari Anda tidak lagi mendapatkan hasil nasi lembek, baca artikel cara memasak nasi di magic com agar tidak lembek.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda
Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment