Bacaterus / Masakan Sunda / Cara Membuat Nasi Liwet Komplit Khas Sunda Asli

Cara Membuat Nasi Liwet Komplit Khas Sunda Asli

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Terdapat banyak resep menu khusus yang akan menemani masa kebersamaan Anda bersama kawan-kawan tercinta, salah satunya adalah menu nasi liwet. Ya, di nusantara ini nasi liwet memang sudah merupakan salah satu menu Andalan yang menyajikan cita rasa yang berbeda dari nasi-nasi pada umumnya. Cara membuat nasi liwet yang mudah juga menjadikannya semakin digemari.

Ada yang mengatakan bahwa nasi liwet ini berasal dari kota Solo, namun ada juga yang mengatakan bahwa menu special ini berasal dari Jawa Barat, tepatnya suku Sunda. Terlepas dari mana awal mulanya, tentunya masing-masing daerah memiliki racikan menu dan resep yang berbeda-beda.

Namun, pada dasarnya nasi liwet akan dikombinasikan dengan sambel dan lalapan, pete, ikan asin, ikan teri, daging ayam, ayam bakar, tempe, tahu, dan lainnya. Berikut ini mari kita diskusikan bersama tentang bagaimana resep membuat nasi liwet khas Sunda!

Bahan-Bahan untuk Resep Nasi Liwet Sunda

Sebagaimana memasak nasi pada umumnya, maka bahan utama untuk cara buat nasi liwet pun berasal dari beras. Sebaiknya pilihlah beras Cianjur yang memiliki sensasi pulen, wangi serta lebih nikmat untuk disantap dibandingkan dengan jenis beras lainnya.

Kemudian, sediakan pula bahan-bahan tambahan untuk dimasukkan dan ditanak ke dalam nasi liwet seperti garam, daun salam, minyak goreng, garam, cabe rawit, kencur, bawang daun, bawang merah, dan bawang putih. Ingat tambahkan secukupnya saja jangan terlalu berlebihan agar sensasi rasa nasi liwet akan terasa lebih nikmat dan pas untuk disantap bersama teman-teman tercinta.

Cara Membuat Nasi Liwet Khas Sunda

Cara membuat nasi liwet

Setelah bahan-bahan tadi dipersiapakan, selanjutnya kita menginjak ke bagaimana cara bikin nasi liwet tersebut. Langkah pertama, cuci atau dalam bahasa Sunda dikenal dengan istilah “isikan” beras sampai tiga kali pencucian saja agar kandungan gizi yang ada di dalam beras akan tetap terjaga. Setelah itu tanak beras yang sudah bersih tersebut dengan menggunakan api sedang.

Langkah kedua, semua bumbu resep nasi liwet komplit yang telah dipersiapkan tadi seperti cabe rawit, kencur, bawang daun, bawang merah, dan bawang putih tersebut dirajang. Setelah itu masukkan ke dalam nasi liwet yang sedang ditanak tersebut.

Langkah ketiga, berikan sedikit minyak dan garam secukupnya agar nasi liwet lebih gurih. Tambahkan juga beberapa lembar daun salam supaya rasa dan wangi khas nasi liwet akan semakin terasa menggoda selera makan Anda.

Langkah terakhir, tutup panci nasi liwet tersebut dan tunggulah sampai nasi liwet yang sedang Anda buat tersebut matang dengan sempurna. Setelah matang, nasi liwet tersebut dapat langsung disajikan dan dinikmati hangat-hangat bersama dengan teman atau keluarga.

Jangan lupa untuk menambahkan menu makanan lain yang akan membuat santap nasi liwet Anda semakin berselera, seperti sambal dan lalapan, pete, jengkol, daging ayam, ikan dan lain sebagainya. Hias dalam penyajiannya sehingga nasi liwet tersebut akan semakin menggoda selera makan Anda.

Bagi anak kost, Anda juga bisa mencoba cara membuat nasi liwet sederhana dengan menggunakan rice cooker. Bahan dan langkah-langkahnya tidak jauh berbeda dengan yang dijabarkan di atas, hanya saja panci dan tungkunya cukup digantikan dengan rice cooker saja.

Manfaat Nasi Liwet

Nasi liwet mengandung banyak manfaat, terutama dari nasi sebagai bahan utamanya. Nasi berkhasiat sebagai sumber energi karena mengandung karbohidrat. Nasi juga tidak mengandung lemak yang berbahaya sehingga resiko penyakit kolestrol dapat dihindari.

Selanjutnya, nasi juga mengandung sodium sehingga dapat dimanfaatkan untuk mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Selain itu, nasi juga kaya dan mineral, sehingga dapat bermanfaat untuk kesehatan kulit serta dapat menguatkan jantung.

Di sisi lain, Anda juga dapat mengambil manfaat nasi liwet dari kandungan daun salamnya. Daun salam sangat efektif dalam mengobati berbagai penyakit seperti diare, maag, radang lambung, asam urat, stroke, kolesterol, diabetes, mata, dan juga efektif dalam melangsingkan tubuh.

Berbagai manfaat tersebut akan semakin bertambah jika Anda menyantapnya dengan sajian ayam goreng atau ayam bakar yang ditambah dengan tempe dan tahu karena makanan-makanan tersebut sudah tidak dapat diragukan lagi akan kandungan gizi yang terdapat di dalamnya.

Itulah cara membuat nasi liwet sunda yang nikmat dan juga bergizi tinggi. Selain nasi liwet, masih banyak makanan khas sunda lainnya yang tidak kalah enak dan wajib untuk Anda coba. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak kumpulan makanan khas sunda di artikel ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *