bacaterus web banner retina

Hobi Futsal? Inilah Cara Membuat Nama Tim Futsal yang Bagus

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 10 Agustus 2021

Bagi manusia, nama adalah sesuatu yang penting yang berpengaruh terhadap psikologi seseorang. Nama pun berpengaruh terhadap persepsi. Ketika mendengar sebuah nama, kita secara otomatis membayangkan sosok si empunya nama. Ini termasuk pada penamaan tim olahraga seperti tim futsal. Pemilihan nama yang cocok akan menjadi keunikan tersendiri kepada tim penyandang nama tersebut.

Memilih sebuah nama bagi tim futsal tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi anggota tim. Adanya keterlibatan personal di dalam proses pemilihan nama menjadi hal yang mengikat secara emosi antara klub dan anggotanya. Tapi memilih nama tidak bisa sembarang lho. Pasalnya nama berpengaruh juga pada kesuksesan. Nah, simak penjelasan di bawah ini ya agar membuat nama yang bagus untuk timmu.

Pengaruh Nama pada Kesuksesan

Nama adalah doa. Kamu pasti sering mendengar kepercayaan ini diyakini oleh masyarakat Indonesia. Tapi ini bukan sekedar kepercayaan biasa lho. Sudah banyak temuan penelitian yang menyatakan adanya pengaruh dari nama terhadap kesuksesan.

Kamu pasti menginginkan tim yang sukses, kan? Minimal kamu dan tim futsal mu selalu lancar dan selamat tatkala sedang bertanding. Oleh karena itu, pilihlah sebuah nama yang tidak hanya mempunyai arti yang baik, namun membawa keberuntungan pula.

1. Perbedaan Alfabet yang Digunakan pada Nama

Perbedaan Alfabet yang Digunakan pada Nama

Ada sebuah kajian di tahun 2007 yang menemukan bahwa orang yang menggunakan nama alfabet awal cenderung lebih diakui prestasi dan kiprahnya dibanding orang dengan nama alfabet akhir. Di tahun berikutnya, tepatnya tahun 2013 ada kajian terbaru lagi.

Konon katanya orang dengan nama awalan dari alfabet akhir cenderung suka belanja impulsif. Tapi tentu saja mungkin kebiasaan impulsif ini bisa saja tidak terjadi di tim futsalmu.

Tapi tidak ada salahnya kamu menggunakan nama yang katanya membawa hoki pada tim semisal menggunakan nama dari alfabet awal. Siapa tahun keberuntungan yang dibawa dari nama tersebut menaungi tim futsalmu.

2. Nama yang Mudah Diucapkan Lebih Menguntungkan

Nama yang Mudah Diucapkan Lebih Menguntungkan

Keakraban sebuah nama juga mempengaruhi eksisten sebuah tim di lingkungan tertentu. Kebanyakan orang cenderung mudak akrab dengan nama yang mempunyai korelasi dengan sebuah tempat di mana ia berada.

Kemudahan dalam mengucapkan nama mempengaruhi keakraban terhadap si pemilik nama. Ketika sebuah nama muda diucapkan, semakin mempermudah seseorang untuk mengingatnya. Sebaliknya, nama yang sulit diucapkan akan berisiko orang sukar menyebutkan apalagi namanya mengingatnya.

Memilih Nama yang Baik Untuk Tim Futsal

Dalam hal memilih nama, meskipun mungkin tim futsalmu hanya dibentuk untuk tujuan bersenang-senang, ada baiknya menggunakan nama yang mengandung arti yang baik.

Meskipun tidak ada keharusan atau standar baku untuk penamaan tim futsal, namun nama yang unik selalu berhasil membuat kesan istimewa. Nah, untuk membuat nama tim futsal, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Perhatikan Fokus Tim Futsal

Perhatikan Fokus Tim Futsal

Tujuan tim futsal sangat berpengaruh terhadap pemilihan nama tim futsal. Ini dikarenakan aktifitas dan kegiatan yang dijalankan akan tercermin dari nama yang dipilih. Tentukan apa tujuan tim kamu dan bagaimana capaian yang ingin kamu raih bersama tim.

Apakah kamu membentuk tim futsal hanya untuk berkumpul dan mengobrol dengan teman-temanmu, atau anggota rekan tim ingin sesuatu yang lebih penting dan serius. Sesuaikan pemilihan nama bagi tim futsal dan sehingga fokus tim akan tercermin dari nama yang digunakan.

2. Buat Daftar Kandidat Nama

Buat Daftar Kandidat Nama

Dalam proses pemilihan nama, jangan lupa libatkan semua anggota tim di dalam proses kreatif. Ajak semuanya untuk bertukar pikiran tentang nama dan citra apa yang diproyeksikan untuk tim futsal kamu. Misalnya, apakah rekan satu tim menginginkan sebuah nama tim yang profesional?

Atau lebih menyukai nama yang lucu dan unik. Atau mungkin juga mereka inginkan nama yang mengintimidasi tim lawan. Bisa pula kamu gunakan angka ke dalam nama tim futsal mu. Kumpulkan dan tulis seluruh nama yang terlintas di dalam pikiranmu.


Baca juga:

Pikirkan kesamaan dari seluruh anggota tim futsal. Karena ini adalah proses pemilihan nama tim olahraga maka, akan lebih baik jika kamu menyertakan nama yang ada hubungannya dengan olahraga atau dengan futsal itu sendiri.

Kamu bisa gunakan referensi dari buku, dari acara televisi atau dari pencarian secara online. Sebelum kamu mempersempit daftar nama-nama yang diusulkan, kemudian memilih kandidat nama yang cocok, pastikan semua orang di dalam tim setuju dengan pemilihan nama yang mereka ambil.

3. Pahami Karakter Tim Futsalmu

Pahami Karakter Tim Futsalmu

Pemilihan nama pun tidak hanya mencerminkan kegiatan tim, nama tim akan menunjukan karakter tim futsal. Karakter tim futsal bermacam-macam, ada yang terbuka untuk umum di mana klub akan melakukan rekrutmen terhadap pemain sehingga kemungkinan akan selalu ada pergantian pemain.

Ada pula karakter tim futsal yang tertutup bahkan rahasia di mana tim seperti ini hanya terdiri dari teman bermain atau kenalan yang sudah lama dikenal. Tim futsal seperti ini tidak membuka anggota baru untuk menjadi bagian dari tim.

Jika kamu ingin membentuk tim futsal yang terbuka bagi umum, kamu harus gunakan nama yang sederhana dan mudah dimengerti oleh semua orang. Namun, jika kamu membentuk tim futsal secara tertutup, kamu bisa gunakan nama yang hanya dimengerti oleh sesama anggota tim futsal mu sendiri.

4. Pikirkan tentang Sponsorship

Pikirkan tentang Sponsorship

Jika tim futsal kamu adalah tim yang terbentuk atas bantuan sponsor dan sponsor tersebut membiarkan kamu dan tim untuk menentukan nama tim futsal, pastikan kamu memasukan nama sponsor tersebut ke dalam nama tim futsal.

Sertakan pula warna sponsor ke dalam warna tema yang digunakan oleh tim futsal. Ini menunjukan bahwa kamu dan tim menghargai masukan dan bantuan sponsor secara keseluruhan. Dan pastinya ini adalah hal yang baik yang bisa dilakukan dalam pemilihan nama tim futsal.

5. Pilih Nama Personal Sebagai Altenatifnya

Pilih Nama Personal Sebagai Altenatifnya

ini saatnya untuk menguji kreatifitasmu. Kamu perlu membuat nama yang sederhana dan mudah diingat yang akan membuat tim futsalmu menonjol dari tim futsal lainnya. Untuk mendapatkan ide nama kreatif kamu bisa mencari inspirasinya dari berbagai banyak hal.

Misalnya dari nama sebuah film yang berkesan bagi anggota tim futsalmu, bisa juga kamu kreasikan sebuah judul lagi yang memang punya memori tersendiri sehingga lagu tersebut dirasa istimewa.

Jika kamu bekerja atau masih bersekolah di sebuah lembaga tertentu, kenapa tidak cantumkan nama sekolah, nama kantor atau lembaga tersebut ke dalam nama tim futsalmu. Paduan nama-nama tersebut sekreatif mungkin.

Nama yang muda diingat dan mudah pula diucapkan biasanya singkat dan biasanya mempunyai dua atau tiga kata. Oh ya, hindari penamaan yang berkonotasi negatif ya, sebab tentu saja nama tersebut akan mempengaruhi citra tim futsalmu.

6. Pilih Nama Berdasarkan Suara Terbanyak

Pilih Nama Berdasarkan Suara Terbanyak

Setelah semua nama sudah dibuat daftar dan diurutkan, saatnya untuk menentukan nama mana yang akan dipilih sebaga nama tim futsalmu. Ambil paling tidak lima nama yang mendapat suara terbanyak. Pertimbangkan pula makna filosofi serta persepsi dari nama tersebut.

Setelah diambil lima nama, minta rekan satu tim untuk memilih tiga nama teratas dengan mempertimbangkan makna dara tersebut. lakukan pemungutan suara. Nama yang paling mendapat suara paling banyak lah yang jadi nama tim futsal.

Itu dia cara-cara membuat nama tim futsal yang bisa kamu ikut. Ternyata memilih sebuah nama itu tidak semudah yang dikira ya. pasalnya dari sebuah nama terkandung berbagai makna dan merepresentasikan pemilik nama tersebut.

Tidak heran jika di dalam tradisi masyarakat di Asia khususnya Indonesia seperti masyarakat Jawa dan Sunda apa ritual dan upacara tertentu ketika akan menamai sesuatu. Sebuah nama adalah doa yang ketika disebut sama artinya sedang mendoakan. Jadi, pilih nama yang baik ya untuk sesuatu yang kamu miliki.

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram