Bacaterus / Resep Kue / Resep dan Cara Membuat Mochi Ice Cream ala Jepang

Resep dan Cara Membuat Mochi Ice Cream ala Jepang

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Mochi merupakan sebuah kue yang dibuat dari tepung beras ketan. Sebenarnya kue satu ini berasal dari Jepang, tetapi sekarang kue mochi sudah sangat populer sekali di Indonesia. Selain karena rasanya, kue satu ini populer juga terjadi karena bentuknya yang sangat unik.

Salah satu jenis kue mochi yang sedang booming di Indonesia saat ini adalah mochi ice cream. Tidak seperti mochi pada umumnya yang diisi dengan kacang merah, mochi ice cream tersebut diisi dengan es krim aneka rasa yang sangat lezat.

Penjual mochi ice cream saat ini sudah banyak tersebar di kota-kota besar. Namun Anda juga dapat membuatnya sendiri jika tidak ingin mengeluarkan banyak uang untuk membelinya. Nah kali ini bacaterus.com akan mengulas cara membuat mochi ice cream tersebut untuk Anda.

Apa Itu Kue Mochi?

resep kue mochi jepang

Mochi merupakan salah satu makanan tradisional dari jepang. Kue mochi dibuat dari beras ketan yang ditumbuk lalu dibentuk menjadi bulat. Kue ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan kenyal sehingga banyak orang yang menyukainya.

Di negara asalnya tersebut, kue mochi banyak disajikan saat perayaan hari tahun baru Jepang atau dikenal dengan perayaan mochitsuki. Tak ayal, bangsa Jepang menamai kue satu ini dengan “mochi”. Namun, mochi juga sering menjadi kue wajib dalam perayaan-perayaan di jepang lainnya.

Di Indonesia sendiri kue mochi sudah cukup terkenal, terutama bagi mereka yang tinggal di kawasan Bogor, Sukabumi, dan Cianjur. Cara pengolahan mochi ala Indonesia tidak jauh berbeda dengan jepang, hanya saja bentuk serta pengemasannya yang sedikit berbeda.

Ya, jika di Jepang kue mochi biasanya memiliki ukuran sebesar kepalan tangan kecil, maka mochi di indonesia hanya memiliki ukuran sebesar kelereng. Mochi tersebut kemudian dibungkus dalam sebuah kerang bambu kecil yang mampu menampung sekitar 10 butir kue mochi.

Secara tradisional kue mochi diisi dengan adonan kacang tanah. Namun kini sudah banyak variasi isian yang digunakan, mulai dari gula merah, coklat, keju, nutella, green tea, hingga isi es krim yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini.

Mochi isi es krim sebenarnya bukan jenis makanan yang baru. Pasalnya, mochi tersebut sudah ada di Jepang semenjak tahun 1981 dengan nama Yukimi Daifuku. Mochi ice cream tersebut kemudian menyebar ke berbagai negara lainnya termasuk Indonesia.

Di indonesia mochi ice cream sebenarnya sudah ada sejak lama, namun baru populer beberapa tahun ke belakang ini. Mochi yang digunakan adalah mochi Jepang yang besar dan kemudian diisi dengan es krim aneka rasa seperti coklat, strawberry, vanilla, durian, dan lainnya.

Bahan-Bahan Mochi Ice Cream Jepang

cara membuat mochi ice cream

Untuk membuat mochi ice cream ini, pertama-tama mari kita siapkan terlebih dahulu bahan-bahannya. Dalam resep kali ini kita akan menggunakan ice cream instant agar tidak memakan waktu terlalu banyak dalam pembuatannya. Berikut adalah bahan-bahan yang harus anda siapkan:

  • Tepung beras ketan sebanyak 50 gram
  • Air putih matang sekitar 100 ml
  • Gula sekitar 100 gram
  • Vanila bubuk sekitar 2 sdt
  • Ice cream dua rasa sebanyak 10 scope (sesuai selera)
  • Tepung kanji seperlunya.

Cara Membuat Mochi Ice Cream Jepang

Apabila semua bahan yang dibutuhkan sudah terkumpul, sekarang kita bisa langsung mengolahnya. Pertama kalinya siapkan sebuah panci lalu campurkan tepung beras ketan, gula, vanila bubuk, dan air sedikit demi sedikit. Sambil memasukan bahan-bahan tersebut, aduk-aduk agar tercampur secara merata.

Selanjutnya masak adonan tersebut dengan menggunakan api sedang sambil tetap terus dilakukan pengadukan. Pastikan bahan tersebut sudah mengental dan terasa lengket. Kemudian siapkan sebuah bidang datar dan taburi dengan menggunakan tepung kanji. Taburan ini berguna agar nantinya adonan kue mochi tidak lengket di bidang datar tersebut.

Setelah itu, tuang adonan tepung beras yang telah kita olah tadi ke dalam bidang datar tersebut. lalu taburi tepung kanji di atasnya lagi. Selagi masih panas, giling adonan tersebut dengan pengiling roti dengan tingkat ketebalan 2-3 mm. Jika sudah diamkan hingga dingin.

Apabila adonan kue mochi tersebut telah dingin, maka ambil dan potong dengan bentuk bulat pipih berdiameter sekitar 4 cm. Agar lebih mudah dan rapi bagi terlebih dahulu adonan tersebut sebanyak 10 bagian.

Kini bentuk es krim menyerupai bola-bola kecil, kemudian agar mengeras letakan es krim tersebut dalam lemari pendingin selama beberapa menit. Selanjutnya ambil 1 adonan kue mochi pipih dan 1 bulatan es krim yang sudah mengeras.

Letakan es krim tersebut di atas adonan mochi lalu tutup atau lipat adonan kue mochi tersebut hingga semua bagian es krim tidak terlihat. Lakukan hingga adonan kue mochi dan es krim habis. Terakhir simpan kue mochi tersebut di dalam lemari pendingin selama kurang lebih 30 menitan. Setelah itu sajikan kue mochi selagi masih dingin.

Pastikan Anda langsung memakan mochi es krim tersebut dan jangan membiarkannya terlalu lama. Pasalnya, es krim yang ada di dalamnya akan mencair dan rasanya jadi tidak enak lagi. Jika tidak ingin langsung memakannya, maka lebih baik simpan di lemari pendingin saja.

Anda juga dapat memberikan warna pada kue mochi yang Anda buat tersebut menggunakan pewarna makanan. Silahkan sesuaikan warna dengan isi es krim yang ada di dalamnya, seperti warna merah untuk es krim stroberi, kuning untuk durian, hijau untuk green tea, dan sebagainya.

Nah, seperti itulah cara membuat mochi ice cream spesial khas Jepang yang dapat kami sajikan pada kesempatan kali ini. Resep tersebut sangat cocok bagi Anda yang ingin mencoba variasi baru dalam membuat kue. selamat mencoba dan semoga berhasil!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *