Bacaterus / Manisan / Cara Membuat Manisan Pepaya Kering dan Basah

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering dan Basah

Ditulis oleh - Diperbaharui 27 Januari 2019

Selain dapat dimakan secara langsung, buah-buahan juga bisa diolah menjadi jenis makanan lainnya. Salah satu yang paling disukai adalah manisan. Banyak sekali jenis manisan buah yang ada di Indonesia, seperti manisan mangga, pepaya, salak, dan lainnya. Cara membuat manisan pepaya dan buah lainnya juga tidak terlalu sulit, apalagi jika memang sedang musimnya.

Mengenal Buah Pepaya

Pepaya atau dalam istilah latinnya disebut dengan nama Carica papaya L. merupakan tumbuhan yang banyak dimanfaatkan pada bagian buahnya. Pepaya juga merupakan salah satu tanaman yang mudah tumbuh sehingga tidak perlu perawatan yang super ribet dalam menanamnya.

Selain buah matangnya yang sangat segar dan lezat, daunnya pun dapat dimanfaatkan lalapan karena mengandung zat besi yang cukup tinggi dan sangat baik jika dimakan oleh Anda yang sedang mengalami anemia atau kurang darah. Selain itu, bagian bunganya juga dapat dimanfaatkan untuk dijadikan bahan tumisan.

Pepaya ini berasal dari negara Meksiko, Amerika Selatan. Saat ini, di nusantara pun pepaya sudah bukan hal yang asing lagi karena tanaman tersebut telah menyebar luas di beberapa daerah. Indonesia mengenal pepaya dari bahasa Belanda yaitu papaja. Namun, di beberapa daerah juga dikenal dengan sebutan lain yang berbeda seperti katès yang berlaku di daerah Jawa dan sebutan gedang yang berlaku di daerah sunda.

Pepaya merupakan salah satu tumbuhan yang banyak dimanfaatkan seperti yang telah disinggung sebelumnya. Bahkan, buah yang masih mentahnya pun dapat digunakan untuk beragam jenis masakan, salah satunya bisa dibuat manisan pepaya, baik itu manisan pepaya basah ataupun kering.

Bahan Manisan Pepaya

cara membuat manisan pepaya kering

Manisan pepaya adalah manisan yang dibuat dari pepaya mengkal atau pepaya yang belum matang sempurna. Apakah Anda ingin mengetahui resep mudah tentang cara membuat manisan pepaya tersebut? Mari kita simak bersama!

Pertama-tama, sediakan bahan-bahan yang dibutuhkan, terutama bahan pokok dalam pembuatan manisan tersebut yaitu pepaya mengkal atau pepaya setengah matang. Untuk membuat manisan dengan porsi yang cukup maksimal, Anda bisa menggunakan 2 buah pepaya mengkal.

Sediakan juga yang namanya kapur sirih secukupnya. Kapur sirih dimanfaatkan untuk merendam pepaya agar lebih kesan dan bagus untuk dijadikan manisan. Sesudah kedua bahan tadi dipersiapkan, selanjutnya adalah menyiapkan bahan-bahan tambahan seperti kesumba secukupnya, gula pasir sebanyak 8 sendok makan, air bersih sebanyak 1 liter, teh frambos sekitar ½ sendok teh, dan garam asam sekitar ½ sendok teh.

Cara Membuat Manisan Pepaya Kering dan Basah

Kita beranjak ke bagaimana cara membuat manisan pepaya kering dan basah tersebut. Langkah pertama adalah dengan mengupas kulit dari buah pepaya tersebut lalu cuci sampai bersih dan getahnya tidak terlalu banyak lagi.

Langkah kedua, lakukan pemotongan atau pengirisan terhadap pepaya tersebut dengan ukuran irisan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan selera Anda. Biasanya manisan pepaya berukuran sekitar 1×2 cm. Anda juga bisa membentuknya menjadi bulat, kotak, dan lainnya.

Setelah melewati proses-proses tadi, lakukan perendaman terhadap pepaya yang sudah dipotong-potong tersebut hingga mencapai kurun waktu 3 sampai dengan 4 jam. Setelah perendaman berakhir, tiriskan semua potongan pepaya tersebut.

Langkah ketiga, rebuslah pepaya dengan air sampai mendidih. Jangan lupa untuk menambahkan garam, asam, gula pasir, serta kesumba, kemudian aduk sampai benar-benar merata. Langkah terakhir, tunggu hingga masak, lalu tambahkan frambos dan manisan pepaya basah pun siap dihidangkan.

Namun, jika menginginkan rasa manisan pepaya yang lebih istimewa, Anda dapat melakukan penjemuran manisan pepaya tersebut di atas terik matahari sampai benar-benar kering. Manisan pepaya ini akan semakin mantap untuk disantap jika dikeringkan terlebih dahulu karena manisan yang dikeringkan akan terasa lebih kenyal, enak dan nikmat.

Kandungan Gizi Pepaya

Jika kita berbicara tentang kandungan gizi yang terdapat dalam manisan pepaya memang sudah tidak dapat diragukan lagi karena bahan dasarnya yaitu pepaya memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Pertama, pepaya mengandung enzim papain sehingga dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Kedua, pepaya mengandung vitamin A yang sangat efektif dalam menjaga kesehatan mata. Ketiga, mengandung Vitamin C yang sangat berkhasiat untuk merawat kesehatan kuli wajah agar terhindar dari masalah sel-sel kulit mati. Masih banyak lagi manfaat-manfaat pepaya lainnya yang bisa Anda cari di internet.

Nah, karena pepaya merupakan buah yang murah dan mudah untuk ditemukan, maka segera praktekkan cara membuat manisan pepaya kering dan basah ini. Bagi Anda yang masih belajar, sebelum membuat berbagai manisan buah lain yang lebih rumit, cobalah untuk membuat manisan pepaya ini terlebih dahulu. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar