Bacaterus / Cara Membuat Makalah Yang Baik Dan Benar

Cara Membuat Makalah Yang Baik Dan Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Membuat makalah bagi yang belum terbiasa biasanya akan menjadi sangat membingungkan. Untuk cara membuat makalah yang baik dan benar harus memenuhi beberapa unsur. Ada 8 elemen penting yang tidak boleh Anda lewatkan ketika membuatnya, yakni cover, halaman judul, kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, isi, penutup atau kesimpulan, dan daftar pustaka.

Biasanya bagian yang sedikit menyusahkan untuk disusun terletak pada bagian pendahuluan. Bagian pendahuluan merupakan kerangka utama agar makalah tersebut dapat dikatakan baik dan bagus. Selain itu bagian kesimpulan terkadang juga sedikit membingungkan untuk disusun. Maka dari itu berikut akan diulas cara menyusun pendahuluan dan kesimpulan untuk dijadikan panduan bagi Anda.

Cara Menyusun Pendahuluan Pada Makalah

Mungkin ada di antara Anda yang masih menganggap bahwa pendahuluan sama dengan kata pengantar. Perlu diketahui  jika makalah dapat dikategorikan sebagai sebuah karya ilmiah karena tidak hanya bergantung pada isi pembahasan makalah namun juga terletak pada pendahuluan.

Pendahuluan merupakan bagian yang berisi tentang rancangan keseluruhan materi yang akan dibahas. Pada sebuah pendahuluan agar dapat dikatakan baik dan benar, ada beberapa kaidah atau bagian yang harus disertakan atau harus ada dalam sebuah pendahuluan.

Hal-hal ini harus sangat diperhatikan agar susunan dan juga isi dari pendahuluan sesuai dengan ketentuan. Meskipun ketentuan itu dapat berbeda-beda namun pada dasarnya ada 3 bagian yang tak boleh luput, yaitu:

  1. Latar Belakang

Latar belakang merupakan bagian penting dalam pendahuluan. Pada bagian latar belakang harus berisi mengenai hal yang menarik penulis untuk mengambil topik atau materi yang akan dibahas. Pada bagian ini juga menentukan tingkat dari makalah yang Anda buat, apakah menarik untuk dibaca oleh pembaca atau tidak.

  1. Rumusan Masalah

Bagian kedua yang juga tidak boleh luput dari pendahuluan yaitu rumusan masalah. Rumusan masalah merupakan kumpulan dari masalah yang akan dibahas dan dijawab dalam bab pembahasan atau pada bagian isi makalah. Dengan menggunakan rumusan masalah ini juga menjadikan pembahasan si penulis lebih fokus sehingga tidak melebar kemana-mana.

  1. Tujuan Penulisan

Dan bagian terakhir adalah tujuan penulisan. Pada bagian ini penulis harus mengungkapkan tujuan dari penulisan atau penyusunan makalah. Bagian ini juga berisi tentang manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari makalah yang Anda susun. Ketiga unsur ini harus Anda cantumkan pada bagian pendahuluan karena merupakan unsur pokok dari pendahuluan tersebut.

Cara Membuut Kesimpulan Dalam Makalah

Cara membuat makalah yang baik dan benar

Sama dengan bagian pada pendahuluan, pada bagian penutup atau kesimpulan ada pula beberapa aspek yang harus terpenuhi agar kesimpulan yang Anda buat dapat merangkum semua yang telah Anda bahas dalam bab pembahasan. Kesimpulan ini juga harus menjadi penutup yang sempurna dari makalah yang Anda buat.

Pertama isi kesimpulan dari makalah haruslah berupa hasil analisis yang didapatkan dari kajian pustaka yang dipadukan dengan pemahaman sang penulis. Bisa berupa kesimpulan berdasarkan data atau juga dapat berupa kesimpulan yang didasarkan dari referensi yang Anda jadikan rujukan ketika menyusun makalah Anda.

Dalam sebuah kesimpulan hendaknya menyertakan pula saran bagi para pembaca sekaligus mintalah kritik tentang pembahasan materi yang telah Anda sampaikan. Hal ini dapat dijadikan bahan introspeksi ketika Anda akan menyusun makalah kembali.

Sebuah kesimpulan juga harus berisi rangkuman singkat dari materi yang telah Anda bahas secara panjang lebar. Usahakan jangan menyimpulkan tentang materi atau pembahasan yang tidak Anda bahas dalam bab isi atau bab pembahasan.

Nah itulah beberapa cara membuat makalah yang baik dan benar terutama pada bagian pendahuluan dan kesimpulan. Selain dua elemen di atas, silahkan baca juga ulasan kami mengenai elemen lainnya yang biasanya terdapat dalam makalah yakni catatan kaki (footnote) dan daftar pustaka.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *