Bacaterus / Makanan Barat / Resep & Cara Membuat Macaroni Schotel Panggang

Resep & Cara Membuat Macaroni Schotel Panggang

Ditulis oleh - Diperbaharui 26 Oktober 2019

Bagi seorang ibu rumah tangga, pasti selalu disibukan dengan urusan memasak, terutama ketika pagi hari tiba. Di internet sebenarnya telah ada banyak sekali resep masakan yang bisa Anda coba dengan mudah. Namun beberapa resep tersebut tidak menghasilkan rasa yang nikmat di lidah ketika sarapan. Alih-alih nikmat, mungkin melihatnya saja sudah membosankan.

Nah bagi Anda yang bosan dengan menu sarapan itu-itu aja, Anda dapat mencoba resep macaroni schotel panggang yang sedang populer di Indonesia belakangan ini. Selain nikmat, makanan ini juga memiliki tampilan menarik yang bisa dirias sedemikian rupa.

Sekilas Tentang Macaroni Schotel

Apa itu macaroni schotel? Sesuai namanya, makanan satu ini terbuat dari macaroni. Di Indonesia mungkin bahan makanan ini kurang begitu populer, tetapi di mancanegara khususnya Eropa macaroni sangatlah diminati oleh berbagai kalangan masyarakat.

Macaroni merupakan salah satu jenis pasta yang berasal dari negara Italia. Bahan dan cara pembuatannya sendiri berasal dari tepung terigu, hard wheat varietas durum, milled durum, dan bahan makanan khas Italia lainnya.

Di Italia, macaroni ini banyak diolah bersama dengan saus krim dan juga kacang polong. Namun seiring dengan perkembangannya, sekarang ini macaroni juga banyak diolah bersama dengan daging ayam, sayuran, daging sapi, dan lainnya.

resep macaroni schotel panggang

Bahan-bahan tepung tadi kemudian dicampur dengan air dan ditambahkan telur. Uniknya, di Italia hanya tepung dari varietas durum saja yang digunakan untuk membuat kuliner satu ini dan tidak menggunakan jenis tepung lainnya.

Tepung tersebut dipilih karena memiliki kadar protein yang cukup tinggi, sehingga bisa lebih kenyal dan elastis. Setelah dicampur dengan air, kemudian dikeringkan sampai kadar airnya menjadi 12 % sehingga macaroni nanti bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

Mungkin mendengar nama schotel masih cukup asing di telinga. Menurut bahasanya sendiri, kata tersebut berasal dari bahasa Belanda yang berarti “piring” atau wadah makanan. Ya, istilah macaroni schotel memang diperkenalkan oleh orang Belanda pada masa kolonial dahulu.

cara membuat macaroni schotel panggang

Catatan sejarah mengungkapkan, jaman dahulu para anggota VOC (khususnya perempuan) sering membuat makanan ini dengan sebuah wadah khusus. Untuk membedakannya dengan olahan makaroni yang lain, mereka kemudian menambahkan kata schotel di belakangnya.

Hingga sekarang, macaroni schotel masih tetap eksis di kalangan masyarakat Indonesia. Di negara kita macaroni schotel kebanyakan dibuat dengan menggunakan keju dan smoked beef, meskipun ada juga yang menggunakan ikan tuna dan kentang. Cara mengolahnya bisa dipanggang, kukus, hingga goreng.

Di negara asalnya, kuliner ini biasa disebut sebagai Macaroni casserole dengan bahan utama pembuatannya berupa keju dan susu. Sedangkan di negara Swedia, makanan ini terkenal dengan sebutan makaronipudding karena dibuat dalam wadah yang mirip dengan cetakan puding.

Mungkin saat ini menemukan menu macaroni schotel sangatlah sulit di pasaran, terutama apabila kita berada di daerah-daerah pelosok. Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi mengenai resep dan cara membuat macaroni schotel panggang yang lezat tersebut.

Bahan-Bahan Macaroni Schotel

Resep macaroni schotel panggang ini sangatlah mudah untuk dibuat, selain itu bahan-bahannya juga tidak terlalu sulit untuk didapatkan karena sudah disesuaikan dengan bumbu khas Indonesia. Adapun bahan-bahan yang perlu Anda siapkan sebelum membuatnya antara lain:

  • Mentega tawar sebanyak 20 gram
  • Bawang bombay cukup dengan 1/2 buah, cincang halus
  • Tepung terigu sekiranya 30 gram
  • Susu cair sebanyak 300 ml
  • Makaroni pipa sebanyak 100 gram, rebus matang
  • Smoked beef cukup dengan 5 lembar, iris halus
  • Keju cheddar parut sebanyak 50 gram
  • Garam sekiranya 1 1/4 sendok teh
  • Merica bubuk sekitar 1/2 sendok teh
  • Pala bubuk sebanyak 3/4 sendok teh
  • Telur cukup dengan 3 butir, kocok lepas

Bahan taburan:

  • Keju cheddar sebanyak 100 gram (sesuai selera), parut panjang

Cara Membuat Macaroni Schotel Panggang

Langkah pertama panaskan mentega terlebih dahulu, Anda bisa memanaskan dengan menggunakan api kecil sampai sedang. Setelah meleleh tumislah bawang bombay sampai mengeluarkan aroma yang harum. Kemudian masukan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk agar tercampur merata.

Selanjutnya masukan susu sedikit demi sedikit sambil diaduk supaya dapat tercampur secara merata, usahakan adonan yang terbentuk sudah licin.  Sekarang masukan macaroni yang telah dipersiapkan bersama dengan smoked beef. Aduk-aduk bahan tersebut hingga tercampur secara merata, angkat.

Setelah itu, masukan keju cheddar parut, garam, merica bubuk, dan telur kocok. Aduk-aduk kembali sampai semua bahan tersebut tercampur secara merata. Siapkan pinggan tahan panas built, jika ada pilihlah yang berdiameter bawah 18, atas 21, dan tinggi mencapai 5 1/2 cm. Kemudian olesi pinggan tersebut dengan mentega secukupnya saja.

Tuang masakan yang telah kita buat tadi ke dalam pinggan tahan panas, lalu panggang dalam oven sekitar 20 menitan dengan suhu mencapai 170 derajat celsius, usahakan memanggang sampai 3/4 matang sambil direndam di atas sedikit air.

Ambil dari dalam oven, kemudian taburi dengan menggunakan keju sesuai selera. Setelah itu, tuang di atas piring dan sajikan sebagai menu sarapan. Supaya macaroni schotel lebih nikmat di lidah, Anda dapat mengganti taburan keju dengan bahan lain sesuai dengan selera seperti misalnya selai, cokelat, suas, sambal, dan masih banyak lagi.

Bagaimana, mudah sekali bukan? memang resep macaroni schotel panggang sebenarnya cukup mudah, namun meski demikian Anda tetap harus mengikuti langkah memasak diatas secara urut. Sebab jika tidak, hasil akhir nanti tidak akan memiliki rasa yang mantap.

Selain cocok untuk sarapan, menu macaroni schotel di atas juga cocok untuk makan siang dan makan malam. Resep diatas untuk 16 porsi, jika masih kurang Anda bisa menambahkan bahan-bahan yang digunakan. Tapi ingat, takaran harus pas atau sesuai agar rasanya tidak aneh.

Itulah sajian informasi pada kesempatan kali ini mengenai cara membuat macaroni schotel panggang. Tidak perlu Anda bersusah payah mencari menu satu ini, cukup baca dan terapkan resep di atas, maka  Anda sudah bisa mencicipinya langsung. Selamat mencoba!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *