bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / Edukasi / Ini Nih Cara Membuat Latar Belakang Makalah yang Benar

Ini Nih Cara Membuat Latar Belakang Makalah yang Benar

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 11 Maret 2021

Dalam sebuah karya tulis dan makalah latar belakang mempunyai peran yang sangat penting dan berpengaruh. Latar belakang merupakan sebuah dasar pemikiran atau titik tolak untuk memberikan pemahaman kepada para pembaca atau pendengar sehingga mereka memahami materi yang dipaparkan dalam makalah atau penelitian kita.

Latar belakang yang baik dan benar harus disusun dengan jelas dan dilengkapi dengan data-data atau fakta yang mendukung. Selain itu, latar belakang dapat pula disertai dengan perbandingan dan penyempurnaan atas karya tulis yang sebelumnya. Untuk membuat latar belakang yang bagus ada aturan dan caranya sendiri. Yuk simak penjelasan cara membuat latar belakang makalah berikut ini.

1. Deskripsikan Latar Belakang Secara Umum

Latar belakang adalah penjelasan dalam bentuk uraian yang berisi alasan mengenai mengapa sebuah karya tulis dan makalah dibuat. Dalam latar belakang makalah ada beberapa hal yang biasa dibahas. Misalnya saja kondisi ideal yang diharapkan terjadi dan kondisi factual yang menjadi masalah yang terjadi.

Dalam latar belakang, ada solusi adalah saran singkat yang ditawarkan untuk menyelesaikan masalah yang tengah dibahas dalam latar belakang makalah sehingga kemudian dapat ditentukan langkah lebih lanjut dalam pokok bahasan utama.

Agar karya tulismu mempunyai nilai plus dan dianggap istimewa, penulisan latar belakang harus lah sedetail mungkin dengan menggunakan kalimat-kalimat yang efektif. Selain itu, membuat latar belakang makalah tidak boleh asal menyalin dari referensi secara serampangan sehingga alurnya berantakan.

Asal comot sumber penelitian baik dari sumber online maupun offline yang tidak kredibel sering kali mengakibatkan alur paragrafnya tidak lancar. Selain itu pula, sumbernya tidak cukup kuat untuk digunakan sebagai rujukan makalah.

Perhatikan pula landasan dasar latar belakang makalahmu. Dengan begitu kamu dapat lebih mudah mengatur alur penulisan sehingga terlihat rapi, kronologis dan, dapat dipahami. Yang paling penting sesuai dengan kaidah penulisan latar belakang makalah yang baik dan benar.

Berbicara tentang banyaknya latar belakang makalah, sebenarnya tidak ada standar yang menjadi patokan panjang dan pendeknya penulisan latar belakang. Semua tergantung pada kebutuhan penulisan.

Tak masalah jika penulisan latar belakangmu sangat panjang jika memang banyak hal yang harus dijelaskan pada bagian latar belakang. Namun, jika penjabarannya sedikit kamu dapat membuat latar belakang sebanyak 1-2 lembar saja.

2. Pilih Poin Penting Dalam Latar Belakang

pertimbangkan poin penting atau menentukan rumusan masalahnya menjadi hal yang paling pokok dari membuat latar belakang makalahnya. Kamu perlu mengetahui bahwa setiap permasalahan yang ada di dalam sebuah makalah atau karya tulis lainnya harus diatasi dengan cara mencari solusi permasalahan.

Di sini kamu harus lebih peka untuk menggambarkan isu atau topik permasalahan yang kamu angkat. Dengan begitu kamu dapat menemukan masalah sekaligus menemukan solusi permasalahannya sehingga akan lebih mudah untuk memperkuat latar belakang makalah dengan data dan fakta yang mendukung.

Di dalam proses menyusun latar belakang makalah, sebaiknya kamu memikirkan lebih dahulu fakta dan metode yang akan kamu terapkan di dalam latar belakang makalah tersebut.

3. Temukan Fokus Permasalahan

Ketika topik permasalah sudah ditemukan, langkah selanjutnya adalah menemukan fokus permasalahan untuk selanjutnya menganalisa dan mempertimbangkan fakta yang sedang terjadi. Analisa awal akan sangat berguna untuk menyimpulkan fokus yang kamu teliti.

Fokus masalah yang bisa kamu angkat adalah sesuatu yang menurut pendapat kamu paling dominan, krusial dan akan memberikan satu pandangan baru jika diangkat ke dalam makalah penelitian. Di sini kamu harus jeli untuk mengalanisa sebuah isu.

Setelah menentukan fokus masalah ini maka kamu harus mampu menganalisa fakta yang kamu angkat dari sudut pandang yang berbeda sehingga fokus tersebut akan terlihat unik dan menarik untuk dipaparkan. Selain itu kamu harus mampu memberikan opini aktual yang benar-benar terjadi.

Baca juga: Sering Diabaikan, Inilah Susunan Makalah yang Baik dan Benar

4. Tentukan Metode Pemaparan Masalahnya

Dalam proses pembuatan latar belakang makalah, ada dua metode penyusun kerangka latar belakang yang bisa kamu lakukan, yaitu kerangka penyusunan khusus-umum atau umum-khusus. Berikut penjelasannya;

  • Metode Umum-Khusus

Dalam metode ini kamu bisa membicarakan sesuatu hal yang umum dari topik yang kamu angkat kemudian baru membahas sesuatu yang lebih khusus. Namun, jangan menyimpang dari kedua permasalahan krusial tersebut.

Contoh latar belakang makalah;

Kebijakan PT AA di Indonesia

Masalah yang dipilih adalah seputar sosialisasi dan pelayanan dari perusahaan tersebut. Poin tersebut dianggap krusial dan aktual. Jadi, pada saat menjelaskan permasalahnnya dalah bagian latar belakang makalah kamu harus memasukan data- dan fakta yang mendukung topik tersebut.

Kamu dapat mulai mencari solusi peraturan perundang-undangan yang berlaku atas kebijakan PT AA. Lalu, analisa data yang membahas ketida-efektifan dan kekurangan dari permasalahan tersebut.

Kamu harus dapat menemukan fakta lapangan yang menarik tentang solusi dan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan tersebut. Jelaskan pula kondisi masyarakat dan pihak-pihak yang terlibat yang berinteraksi dengan perusahaan dan pelayanan dari perusahaan PT AA.

Setelah itu kamu dapat menggunakan teori sosialisasi dan sistem pelayanan yang diberikan oleh perusahaan tersebut sudah sesuai dengan aturan pemerintah atau malah menyimpang dari aturan yang ada.

Terakhir, buat alasan mengapa kamu memilih topik ini untuk diangkat menjadi hal menarik dalam latar belakang makalahmu.

  • Metode Khusus-Umum

Metode berikut ini jelas mengutamakan hal-hal yang bersifat khusus untuk dibahas setelah itu bahas hal-hal yang bersifat umum dari masalah yang kamu angkat. Bisa juga kamu utarakan terlebh dahulu maksud dan tujuan kamu mengambil topik tersebut.

Setelah itu kamu dapat mengutarakan Sesuatu hal yang umum. Metode ini adalah kebalikan dari metode pertama yang dibahas sebelumnya di atas.

5. Berikan Solusi Masalah

Langkah selanjutnya adalah menawarkan solusi atau pemecahan untuk masalah yang kamu angkat dalam latar belakang. Solusi yang diberikan harus lah berdasarkan teori-teori yang sudah ada. Solusi yang kamu jabarkan akan lebih kuat jika didukung dengan penelitian-penelitian.

Maka dari itu, untuk menemukan solusi, kamu bisa mencari referensi mengenai metode, media atau model yang dapat mengatasi masalah yang sebelumnya pernah terjadi. Sebenarnya, inti dari membuat latar belakang adalah menemukan masalah dan mencarikan solusi.

Dalam isi latar belakang, biasanya yang membuat latar belakang menjadi panjang dan pelik adalah data-data yang mendukung permasalahan yang diangkat.

Setelah menemukan rumusan masalah yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah bagaimana caranya membuat latar belakang makalah yang sesuai dengan kaidah dan cara penulisan yang benar.

Ingat. kunci keberhasilan dalam menyusun latar belakang makalah adalah seberapa komprehensif kita dalam merangkum sumber-sumber yang ada. Indikator tulisan yang baik adalah saat pembaca tahu dan memahami apa yang kita utarakan dalam makalah kita.

Agar bisa membuat penulisan yang dapat dipahami oleh pembaca, pokok pikiran dari seluruhh paragraph dalam latar belakan makalah harus memuat alur yang sudah ditetapkan dalam aturan membuat makalah.

Nah, itu dia cara membuat latar belakang makalah yang bisa kamu ikuti. Semoga informasi ini dapat membantumu membuat makalah dan karya tulis lainnya yang menarik.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram